Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
Abstract
Membaca merupakan komponen dasar dalam kemampuan berbahasa, terutama pada Bahasa Indonesia yang menjadi kultur percakapan yang digunakan oleh penduduk. Oleh sebab itu kemampuan membaca permulaan merupakan suatu hal yang harus dicapai terlebih dahulu agar dapat menguasai kemampuan-kemampuan lainnya dalam berbahasa. Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SDIT Bustanul Ulum Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperiment). Data dikumpulkan melalui tes membaca. Reliabilitas instrumen diuji dengan metode split-half, sedangkan validitasnya berdasarkan validitas isi. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa kelas satu sekolah dasar. Untuk itu disarankan agar guru menggunakan media kartu dalam pengajaran membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar.
Metrics
References
Akmalia, A., Varda, L. T., & Rizqiyah, W. (2020). Pengembangan Kartu Kata Bergambar ( Flash Card ) Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kosa Kata Di Madrasah Ibtidaiyyah Kelas III. Prosiding Semnasbama, IV(2), 398–407. http://prosiding.arab- um.com/index.php/semnasbama/article/view/625
Anggraeni, Wulan, S., Alpian, & Yayan. (2019). Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 181. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian .Jakarta : Rineka Cipta. Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682
Barus, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca. Toleransi Masyarakat Beda Agama, 30(28), 5053156.
Dafit, Dea, & Ningrum. (2020). Pengaruh program pojok literasi terhadap minat baca mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Basicedu, 4(1), 117–130.
Dananjaya, U. (2017). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa Cendekia.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center. Efendi, Z., Hisyam, W. N., & Risko Faristiana, A. (2023). Kurangnya Minat Baca Buku Kalangan Mahasiswa. Student Scientiic Creativity Journal (SSCJ), 1(4), 382–398.https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4
Elvina. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Proses Keterampilan Membaca Intensif Dengan Strategi Preview, Question, Read, Self-Recitation, TEST (PQRST). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol 3(1), 3.
http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=sph&AN=119374333&site=eh ost- live&scope=site%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.07.032%0Ahttp://dx.doi.or g/10.1016/j.tics.2017.03.010%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.08.006
Ernawati. (2016). Efektifitas Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Murid Kelas I SD Negeri Kanrepia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Fadli Sandewa. (2017). Faktor Faktor Yang Mempeng Aruhi Kinerja Pegawai di Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Ilmiah Clean Government, 1(1), 90–113.
Fahmi,I. (2018). Statistika Untuk Penelitian,Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Prenamedia Group. Fathurrohman, Pupuh. (2018). Strategi Belajar Mengajar (Melalui Penanaman Konsep umum dan
Islami). Bandung: Refika Aditama.
Hanum Zulfa Afifah. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Buku Pop-Up Pada Anak Cerebral Palsy Kelas Iv Slb G Daya Ananda Kalasan Tugas [Universitas Negeri Yogyakarta 2017]. In Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 01). http://www.albayan.ae
Neneng Eliana. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 45–55. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i1.15295
Nilawati, Marmawi, & Miranda, D. (2014). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 3(9). https://www.neliti.com/id/publications/192359/penggunaan-media-kartu-kata- bergambar-untuk-meningkatkan-kemampuan-membaca-permu
Nurfadillah, S., Ramadhanty, S., Ajzahro, S., Yuniar, W., Hilmiyah, Z., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Power Point Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 368–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Iskandar, Noor. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri No. 125 Inpres Bajeng. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Permendiknas Republik Indonesia Nomor 137 tahun (2014) tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini.
Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605–626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545
Rahman, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 4 Kuranji Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Unversitas Muhammadiyah Mataram.
Ramdani, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Di SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
Rimhasni. (2020). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 009 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Edu Research, 9(2), 38–47. https://doi.org/10.30606/jer.v9i2.777
Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p073
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. CV. Budi Utama.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Rumidjan, Rumidjan, Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sd. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62–68. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p062
Sari, L. K., Rizhardi, R., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1576–1581.
Siswati. (2010). Minat Membaca Pada Mahasiswa. Jurnal Studi Deskripsif, 8(2).
Wibowo, Mehmed Akbar. (2022). Perkembangan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 30 Ampenan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi.
Copyright (c) 2024 Nisa Umami SY, Febrina Dafit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.