Pemanfaatan Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatan Kemampuan Multiple Intelegence Siswa MTs Negeri Palopo
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan multiple intelligences pada melalui pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX MTs Negeri Palopo. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan jenis tahapan yang dilakukan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis sesuai dengan karatektristik data yang masuk. Dari analisis fase fase proses pembelajaran dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koopertif sarat dengan kandungan pengembangan multiple intelegences, jadi dengan model pembelajaran kooperatif guru bukan hanya menyampaikan dapat materi yang bermakna, tetapi juga memberikan ruang bagi berkembangnya multiple intelegences yang dimiliki peserta didik. Multiple intelegences peserta didik yang berkembang ketika mengikuti proses pembelajaran antara lain kecerdasan intrapersonal, kecerdasan spasial, kecerdasan linguistik, kecerdasan logis-matematis, dan kecerdasan kinestetik.
Metrics
References
Arikunto Suharsimi. (1998) Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sis¬tem Pendidikan Nasional. Ja¬karta: Dirjen pendidikan Dasar dan Menengah.
DePorter, B dan Hernacki, M. (1999). Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Brotowidjoyo, Mukayat D. (2002). Penulisan Karangan Ilmiah Edisi Revisi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Firman, F., Mirnawati, M., Usman, U., & Syamhari, S. (2019). How to Apply the Process Skills Approach to Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Senior High Schools. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8 (3), 145-154.
Ibrahim, Muslimin. Dkk. (2000). Pem¬belajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Junus, Andi Muhammad. (2002). Keterampilan Menulis. Maka¬ssar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Naima. (2005). Peningkatan Kete¬rampilan Menulis Karangan Eksposisi Melalui Teknik Brainstroming Siswa Kelas II Man Disamakan Pon-Pes DDI Mattoanging Kab. Bantaeng. Skripsi (tidak diter¬bit¬kan).Makassar: FBS Univ¬ersitas Negeri Makassar.
Nurhamsih, N., Firman, F., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2019). Peningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 37-50. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/66
Lismayani, I. dkk. (2002). Pemanfaatan Kecerdasan Ganda (Multiple intelegence) dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar. Kendari: FKIP.
Mulyono. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46-61. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.462
Soparno Paul. (2004). Teori Intelegensi ganda dan Aplikasinya di sekolah. Jakarta: Kanisius.
Syahrul, Muhammad, Nur Setiawati. 2020. Konseling (Teori dan Aplikasinya). Sulawesi Selatan: Aksara Timur.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.