Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dan Relevansinya dengan P5 Kurikulum Merdeka di Kelas IV Sekolah Dasar

  • Eny Restyowati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Bhismo Aji Wibowo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Bambang Sumardjoko Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauzi Ati Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Project Based Learning (PjBL), Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi model pembelajaran PjBL di kelas IV SDN Wirun 3 dan relevansinya dengan P5 kurikulum merdeka. SDN Wirun 3 telah menerapkan kurikulum merdeka secara bertahap, salah satu kelas yang telah menerapkan kurikulum tersebut adalah kelas IV. Untuk mengetahui sejauh mana korelasi pembelajaran di kelas dengan program P5 kurikulum merdeka maka peneliti melakukan penelitian ini. Data diperoleh dari wawancara, observasi maupun dokumen. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam pembelajaran di kelas IV pada materi pelajaran IPAS guru melaksanakan model pembelajaran PjBL, di mana siswa diberikan tugas berupa projek daur ulang sampah plastik untuk digunakan menjadi pot hias sebagai tempat menanam tanaman. Hal tersebut sejalan dengan dimensi P5 Kurikulum Merdeka tema gaya hidup berkelanjutan dan memupuk enam dimensi profil pelajar pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, rasa gotong royong, mandiri, kreatif dan kritis.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ardiansyah, R., Hastuti, D. N. A. E., & Sari, M. K. (2023). PEMBELAJARAN PJBL PADA MATERI IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(04).

As’ari, A. H., Rofi’ah, N., & Nursikin, M. (2022). PROJECT BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4).

Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., & Suryani, Z. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).

Azizah, N. P. N., & Amalia, N. (2023). Kegiatan Adiwiyata Sebagai Sarana Penanaman Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 46–63. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8422

Hartati. (2022). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MEMBANGUN KARAKTER ABAD 21 SISWA KELAS IV. THE JOER: Journal Of Education Research, 1(2).

Hidayati, S., & Restian, A. (2023). PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPAS KONTEKS MERDEKA BELAJAR KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1865–1877. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7860

Kemendikbud. (2023). Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/sahabatkarakter/kegiatan/a9151c70-96fe-4594-aa38-e40e5d7ad237.pdf

Kemendikbud, B. (2022). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKAN JENJANG SD. Bansm Kemendikbud. https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2020/assets/uploads/dokumen_sekolah/60103033_21.pdf

Khoirurrijal, Fadriati, Ali Fakhrudin, Hamdani, Suprapno, Sofia, Abdul Muin, Tajeri, Dwi Makrufi, A., & Gandi, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Miftah, N. A., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Project Based Learning pada Tema 3 Benda di Sekitarku untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Kelas III SD Negeri 4 Cindaga. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1).

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rehani, A., & Mustofa, T. A. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4).

Sadia, & Retnasari, D. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding PTBB, 18(1), 637–656. https://doi.org/10.1080/00131911.2021.1966389

Sutisnawati, A., Maksum, A., & Marini, A. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.79769

Wahyu, R. (2016). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. TECNOSCIENZA, 1(1).

Wahyuni, A. (2021). Pendidikan Karakter. UMSIDA Press.

Yayan Alpian, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, & Nizmah Maratos Soleha. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Zakso, A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Published
25-05-2024
How to Cite
Eny Restyowati, Bhismo Aji Wibowo, Bambang Sumardjoko, & Endang Fauzi Ati. (2024). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dan Relevansinya dengan P5 Kurikulum Merdeka di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2465-2472. https://doi.org/10.58230/27454312.588