Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif pada Tema Hidup Rukun di Sekolah Dasar

Authors

  • Asyuyun Asyuyun Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Nurdin K. Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Ahmad Munawir Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

Keywords:

Instrumen, Penilaian Afektif, Tema Hidup Rukun, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (I) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan instrumen penilaian afektif pada tema hidup rukun di sekolah dasar, (II) mendeskripsikan validitas instrumen penilaian afektif pada tema hidup rukun di sekolah dasar kelas II SDN 24 Temmalebba kota Palopo, (III) mendeskripsikan efektivitas instrumen penilaian afektif pada tema hidup rukun di sekolah dasar kelas II SDN 24 Temmalebba kota Palopo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development) atau penelitian pengembangan. Menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan diantaranya; (1) tahap analisis, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, (5) tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, validasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis gabungan (mixed method). Produk yang dikembangkan oleh peneliti berupa instrumen penilaian afektif pada tema hidup rukun di sekolah dasar SDN 24 Temmalebba. Instrumen yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli desain instrumen penilaian afektif, ahli evaluasi, ahli bahasa, dan guru wali kelas II. Hasil validasi produk memperoleh persentase kelayakan sebesar 86 % dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalis melalui angket guru memperoleh persentase sebesar  92,5 % dengan krieria sangat praktis dan melalui angket siswa memperoleh persentase sebesar 68,75 % dengan kriteria praktis. Hasil tersebut menunjukkan bahwa instrumen penilaian afektif pada tema hidup rukun di sekolah dasar sudah sangat valid dan praktis digunakan oleh guru dalam menilai afektif siswa di SDN 24 Temmalebba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, A. (2009). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (1 ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Bahru, M. S. (2017). Implementasi MetodeSugestopedia dalam Membangun Self Confidence padda Pembelejaran Matematika SSiswa Kelas VIII MTs Satu Atap Sampano. Palopo: IAIN Palopo.

Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Bebricara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Kasman, I. (2021). Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Murid Kelas IV SDN Labuang Baji 1 Kota Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Lisdayanti, S. (2019). Perbandingan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Strategi Town Meeting dan Active Debate pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 3 Kota Banjarmasin. Banjarmasin: UIN Antasari .

Masriatunafiah. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama dengan Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas IV MI Glagahombo Magelang. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nurliani. (2019). Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 28 Mancani Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Palopo: IAIN Palopo.

Rafli, Z., & Lustyantic, N. (2016). Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhawaca.

Setyami, S. S. (2021). Keterampilan Berbahasa. Bogor: Guepedia.

Suryaningsih, N. (2019). Pengaruh Strategi Sugestopedia terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 58 Jakarta. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wiyani, N. A., & Barnawi. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-09-16

How to Cite

Asyuyun, A., K., N., & Munawir, A. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif pada Tema Hidup Rukun di Sekolah Dasar. JURNAL AKSIOLOGI, 1(1), 8–15. Retrieved from https://ssed.or.id/journal/aksiologi/article/view/3