Validitas dan Kepraktisan LKPD Interaktif Berbantuan Canva pada Pembelajaran PAI di SMPN 2 Bua Ponrang

Authors

  • Khusnul Atizah Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Munir Yusuf Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Dodi Ilham Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.58230/socratika.v1i1.71

Keywords:

pengembangan LKPD, aplikasi Canva, pembelajaran PAI

Abstract

Artikel ini membahas suatu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang interaktif menggunakan platform Canva dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Bua Ponrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan hasil uji kevalidan dan kepraktisan LKPD interaktif yang telah dikembangkan, selanjutnya menyajikan pula hasil identifikasi kendala dalam proses pengembangan, dan menguji kepraktisan LKPD dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 2 Bua Ponrang. Metode penelitian yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE. Lokasi penelitian dilakukan di kelas VII.3 SMPN 2 Bua Ponrang selama periode dua bulan, mulai dari 09 November 2023 hingga 09 Januari 2024. Partisipan penelitian meliputi ahli materi, ahli media, guru PAI, dan peserta didik kelas VII.3 SMPN 2 Bua Ponrang. Pendekatan pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, lembar validasi, dan angket praktikalitas. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan signifikan. Pertama, proses pengembangan LKPD interaktif terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kedua, kendala yang muncul dalam pengembangan LKPD mencakup kendala internal, seperti masalah desain, dan kendala eksternal, seperti masalah jaringan saat mengakses. Ketiga, hasil uji kepraktisan menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 100%, dengan respon peserta didik kelas VII.3 SMPN 2 Bua Ponrang mencapai 85%. Dengan demikian, secara keseluruhan, LKPD interaktif ini dinilai sangat praktis dengan rata-rata nilai persentase mencapai 91,2%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan LKPD interaktif dengan platform Canva dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 2 Bua Ponrang. Selain itu, pemahaman terhadap kendala yang muncul dalam pengembangan LKPD juga dapat menjadi pedoman dalam penyempurnaan metode pembelajaran yang lebih efektif di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560

Dhaniswara, E., Larisu, Z., Sanjaya, F., Kurniasari, N., Megavitry, R., & Marlina, M. (2023). Analisis Peran Game Edukasi Berbasis Mobile dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 24–30. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17586

Hisbullah, H., Nadirah, S., Aniati, A., & Rahman, A. (2022). Construction And Validity Of The Hypnoteaching-Based Learning Model: A Development Study In Elementary Schools. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), Article 03. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4796

Jayanti, D., & Susanti. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.35964/al-munawwarah.v14i2.5559

Mawardi, A. (2023). Edukasi Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Sumber-Sumber Elektronik pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal on Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4290

Muis, M. A., Resty, A. D., Ramadhani, S., Guna, P., & Winardi, I. (2023). Penerapan Model Inquiry-Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Agama Islam, 7(12), Article 12. https://rel.ojs.co.id/index.php/jkai/article/view/19

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4381

Munir, M., Afifah, N., & Najib, M. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7677

Musannadah, S., & Jannah, S. N. (2023). The Application of Canva as Interactive Media in 21st Century Learning. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(6), Article 6. https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.81036

Purnamasari, A. (2023). Analisis Kritis Terhadap Paradigma Pengajaran Akidah dan Akhlak Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Menuju Pembaruan dan Peningkatan Efektivitas Pembelajaran. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(5), Article 5.

Putri, A. L., Mujahidah, I., Malini, S., & Prihantini, P. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II Materi Lingkungan Sehat Dan Tidak Sehat. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(4), Article 4.

Zanah, D. N., Putri, C., & Melati, I. I. (2023). Penggunaan Media Video Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia dengan Model Discovery Learning. Journal of Education Research, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.213

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Khusnul Atizah, Munir Yusuf, & Dodi Ilham. (2024). Validitas dan Kepraktisan LKPD Interaktif Berbantuan Canva pada Pembelajaran PAI di SMPN 2 Bua Ponrang. Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(1), 73–82. https://doi.org/10.58230/socratika.v1i1.71