Peningkatan Kemampuan Membaca Komprehensif Berbasis Model Talking Stick Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Muliati Muliati Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Keywords:

Model Talking Stick, Membaca Komprehensif, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (I) mengetahui perencanaan pembelajaran kemampuan membaca komprehensif berbasis model Talking Stick pada siswa kelas II SDN 50 Bulu’datu, (II) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas II SDN 50 Bulu’datu, (III) mengetahui hasil peningkatan kemampuan membaca komprehensif siswa menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas II SDN 50 Bulu’datu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 50 Bulu’ Datu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes terbagi menjadi dua yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (I) perencanaan pembelajaran kemampuan membaca komprehensif berbasis model Talking Stick dilihat dari hasil observasi guru pada siklus I memperoleh nilai sebesar 77,88% dan siklus II sebesar 81,23% dengan nilai rata-rata 77,55% dan mengalami peningkatan sebesar 7,35%.  (II) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick dilihat dari hasil observasi siswa pada siklus I memperoleh nilai sebesar 66% dan siklus II 85% dan mengalami peningkatan sebesar 19%. (III) hasil peningkatan kemampuan membaca komprehensif siswa menggunakan model Talking Stick memperoleh hasil persentase nilai siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 64 % dan siklus II sebesar 91 % dan mengalami peningkatan sebesar 27% dengan kata lain, model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan membaca komprehensif pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas II SDN 50 Bulu’ Datu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatih, M. (2020). Peningkatan Membaca Pemahaman Melalui Implementasi Model Talking Stick dan Media Talking Card untuk Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(3), 507.

Fatmala, D., Khair, U., & Iskandar, Z. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Cooperative Learning (Tipe STAD) pada Siswa Kelas VII SMP Kreatif Aisyiyah Kabupaten Rejang Lebong. Unpublished undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup. http://e-theses.iaincurup.ac.id/3185/ (Diakses pada 17 Juni 2023).

Hidayana, S., Pateda, L., & Pautina, A. R. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Educator (Directory Of Elementary Education Journal), 2(1), 58–81.

Jasmari. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Metode Inkuiri Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Inpres Ardipura II Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 56.

Kunanti, P., Nurhasanah, N., & Nafiah, M. (2019). Meningkatkan Kemandirian Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cilubang 05. Jurnal Dinamika Sekolah Dasar, 1–14.

Marliani, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Jujur dalam Kehidupan Sehari-Hari Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 1(1), 1069–1078.

Nurmaulidiyah, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Majene. Unpublished PhD Thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Putu, N., Agustiari, S., Ganing, N. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 30.

Rahayu, S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII D SMPN 1 Singingi Hilir. Unpublished research, Universitas Islam Riau. https://repository.uir.ac.id/9423/ (Diakses pada 30 September 2022).

Subekti, S. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Directed Reading Activity (DRA) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas VIII SMP N 9 Purwokerto. Unpublished PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.)

Downloads

Published

2023-09-16

How to Cite

Muliati, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Komprehensif Berbasis Model Talking Stick Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JURNAL AKSIOLOGI, 1(1), 16–23. Retrieved from https://ssed.or.id/journal/aksiologi/article/view/4