Strategi Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila di SDN Sampangan

  • Sholihatul Lailiyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Kusyuliarto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauzi Ati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Bambang Sumardjoko Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: karakter, kurikulum merdeka, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dalam penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila di SDN Sampangan, di mana sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah penggerak angkatan pertama di Surakarta. Penguatan karakter pelajar di sekolah perlu untuk terus dilakukan sebagai bagian untuk menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 dan kemajuan bangsa. Untuk itu perlu adanya penguatan karakter, dalam prosesnya penguatan tersebut membutuhkan beragam strategi yang tepat atau sesuai agar dapat terinternalisasi dalam diri setiap peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif lapangan dengan studi kasus di SDN Sampangan. Data diperoleh dari wawancara, observasi maupun dokumen. Data yang diperoleh diolah hingga diperoleh hasil mapun kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka di SDN Sampangan dilakukan melalui beberapa metode atau pendekatan di antaranya; 1) Melalui program pembiasaan yang dirancang dan dilaksanakan pihak sekolah melalui dukungan warga sekolah maupun orang tua, 2) Melalui keteladanan yang dicerminkan dari Bapak/Ibu Guru, 3) Melalui pelaksanaan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Metrics

Metrics Loading ...

References

Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., & Suryani, Z. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).

Kemendikbud. (2023). Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/sahabatkarakter/kegiatan/a9151c70-96fe-4594-aa38-e40e5d7ad237.pdf

Kemendikbud, B. (2022). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKAN JENJANG SD. Bansm Kemendikbud. https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2020/assets/uploads/dokumen_sekolah/60103033_21.pdf

Komnas Perempuan. (2023, Oktober). “Pengarusutamaan Toleran Aktif: Peran Guru Membangun Generasi Anti ekerasan dan Diskriminasi Berbasis Agama dan Gender.” https://komnasperempuan.go.id/siaran-pers-detail/siaran-pers-komnas-perempuan-memperingati-hari-guru-sedunia-2023

Mustofa, A. (2019). METODE KETELADANAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71

Putri, M. F. J. L., & Mubarok, R. G. (2023). Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Identitas Bangsa Indonesia.pdf. Jurnal of Citizenship Values, 1(1).

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58

Wahyuni, A. (2021). Pendidikan Karakter. UMSIDA Press.

Wibowo, E. N. (2019). RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM KUNGFU PANDA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24090/jimrf.v7i2.2514

Zakso, A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Published
11-05-2024
How to Cite
Sholihatul Lailiyah, Kusyuliarto, Endang Fauzi Ati, & Bambang Sumardjoko. (2024). Strategi Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila di SDN Sampangan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2029-2036. https://doi.org/10.58230/27454312.577