Pengembangan Modul Pokok Bahasan Kebersamaan Berbasis Literasi Baca Tulis di Kelas II SDN 41 Batu Putih Kota Palopo
Keywords:
Modul Pembelajaran, Literasi Baca Tulis, Peserta DidikAbstract
Artikel ini membahas mengenai masalah yang dilatar belakangi peserta didik masih mengalami kesulitan dalam belajar. Tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti yaitu untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik terpadu berbasis kearifan lokal di lingkungan tempat tinggal siswa. Sedangkan tujuan peneliti saat ini adalah melakukan penelitian tersebut dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan, pengembangan, dan praktikalitas modul pokok bahasan kebersamaan berbasis literasi baca tulis di kelas II SDN 41 Batu Putih Kota Palopo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan produk menggunakan model ADDIE yang terdiridari lima tahapan, namun dibatasi hanya empat tahapan saja yaitu, (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi. Penelitian dilakukan di sekolah SDN 41 Batu Putih Kota Palopo dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara guru, angket siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari analisis kebutuhan diperoleh bahwa siswa membutuhkan modul pembelajaran yang berbasis literasi baca tulis untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan memahami isi teks bacaan. Dengan demikian peneliti mengembangkan modul cetak berbasis literasi pada tema 7 subtema 2. Modul yang telah dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh 3 validator diantaranya: validator ahli materi, ahli desain dan validaor ahli bahasa. Hasil validasi produk dari validator materi memperoleh 85,5%, ahli desain memperoleh 85% dan ahli bahasa memperoleh 92, 75% dari kedua hasil persentase tersebut maka dapat dikategorikan sangat valid. Kepraktisan modul pokok bahasan kebersamaan berbasis literasi baca tulis memperoleh hasil 81,67% dikategorikan sangat praktis. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran sudah sangat valid dan praktis digunakan oleh guru dan siswa.
Downloads
References
KartikaSari, Bintari. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Halaman 88-89.
Khulsum, Umi Yusak Hudiyono, & Endang Dwi Sulistyowati. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 3. https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/4
Kustandi, Cecep, & Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Latifah, Sri. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi ayat-ayat al-qur'an pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 04(2), 155-164.
Mahmud, H. (2017). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jisip, 1(2), 32–33. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/178
Marlini, Cut, & Rismawati. (2019). Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash.
Mardalis. (2008). Metodologi Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Pratiwi, Widya, & Johar Alimuddin. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Tema Persatuan Dalam Perbedaan. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1(1), 532. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/7155Setyawati, Eka. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Literasi Bahasa dan Numerasi di kelas IV SD” Skripsi,Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.