Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Peningkatan Kinerja Guru di SD IT Ad-Durrah Medan

  • Budi Setiawan Ginting Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Mesiono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Supervisi, Klinis, Pendidikan, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini secara khusus untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi  klinis dalam peningkatan kinerja guru di SD IT AD-Durrah medan yang meliputi proses pembinaan, proses perbaikan, prosedur sistematika pelaksanaan supervisi klinis dan pola hubungan supervisor dengan guru di SD IT AD Durrah Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara, dan studi dokumen sedangkan analisis data melibatkan tiga tahap yaitu reduksi data display penyajian data dan verifikasi penarikan dan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam melakukan proses pembinaan kepada guru biasanya dengan melakukan observasi lapangan kemudian berkunjung ke setiap kelas. Adapun proses perbaikan dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada siswa. Prosedur sistematika pelaksanaan supervisi klinis di SD IT AD Durrah Medan dirancang untuk memastikan keberhasilan proses pembelajaran dan perkembangan keterampilan para guru dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas. Pola hubungan supervisor dengan guru di SD IT AD Durrah Medan adalah dinamika interaksi antara seorang supervisor atau kepala sekolah dengan guru-guru dalam suatu konteks pendidikan atau organisasi. Pola hubungan ini melibatkan berbagai aspek seperti komunikasi, bimbingan, dukungan, pengawasan, dan kolaborasi antara supervisor drngan guru. Dalam pola hubungan ini, supervisor memiliki peran penting dalam mengawasi, membimbing, dan mendukung kinerja guru. Supervisor tidak hanya melihat guru sebagai pelaksana tugas pendidikan, tetapi juga sebagai rekan kerja yang perlu diberikan dukungan dan bimbingan untuk meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Kualitas Pendidikan diharapkan yang diberikan kepada siswa-siswa dapat terus meningkat.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akmalia, R. (2021). Intensitas Motivasi Berprestasi Melalui Pembelajaran Daring. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 1–11. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12174

Akmalia, R., Harahap, H., Munawwarah, T., Zulqaidah, & Margolang, A. I. (2024). Pengaruh Pelayanan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah UPT SD Negeri 060806. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1). Retrieved from https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/723

Akmalia, R., Nst, W. N., & Siahaan, A. (2023). Influence of Self-Efficacy, Organizational Culture, and Job Satisfaction on The Performance of Madrasah Aliyah Teachers. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(3), 437–453. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v8i3.4091

Alam, S. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsS Batusitanduk. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(4), 179–188. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.163

Anggraini, S. P., Armanila, A., Nasution, F. S., Maghfirah, M., & Siregar, E. Y. (2023). Analisis Kebutuhan Kompetensi Kepala Sekolah dalam Mengelola Administrasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(9), 793–803. https://doi.org/https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/88

Ansori, A., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2321–2326.

Arikunto, S. (2004). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Arman, A., Thalib, S. B., & Manda, D. (2016). The effect of school supervisors competence and school principals competence on work motivation and performance of Junior High School teachers in Maros Regency, Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 11(15), 7309–7317.

Baihaqi, A. (2021). Meningkatkan kemampuan guru menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran melalui pendekatan supervisi klinis. JPPTK: Jurnal Pendidikan Pembelajaran & Penelitian Tindakan, 1(2), 174–188. https://doi.org/https://doi.org/10.53813/jpptk.v1i2.119

Fadla, S. L., Akmalia, R., Hasri, R. K., Putri, E., & Situmorang, H. S. B. (2022). Pola Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(1), 27–36. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/14

Kuswardani, S. (2020). Implementasi Supervisi Pendiidikan. Pilar Nusantara.

Lubis, S. P., Rambe, N. Z., Siregar, S., & Damanik, A. G. (2022). MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(1), 42–46. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/22

Makawimbang, J. (2013). Supervisi Klinis Teori & Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Marpaung, W. T., Marpaung, D. P. B., Zulfa, N., Nurroyian, N., Lubis, D. M. B., Margolang, A. I., … Nasution, I. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 3(1). Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/68

Mena, Y., Supriyanto, A., & Burhhanudin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2194–2199.

Meriana, T., Murniarti, E., & Dasar Kanaan, S. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110–116.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In PT Remaja Rosdakarya.

Muspawi, M. (2020). Strategi menjadi kepala sekolah profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402–409. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.938

Nurcholiq, M. (2018). Supervisi klinis. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.62

Oktopiana, S. (2019). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di Mts. Muhammadiyah 1 Bandar Lampung (UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/7880/1/SKRIPSI .pdf

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sarifudin, A. (2019). peningkatan kinerja guru dalam implementasi penilaian sistem SKS melalui supervisi akademik pengawas sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 417–434. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v8i2.539

Sriwahyuni, E. M. K. W. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 33. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/2472

Suhartini, L. (2015). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Terstruktur. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 284–290. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v7i2.4899

Turmidzi, I. (2021). Implementasi supervisi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(1), 33–49. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/tarbawi.v4i1.245

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media.

Published
05-02-2024
How to Cite
Budi Setiawan Ginting, Mesiono, & Neliwati. (2024). Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Peningkatan Kinerja Guru di SD IT Ad-Durrah Medan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 403-416. https://doi.org/10.58230/27454312.435