Evaluasi Program Pendidikan Karakter pada Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar dengan Model CIPP

  • Agus Salim Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Nur Akbar Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Evaluasi Program, Pendidikan Karakter, Model CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan karakter di PIP Makassar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Alat observasi yang digunakan berupa catatan lapangan dan wawancara dengan taruna dan tenaga pengajar. Sumber data melibatkan 64 taruna aktif dan dosen yang mengajar di PIP Makassar sebanyak 31 dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui analisis konteks, penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan penerimaan komunitas terhadap kebutuhan program pendidikan karakter tinggi. Dalam penelitian ini, fokus pada input menghasilkan pemahaman mendalam tentang ketersediaan dan kualitas sumber daya, termasuk sumber daya pengajar dan sarana pembelajaran. Proses pelaksanaan program pendidikan karakter dinilai berhasil. Peserta didik menunjukkan partisipasi yang tinggi dalam kegiatan, dan kualitas implementasi sesuai dengan rencana. Evaluasi produk mencakup pencapaian peserta didik dalam hal pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman nilai-nilai karakter, perubahan sikap positif, dan pengembangan keterampilan interpersonal. Sebagai rekomendasi perencanaan dan pengembangan kurikulum yang lebih terintegrasi, pelatihan staf pengajar yang berfokus pada integrasi nilai-nilai karakter, dan upaya meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pengambilan keputusan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akhmad, N. A., Mania, S., & Rasyid, M. N. A. (2023). Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh di Prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 101–110.

Avis, J., Orr, K., & Warmington, P. (2017). Race and vocational education and training in England. Journal of Vocational Education & Training, 69(3), 292–310. https://doi.org/10.1080/13636820.2017.1289551

Basaran, M., Dursun, B., Gur Dortok, H. D., & Yilmaz, G. (2021). Evaluation of Preschool Education Program According to CIPP Model. Pedagogical Research, 6(2). https://eric.ed.gov/?id=EJ1304437

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75–82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109

Bhakti, Y. B., Tola, B., & Triana, D. D. (2022). AITPO (ANTECEDENT, INPUT, TRANSACTION, PRODUCT, OUTCOMES): MIXED MODEL EVALUASI CIPP DAN COUNTENACE SEBAGAI PENDEKATAN EVALUASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.56806/jh.v3i1.61

Buadanani, N. (2022). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan Holistik Integratif di PAUD Terpadu Mutiara Bunda Bengkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i2.7738

Chen, H. T. (2014). Practical Program Evaluation: Theory-Driven Evaluation and the Integrated Evaluation Perspective. SAGE Publications.

Choli, I. (2020). Problematika Pendidikan Karakter Pendidikan Tinggi. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.831

Christiani, Y. (2018). Penerapan Model CIPP dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n1.p%p

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process Dan Output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(01), Article 01. https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.39

Evans, W. N., Kearney, M. S., Perry, B., & Sullivan, J. X. (2020). Increasing Community College Completion Rates Among Low-Income Students: Evidence from a Randomized Controlled Trial Evaluation of a Case-Management Intervention. Journal of Policy Analysis and Management, 39(4), 930–965. https://doi.org/10.1002/pam.22256

Fahruddin, F. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP). HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/hj.v8i2.2325

Faizin, M. (2020). Penerapan Vector Error Correction Model Pada Variabel Makro Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Ekonomi, 25(2), Article 2. https://doi.org/10.24912/je.v25i2.671

Halpin, J. G., Glennelle Halpin, Gerald. (2007). Retaining Black Students in Engineering: Do Minority Programs Have a Longitudinal Impact? Dalam Minority Student Retention. Routledge.

Haryati, H., Rasyid, M. N. A., Mania, S., & Widodo, S. (2023). Evaluasi Pembelajaran Statistik Pendidikan di STAI Al Khairaat Labuha dengan Model Evaluasi Discrepancy dan Kirkpatrick. 11(1), 426–445.

Hasmawati, H., & Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.20

Ilyasa, M. D. J., & Madjid, A. (2021). Evaluasi Program Terapi Al-Quran Melalui Model Context, Input, Process, Product (CIPP). Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.30596/intiqad.v13i1.6634

Junaedy, A., Mania, S., & Rasyid, M. N. A. (2023). Evaluasi Program Tahfizhul Quran di Pondok Pesantren Assalaam Manado dengan Menggunakan Model CIPP. Jurnal Ilmiah Iqra’, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jii.v17i2.2575

Kirkpatrick, D. L. (1998). The Four Levels of Evaluation. Dalam S. M. Brown & C. J. Seidner (Ed.), Evaluating Corporate Training: Models and Issues (hlm. 95–112). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4850-4_5

Kurniawan, M. N., & Syahrani, S. (2021). Pengadministrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan. ADIBA : JOURNAL OF EDUCATION, 1(1), Article 1.

Manurung, H., Rosita, W., Bendiyasa, I. M., Prasetya, A., Anggara, F., Astuti, W., Djuanda, D. R., & Petrus, H. T. B. M. (2020). Recovery of Rare Earth Elements and Yitrium from non-Magnetic Coal Fly Ash using Acetic Acid Solution. Metal Indonesia, 42(1), Article 1. https://doi.org/10.32423/jmi.2020.v42.35-42

Muyana, S. (2017). Context Input Process Product (CIPP): Model Evaluasi Layanan Informasi. 1(1), 342–347.

Nastiti, D. (2023). Peran Organisasi Mahasiswa dalam Pembentukan Sikap Demokratis. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2433

Oktaviani, R. N., Trisnawaty, W., & Hariyani, I. T. (2020). Pemberdayaan Griyo Maos Banyu Ilmu untuk Meningkatkan Softskill dan Hardskill Anak Dusun Rembukidul, Mojokerto. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.30653/002.202053.300

Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27

Sani, N. P., Safitri, Y., Yulisma, Y., Amiroh, D. R., Nadila, T. I., Yena, I. R., & Salwa, T. M. (2023). Pengenalan Makanan Pendamping ASI (MPASI) melalui Edukasi dan Demo Masak untuk Pencegahan Stunting selama Periode Golden Age 1000 Hari Kehidupan Anak di Kelurahan Rejosari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 204–208. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5280

Shoheh, M., & Ahmad, A. (2019). Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks Fungsi, Tujuan dan Manfaat yang Dilakukan oleh Pendidik (Telaah Evaluasi Pembelajaran dalam Mapel Pendidikan Agama Islam). AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 5(2), 25–33.

Situmorang, V. A. (2019). Evaluasi Kinerja Pengasuh Dalam Pembentukan Kepribadian Praja di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Jatinangor (Studi Kasus Pengasuh Wisma Satuan Muda Wanita Praja). Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 7(1), 29–40. https://doi.org/10.33701/jmsda.v7i1.1139

Stufflebeam, D. L. (2000). The CIPP Model for Evaluation. Dalam D. L. Stufflebeam, G. F. Madaus, & T. Kellaghan (Ed.), Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation (hlm. 279–317). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/0-306-47559-6_16

Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871

Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Idrus, S. W. A., Paraniti, A. A. I., & Nugraha, I. N. B. S. (2022). Literature Review: Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3428

Yau, J., & Ifenthaler, D. (2021). Utilizing learning analytics for teaching success. 330–338. https://www.learntechlib.org/primary/p/219676/

Yulianti, P., & Fitri, M. E. Y. (2017). Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Terhadap Perilaku Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN BISNIS, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30871/jaemb.v5i2.575

Yulianti, T., & Sulistiyawati, A. (2020). The Blended Learning for Student’s Character Building. 56–60. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.089

Published
27-01-2024
How to Cite
Salim, A., Mania, S., & Rasyid, M. N. A. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Karakter pada Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar dengan Model CIPP. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 115-128. https://doi.org/10.58230/27454312.481