Pengembangan Modul Pokok Bahasan Kebersamaan Berbasis Literasi Baca Tulis di Kelas II SDN 41 Batu Putih Kota Palopo

Authors

  • Noperlianti Sarira Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Edhy Rustan Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Hisbullah Hisbullah Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Keywords:

Modul Pembelajaran, Literasi Baca Tulis, Peserta Didik

Abstract

Artikel ini membahas mengenai masalah yang dilatar belakangi peserta didik masih mengalami kesulitan dalam belajar. Tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti yaitu untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik terpadu berbasis kearifan lokal di lingkungan tempat tinggal siswa. Sedangkan tujuan peneliti saat ini adalah melakukan penelitian tersebut dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan, pengembangan, dan praktikalitas modul pokok bahasan kebersamaan berbasis literasi baca tulis di kelas II SDN 41 Batu Putih Kota Palopo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development  (R&D). Pengembangan produk menggunakan model ADDIE yang terdiridari lima tahapan, namun dibatasi hanya empat tahapan saja yaitu, (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi. Penelitian dilakukan di sekolah SDN 41 Batu Putih Kota Palopo dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara guru, angket siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari analisis kebutuhan diperoleh bahwa siswa membutuhkan modul pembelajaran yang berbasis literasi baca tulis untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan memahami isi teks bacaan. Dengan demikian peneliti mengembangkan modul cetak berbasis literasi pada tema 7 subtema 2. Modul yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh 3 validator diantaranya: validator ahli materi, ahli desain dan validaor ahli bahasa. Hasil validasi produk dari validator materi memperoleh 85,5%, ahli desain memperoleh 85% dan ahli bahasa memperoleh  92, 75%  dari kedua hasil persentase tersebut maka dapat dikategorikan sangat valid. Kepraktisan modul pokok bahasan kebersamaan berbasis literasi baca tulis memperoleh hasil 81,67% dikategorikan sangat praktis. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran sudah sangat valid dan praktis digunakan oleh guru dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

KartikaSari, Bintari. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Halaman 88-89.

Khulsum, Umi Yusak Hudiyono, & Endang Dwi Sulistyowati. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 3. https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/4

Kustandi, Cecep, & Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Latifah, Sri. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi ayat-ayat al-qur'an pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 04(2), 155-164.

Mahmud, H. (2017). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jisip, 1(2), 32–33. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/178

Marlini, Cut, & Rismawati. (2019). Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash.

Mardalis. (2008). Metodologi Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Pratiwi, Widya, & Johar Alimuddin. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Tema Persatuan Dalam Perbedaan. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1(1), 532. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/7155Setyawati, Eka. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Literasi Bahasa dan Numerasi di kelas IV SD” Skripsi,Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,2022.

Downloads

Published

2023-09-16

How to Cite

Sarira, N., Rustan, E., & Hisbullah, H. (2023). Pengembangan Modul Pokok Bahasan Kebersamaan Berbasis Literasi Baca Tulis di Kelas II SDN 41 Batu Putih Kota Palopo . JURNAL AKSIOLOGI, 1(1), 33–41. Retrieved from https://ssed.or.id/journal/aksiologi/article/view/6