Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Kepatuhan Siswa

Authors

  • Nursyamsi Nursyamsi Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Nurfaizah Nurfaizah Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Keywords:

Lingkungan Sosial, Kepatuhan Siswa, kelas V

Abstract

Penelitian ini fokus pada dampak lingkungan sosial terhadap tingkat kepatuhan siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Qashash Tobia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak lingkungan sosial terhadap tingkat kepatuhan siswa di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode inferensial yang difokuskan untuk mengeksplorasi hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas lima di Madrasah Ibtidaiyah Al-Qashash Tobia yang berjumlah 23 orang, dan sampel dipilih melalui metode sampel jenuh, yang melibatkan setiap siswa dari 23 siswa tersebut. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode regresi sederhana. Temuan menunjukkan bahwa lingkungan sosial, yang diwakili oleh variabel X, secara signifikan mempengaruhi tingkat kepatuhan siswa, yang diwakili oleh variabel Y. Dalam penelitian ini, lingkungan sosial menyumbang sekitar 39,3% dari varians dalam tingkat kepatuhan siswa, dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepatuhan yang tidak dibahas dalam ruang lingkup penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amsyari, F. (1977). Prinsip-Prinsip Masalah Pencemaran Lingkungan Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: Widya Medika.

Andi Herman. (2018). Hubungan Antara Lingkungan Sosial Dengan Prestasi Belajar pelajaran PKN Murit Kelas III SD Negeri Kampung Sicini Kecamatan Arungkeke Kebupaten Jeneponto. UNM Makassar.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnett, E., & Casper, M. (2001). A Devanition Of Social Environment. American Journal Of Public Health.

Dolyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Edi Kusnadi. (2018). Metode Penelitian. http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/strikel/view/542

Gunarsa. (2007). Psikologi Perkembangan Untuk Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hasan Langgulung. (2016). Manusia dan Pendidikan (suatu analisis psikologi dan pendidikan). Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Ika Nurjanna Arif. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Murid SD Inpres Biara Kecamatan Contonompo Selatan Kebupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Marissa Annisa. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 148 Lengkong. IAIN Sinjai.

Muhammad Surya. (2004). Psikologi Pendidikan. Direktorat Kependidikan.

Nasution, S. (2016). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nyanyu Khodija. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Peni Meriska, et al. (Tahun penelitian tidak disebutkan). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa Di SMAN 7 Mokumuko, Provinsi Bengkulu.

Purwanto, J. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi Dan Pendidikan.

Purwanto, M. Ngalin. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purba, J. (2008). Pengolaan Lingkungan Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

S. Nasution. (2018). Ilmu Sosial Dasar. Bumi Aksara. Jakarta.

Stroz. (1987). Lingkungan Sosial. Universitas Gadjah Mada: University Press.

Sujanto, Lubis, et al. (2006). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta: Bandung.

Sugiono. (2001). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif R&D). Alfabeta: Bandung.

Suhasmi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumariah. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Siswa Dalam Melaksanakan Tatertip Sekolah Kelas I SDIT Ummi Panorama Kota Bengkulu.

Syamsul Kurniawan. (2016). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Teguh Triwiyanto. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. (2007). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-09-16

How to Cite

Nursyamsi, N., & Nurfaizah, N. (2023). Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Kepatuhan Siswa . JURNAL AKSIOLOGI, 1(1), 24–32. Retrieved from https://ssed.or.id/journal/aksiologi/article/view/5