Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Kepatuhan Siswa
Keywords:
Lingkungan Sosial, Kepatuhan Siswa, kelas VAbstract
Penelitian ini fokus pada dampak lingkungan sosial terhadap tingkat kepatuhan siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Qashash Tobia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak lingkungan sosial terhadap tingkat kepatuhan siswa di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode inferensial yang difokuskan untuk mengeksplorasi hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas lima di Madrasah Ibtidaiyah Al-Qashash Tobia yang berjumlah 23 orang, dan sampel dipilih melalui metode sampel jenuh, yang melibatkan setiap siswa dari 23 siswa tersebut. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode regresi sederhana. Temuan menunjukkan bahwa lingkungan sosial, yang diwakili oleh variabel X, secara signifikan mempengaruhi tingkat kepatuhan siswa, yang diwakili oleh variabel Y. Dalam penelitian ini, lingkungan sosial menyumbang sekitar 39,3% dari varians dalam tingkat kepatuhan siswa, dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepatuhan yang tidak dibahas dalam ruang lingkup penelitian ini.
Downloads
References
Amsyari, F. (1977). Prinsip-Prinsip Masalah Pencemaran Lingkungan Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: Widya Medika.
Andi Herman. (2018). Hubungan Antara Lingkungan Sosial Dengan Prestasi Belajar pelajaran PKN Murit Kelas III SD Negeri Kampung Sicini Kecamatan Arungkeke Kebupaten Jeneponto. UNM Makassar.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Barnett, E., & Casper, M. (2001). A Devanition Of Social Environment. American Journal Of Public Health.
Dolyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Edi Kusnadi. (2018). Metode Penelitian. http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/strikel/view/542
Gunarsa. (2007). Psikologi Perkembangan Untuk Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hasan Langgulung. (2016). Manusia dan Pendidikan (suatu analisis psikologi dan pendidikan). Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Ika Nurjanna Arif. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Murid SD Inpres Biara Kecamatan Contonompo Selatan Kebupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Marissa Annisa. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 148 Lengkong. IAIN Sinjai.
Muhammad Surya. (2004). Psikologi Pendidikan. Direktorat Kependidikan.
Nasution, S. (2016). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nyanyu Khodija. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Peni Meriska, et al. (Tahun penelitian tidak disebutkan). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa Di SMAN 7 Mokumuko, Provinsi Bengkulu.
Purwanto, J. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi Dan Pendidikan.
Purwanto, M. Ngalin. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purba, J. (2008). Pengolaan Lingkungan Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
S. Nasution. (2018). Ilmu Sosial Dasar. Bumi Aksara. Jakarta.
Stroz. (1987). Lingkungan Sosial. Universitas Gadjah Mada: University Press.
Sujanto, Lubis, et al. (2006). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta: Bandung.
Sugiono. (2001). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif R&D). Alfabeta: Bandung.
Suhasmi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumariah. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Siswa Dalam Melaksanakan Tatertip Sekolah Kelas I SDIT Ummi Panorama Kota Bengkulu.
Syamsul Kurniawan. (2016). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Teguh Triwiyanto. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wina Sanjaya. (2007). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.