Eksplorasi Keterampilan Dasar Mengajar Guru di Kelas 4 Sekolah Dasar

  • Tirta Permatasari Universitas Islam Riau
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau
Keywords: Keterampilan dasar mengajar guru, Guru kelas, Sekolah dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni agar mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan dasar mengajar guru kelas 4 SDN 009 Meral. Penelitian ini memakai jenis penelitian naratif melalui pendekatan kualitatif. Penelitian naratif biasanya digunakan oleh peneliti yang ingin membuat laporan naratif berdasarkan cerita individu. Dalam penelitian naratif, peserta serta peneliti mempunyai hubungan kerja kuat. Ini adalah hasil dari peserta yang memberikan informasi menyeluruh, peneliti mendengarnya, dan melaporkan kembali data atau cerita. Salah satu instruktur wali kelas dan murid-murid di kelas 4A merupakan responden penelitian.  Dalam penelitian ini, wawancara, observasi, serta dokumentasi yakni metode dipakai didalam mengumpulkan data. Melalui hasil  penelitian  bisa dipahami jika hampir seluruh keterampilan dasar mengajar dapat diterapkan dari guru pada proses pembelajaran. Namun beberapa komponen keterampilan perlu dikembangkan kembali oleh guru untuk mendukung berjalannya proses pembelajaran untuk menghasilkan hasil belajar yang maksimal. Penerapan keterampilan dasar mengajar didalam tiap pembelajaran dilaksanakan dapat membantu guru didalam mewujudkan tujuan pembelajaran telah ditetapkan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Bastian, B. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1357. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7899.

Hasriadi, H. (2022). Strategi Pembelajaran. Mata Kata Inspirasi.

Mansyur. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh, XII(01), 130–147.

Madjid, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(1), 1–10.

Maslichah K, D., & Haryono. (2013). Pemberian Penguatan (Reinforcement) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Di Kelas Viii Smp Al-Azhar Menganti Gresik. Jurnal Pendidikan, 2(1), 38

Minarni, E. Y. (2017). Strategi guru dalam memberikan keterampilan penguatan dan keterampilan menjelaskan terhadap hasil belajar pai di smpn 06 seluma. An-Nizom, 2(3), 457–467.

Nidawati. (2018). Penerapan Peran Dan Fungsi Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran. 1, 1–14.

Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tudassipulung. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 693–702. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2848

Sari, M. S., & Zefri, M. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelolaan Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, 21(3), 308–315. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/608/583.

Safira, T. S., & Istiyati, S. (n.d.). Analisis keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran IPS kelas IV sekolah dasar.

S.Rambe.2022.Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran.Skripsi.Universitas Islam Riau.

Sukirman. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Makalah Online: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/195910281987031- DADANG_SUKIRMAN/Makalah_ket_das _mengajar.pdf

Syarif,dkk.2021. Pemberian Penguatan (Reinforcement) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Di Kelas VIII SMP Al-Azhar Menganti Gresik.Jurnal FMIPA Unesa.Hlm,14.

Tim laboraturium pengembangan pendidikan & LP3I. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar.AR-RUZMEDIA

Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf.

Published
18-02-2024
How to Cite
Tirta Permatasari, & Zaka Hadikusuma Ramadan. (2024). Eksplorasi Keterampilan Dasar Mengajar Guru di Kelas 4 Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 887-898. https://doi.org/10.58230/27454312.531