Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Sampangan sebagai Sekolah Penggerak

  • Fatkhurohmah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Retno Susiyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Bambang Sumardjoko Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauzi Ati Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Sampangan, yang mana sekolah tersebut adalah satu-satunya sekolah penggerak pertama di Kecamatan Pasakliwon, Kota Surakarta pada periode pertama. Sebagai sekolah percontohan bagi lingkungan sekitar, refleksi dan evaluasi perlu terus dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan Pendidikan Indonesia yang berkemajuan, salah satunya dimulai dari lingkup satuan pendidikan sekolah dasar. Pengimbasan dari penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Sampangan terhadap sekolah-sekolah di sekitar telah dilaksanakan secara signifikan sehingga diperlukan adanya penyusunan hasil secara tertulis agar dapat dimanfaatkan untuk proses kemajuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus di SDN Sampangan menggunakan data berupa observasi, wawancara dan dokumen. Data yang didapatkan diolah sehingga diperoleh hasil dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam perjalanan penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Sampangan, terdapat beberapa poin penting : 1) Proses penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Sampangan, 2)Hasil refleksi dan evaluasi penerapan Kurikulum Merdeka, 3)Pengimbasan penerapan Kurikulum Merdeka bagi satuan pendidikan lain.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Andrew, K.H. Siao. (1983). Basic Consideration in Curicullum Develoment for Teological Education. East Asian Journal of Theology

Astuti. M.G. Dwiji, et all. (2003). Landasa-landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Surakarta

Fatoni, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari Terkait Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora Universitas PGRI Madiun, I, 68-77.

Hadiansyah, R.R., et al. (2019). Dinamika Perubahan Kurikulum di Indonesia. Seminar Nasional Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 259-264.

Hasanah, et al. (2022). Sosialisasi kurikulum merdeka merdeka belajar untuk meningkatkan pengetahuan para guru di SD Swasta Muhamaddiyah 04 Binjai. Ruang Cendikia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 3

Kemendikbud, Kurikulum Merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka, diakses 25 Februari 2024

Barnadib, Imam. (1996). Dasar- dasar Kependidikan Memahami Makna dan Perspektif Beberapa Teori Pendidikan, Jakarta: Galia Indonesia

Kemendikbud, B. (2022). Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdekan Jenjang SD. Bansm Kemendikbud. https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2020/assets/uploads/dokumen_sekolah/60103033_21.pdf diakses 27 Februari 2024

Lawu, Arunawang. (2022). Manfaat Refleksi dan Evaluasi Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. https://naikpangkat.com/manfaat-refleksi-dan-evaluasi-pembelajaran-pada-kurikulum-merdeka/ diakses 27 Februari 2024

Mayanti, Melinda Dewi. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak UPT SDN 211 Gresik. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Vol 9, No 3

Ningrum, Ima Sekar. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SD NEGERI KALIKONDANG 1, Skripsi, UNISSULA

Nurmelly, Nelly. (2022). Kurikulum Merdeka. https://bdkpalembang.kemenag.go.id/artikel/kurikulum-merdeka. Diakses 25 Februari 2024

Purbowati, Deni. (2023). https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/-mengenal-program-sekolah-penggerak-dan-implementasinya diakses 25 Februari 2024

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Sadewa, M.A. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi. Jurnal Pendidikan dan Konseling 4 (1), 266-280.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional republik Indonesia.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1945.

Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142

Published
16-05-2024
How to Cite
Fatkhurohmah, Retno Susiyani, Bambang Sumardjoko, & Endang Fauzi Ati. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Sampangan sebagai Sekolah Penggerak. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2321-2328. https://doi.org/10.58230/27454312.586