Peningkatan Kemampuan Membaca Komprehensif Berbasis Model Talking Stick Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar
Keywords:
Model Talking Stick, Membaca Komprehensif, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (I) mengetahui perencanaan pembelajaran kemampuan membaca komprehensif berbasis model Talking Stick pada siswa kelas II SDN 50 Bulu’datu, (II) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas II SDN 50 Bulu’datu, (III) mengetahui hasil peningkatan kemampuan membaca komprehensif siswa menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas II SDN 50 Bulu’datu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 50 Bulu’ Datu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes terbagi menjadi dua yaitu pretest dan posttest, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (I) perencanaan pembelajaran kemampuan membaca komprehensif berbasis model Talking Stick dilihat dari hasil observasi guru pada siklus I memperoleh nilai sebesar 77,88% dan siklus II sebesar 81,23% dengan nilai rata-rata 77,55% dan mengalami peningkatan sebesar 7,35%. (II) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick dilihat dari hasil observasi siswa pada siklus I memperoleh nilai sebesar 66% dan siklus II 85% dan mengalami peningkatan sebesar 19%. (III) hasil peningkatan kemampuan membaca komprehensif siswa menggunakan model Talking Stick memperoleh hasil persentase nilai siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 64 % dan siklus II sebesar 91 % dan mengalami peningkatan sebesar 27% dengan kata lain, model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan membaca komprehensif pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas II SDN 50 Bulu’ Datu.
Downloads
References
Fatih, M. (2020). Peningkatan Membaca Pemahaman Melalui Implementasi Model Talking Stick dan Media Talking Card untuk Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(3), 507.
Fatmala, D., Khair, U., & Iskandar, Z. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Cooperative Learning (Tipe STAD) pada Siswa Kelas VII SMP Kreatif Aisyiyah Kabupaten Rejang Lebong. Unpublished undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup. http://e-theses.iaincurup.ac.id/3185/ (Diakses pada 17 Juni 2023).
Hidayana, S., Pateda, L., & Pautina, A. R. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Educator (Directory Of Elementary Education Journal), 2(1), 58–81.
Jasmari. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Metode Inkuiri Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri Inpres Ardipura II Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 56.
Kunanti, P., Nurhasanah, N., & Nafiah, M. (2019). Meningkatkan Kemandirian Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cilubang 05. Jurnal Dinamika Sekolah Dasar, 1–14.
Marliani, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Jujur dalam Kehidupan Sehari-Hari Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 1(1), 1069–1078.
Nurmaulidiyah, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Majene. Unpublished PhD Thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Putu, N., Agustiari, S., Ganing, N. N., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Buku Cerita Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 30.
Rahayu, S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII D SMPN 1 Singingi Hilir. Unpublished research, Universitas Islam Riau. https://repository.uir.ac.id/9423/ (Diakses pada 30 September 2022).
Subekti, S. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Directed Reading Activity (DRA) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas VIII SMP N 9 Purwokerto. Unpublished PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.