Diseminasi Metode Pengisian Dokumen Akreditasi PAUD berbasis Aplikasi Sispena 3.1
DOI:
https://doi.org/10.58230/sempugi.v2i1.84Keywords:
Akreditasi PAUD, Diseminasi, Sispena 3.1Abstract
Aplikasi sispena merupakan sistem penilaian akreditasi berbasis web, yang digunakan untuk pengiriman berkas/dokumen persyaratan akreditasi secara online. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu Lembaga PAUD dalam mengunggah dokumen yang diperlukan pada aplikasi sispena 3.1. Metode yang digunakan Participatory Action Research (PAR) dengan 3 tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek dalam pengabdian ini adalah kepala PAUD atau guru dan Operator sebagai perwakilan pada masing-masing lembaga PAUD di Kota Palopo. Hasil pengabdian ini yaitu peserta menilai sangat baik untuk semua kategori baik untuk narasumber, pelaksanaan kegiatan, dan panitia pelaksana, terjadinya penyebaran ilmu pengetahuan terkait metode pengisian dokumen akreditasi PAUD berbasis aplikasi sispena 3.1, meningkatnya kompetensi dan pengetahuan kepala, guru maupun operator lembaga dalam menggunggah dokumen yang diperlukan pada aplikasi sispena 3.1.
Downloads
References
Febriyani, E., & Warmansyah, J. (2021). Akreditasi Satuan PAUD berbasis Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA). Jostech: Journal of Science and Technology, 1(2), 124–135. DOI: https://doi.org/10.15548/jostech.v1i2.3053
Hardianto, H., Musa, L. A. D., & Lewa, I. (2022). Pendampingan Masyarakat Miskin Untuk Mendapatkan Bantuan Hukum Di Kota Palopo. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 374. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i3.1118 DOI: https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i3.1118
Herlida, A. (2022). Pendampingan Lembaga PAUD dalam Memahami 8 Standar Nasional Pendidikan Guna Percepatan Akreditasi. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 34–43. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2556 DOI: https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2556
Ismaya, Rusmayadi, Herlina, Sadaruddin, & Elihami. (2022). Rapat Koordinasi Daerah BAN PAUD dan PNF Provinsi Sulawesi Selatan. Maspul Journal of Community Empowerment, 4(1), 53–58. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/download/3262/1093
Ismaya, Sulaiman, F., Firdiani, D., AB, U. D. M., & Elihami. (2021). Pembinaan Lembaga PAUD Menuju Lembaga yang Terakreditasi. Maspul Journa Community Empowerment, 3(20), 1–9. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/2340
Musi, M. A., Asti, A. S. W., Rusmayadi, Bactiar, M. Y., Amal, A., & Ilyas, S. N. (2023). Peningkatan Mutu Satuan Kelompok Bermain melalui Pembimbing Akreditasi. Ininnawa: JUrnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 100–106.
Noviana, I. P., Gunawan, S., Herniati, I., Misbahudin, E., & Sobirin, S. (2023). Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru PAUD dalam Kualitas Pembelajaran di Desa Cimanggu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.37567/pkm.v3i1.1831 DOI: https://doi.org/10.37567/pkm.v3i1.1831
Patilima, H., Nurfadhillah, M., S, S., Rohana, R., Udjir, N., Susiana, S., Kurniati, K., Sulistyowati, S., Humayrah, S., Ariyani, A., & Susanti, D. A. P. (2023). Workshop Manajemen Pengelolaan PAUD di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7494–7498. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2970 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2970
Prihantoro, A., & Setiawati, F. A. (2023). Keberhasilan Pendampingan Akreditasi Satuan PAUD Sejenis : Penelitian Kasus Tunggal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6895–6906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4007 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4007
Purba, R. I., Sinaga, P., Hariandja, E., & Parani, R. (2022). Strategi Asesor Akreditasi Paud Dan Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 6(1), 128–142.