Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

  • Nisa Umami SY Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau
Keywords: Kemampuan Membaca Siswa, Media Kartu Kata

Abstract

Membaca merupakan komponen dasar dalam kemampuan berbahasa, terutama pada Bahasa Indonesia yang menjadi kultur percakapan yang digunakan oleh penduduk. Oleh sebab itu kemampuan membaca permulaan merupakan suatu hal yang harus dicapai terlebih dahulu agar dapat menguasai kemampuan-kemampuan lainnya dalam berbahasa. Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SDIT Bustanul Ulum Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperiment). Data dikumpulkan melalui tes membaca. Reliabilitas instrumen diuji dengan metode split-half, sedangkan validitasnya berdasarkan validitas isi. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa kelas satu sekolah dasar. Untuk itu disarankan agar guru menggunakan media kartu dalam pengajaran membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akmalia, A., Varda, L. T., & Rizqiyah, W. (2020). Pengembangan Kartu Kata Bergambar ( Flash Card ) Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kosa Kata Di Madrasah Ibtidaiyyah Kelas III. Prosiding Semnasbama, IV(2), 398–407. http://prosiding.arab- um.com/index.php/semnasbama/article/view/625

Anggraeni, Wulan, S., Alpian, & Yayan. (2019). Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 181. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian .Jakarta : Rineka Cipta. Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Barus, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca. Toleransi Masyarakat Beda Agama, 30(28), 5053156.

Dafit, Dea, & Ningrum. (2020). Pengaruh program pojok literasi terhadap minat baca mahasiswa PGSD FKIP UIR. Jurnal Basicedu, 4(1), 117–130.

Dananjaya, U. (2017). Media Pembelajaran Aktif. Nuansa Cendekia.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center. Efendi, Z., Hisyam, W. N., & Risko Faristiana, A. (2023). Kurangnya Minat Baca Buku Kalangan Mahasiswa. Student Scientiic Creativity Journal (SSCJ), 1(4), 382–398.https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4

Elvina. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Proses Keterampilan Membaca Intensif Dengan Strategi Preview, Question, Read, Self-Recitation, TEST (PQRST). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol 3(1), 3.

http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=sph&AN=119374333&site=eh ost- live&scope=site%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.07.032%0Ahttp://dx.doi.or g/10.1016/j.tics.2017.03.010%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.08.006

Ernawati. (2016). Efektifitas Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Murid Kelas I SD Negeri Kanrepia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fadli Sandewa. (2017). Faktor Faktor Yang Mempeng Aruhi Kinerja Pegawai di Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Ilmiah Clean Government, 1(1), 90–113.

Fahmi,I. (2018). Statistika Untuk Penelitian,Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Prenamedia Group. Fathurrohman, Pupuh. (2018). Strategi Belajar Mengajar (Melalui Penanaman Konsep umum dan

Islami). Bandung: Refika Aditama.

Hanum Zulfa Afifah. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Buku Pop-Up Pada Anak Cerebral Palsy Kelas Iv Slb G Daya Ananda Kalasan Tugas [Universitas Negeri Yogyakarta 2017]. In Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 01). http://www.albayan.ae

Neneng Eliana. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 45–55. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i1.15295

Nilawati, Marmawi, & Miranda, D. (2014). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 3(9). https://www.neliti.com/id/publications/192359/penggunaan-media-kartu-kata- bergambar-untuk-meningkatkan-kemampuan-membaca-permu

Nurfadillah, S., Ramadhanty, S., Ajzahro, S., Yuniar, W., Hilmiyah, Z., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Power Point Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 368–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Iskandar, Noor. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri No. 125 Inpres Bajeng. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Permendiknas Republik Indonesia Nomor 137 tahun (2014) tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini.

Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605–626. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.545

Rahman, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 4 Kuranji Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Unversitas Muhammadiyah Mataram.

Ramdani, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Di SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar

Rimhasni. (2020). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 009 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Edu Research, 9(2), 38–47. https://doi.org/10.30606/jer.v9i2.777

Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p073

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. CV. Budi Utama.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Rumidjan, Rumidjan, Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sd. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62–68. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p062

Sari, L. K., Rizhardi, R., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1576–1581.

Siswati. (2010). Minat Membaca Pada Mahasiswa. Jurnal Studi Deskripsif, 8(2).

Wibowo, Mehmed Akbar. (2022). Perkembangan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 30 Ampenan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi.

Published
11-02-2024
How to Cite
Nisa Umami SY, & Febrina Dafit. (2024). Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 779-790. https://doi.org/10.58230/27454312.517