Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara

  • Erwin Harianto IAI AL-Amanah Jeneponto
Keywords: Pembelajaran keterampilan berbicara, Metode bertukar gagasan

Abstract

Mengajar (Teaching) dapat membantu siswa memperoleh informasi, ide, keterampilan, nilai,cara berpikir, sarana untuk mengespresikan dirinya, dan cara-cara belajar. Penggunaan metode keterampilan berbicara dimaksudkan agar siswa dapat mengguna­kan bahasa lisan dengan tujuan untuk mengembangkan, dan meng­komunikasikan gagasan dan informasi, serta un­tuk berintegrasi de­ngan orang lain. Keterampilan berbicara pada hakikatnya adalah kemampuan memiliki dan menata gagasan secara logis dan sistematis, menuangkannya ke dalam kode kebahasaan sesuai dengan kaidah bahasa yang digunakan serta konteks komunikasi yang sesuai, dan mengucapkannya dengan lancar dan jelas. Keterampilan berbicara perlu dikuasai oleh para siswa dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Metode bertukar gagasan dalam pengajaran bahasa Indonesia sering digunakan dalam diskusi. Diskusi adalah proses penglibatan dua atau lebih individu yang berinteraksi secara verbal dan tatap muka, mengenai tujuan yang sudah tentu melalui cara tukar-menukar informasi untuk memecahkan masalah. Melalui metode ini siswa dapat  berdiskusi dan saling mengemukakan pendapat secara kontstruktif  serta merumuskan pikirannya secara teratur dalam dalam bentuk yang dapat diterima orang.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alwi, Hasan dkk. 1997. Kamus Besar Berbahasa Indonesia Edisi 111. Balai Pustaka.

Djumingin, Sulastriningsih. 2007. “Pengajaran Prosa Fiksi dan Drama Indonesia”.Diktat.

Makassar. FBS UNM.

---------------, Sulastriningsih. 2002. Strategi Belejar Mengajar dalam Bahasa Indonesia. Diktat. Makassar. FBS UNM.

Djago, Tarigan dkk. 1990. Materi Poko Bahasa Indonesia 1. Jakarta : Dipdikbud.

-------, Tarigan dkk. 1998. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Bandung : Angkasa.

Ernawati. 2004. Peran Diskusi Terhadap Keterampilan Bertanya dalam Belajar Bahasa dan

Sastra Indonesia Siswa Kelas 2 SMU Negeri 1 Polewali. Skripsi. Makassar FBS

UNM.

Firman, F., Mirnawati, M., Sukirman, S., & Aswar, N. . (2020). The Relationship Between Student Learning Types and Indonesian Language Learning Achievement in FTIK IAIN Palopo Students. Jurnal Konsepsi, 9(1), 1–12. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/24

Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran

Kooperatif Teknik Tudassipulung. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 693–702.

http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2848

Sukirman Nurdjan, S. S., Firman, S. P., & Mirnawati, S. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.

Shaleh, M., & Mirnawati, M. (2020). Reinforcement Pendidikan Karakter pada Modul Bahasa

Indonesia Berbasis Budaya Lokal Tana Luwu. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil

Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 139–150.

https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1697

Mudlich, Masnur. 2007. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Widyamartaya. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta : Kanisius Cempaka.

Widyamartaya, 1996. Kreatif Berbahasa Menuju Keterampilan Pragmatik. Yogyakarta:

Kanisius Cempaka.

Published
02-11-2020
How to Cite
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422. https://doi.org/10.58230/27454312.56