Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna melalui Metode Eksperimen pada Anak Usai 5-6 Tahun (Kelompok B)

  • Riskal Fitri Universitas Islam Makassar
Keywords: Mengenal warna, Metode eksperimen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini berdasarkan pada rumusan masalah di atas adalah sebagai berikut: Untuk Peningkatan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak usai 5-6 tahun (kelompok B) di TK Khalifah Cendekia Mandiri Kabupaten Maros. Metode eksperimen merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak untuk memiliki pengalaman melakukan suatu proses percobaan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuam mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif yaitu peneliti bekerjasama dengan guru kelas dalam pelaksanaan penelitian subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun (Kelompok B) yang terdiri dari 7 anak laki- laki dan 8 orang anak perempuan serta satu guru. Metode pengunpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi (check list). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna dapat meningkat dengan metode eksperimen. Adapun proses pembelajarannya anak diberi kesempatan untuk melakukan percobaan tentang warna yang bersifat sederhana dan menarik untuk anak. Hasil penelitian meningkat secara bertahap, hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada pratindakan, siklus I dan siklus II. Rata-rata perolehan persentase pada pratindakan yaitu 41,66% meningkat di siklus I dengan persentase sebesar 58,13% dan meningkat mencapai 84,06% pada siklus II.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Firman, F. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif.

Gunarti Winda, dkk. (2010). Metode Pembelajran dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka

Harun Rasyid dkk. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Multi Pressido

Hernia Hesti. (2013). Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Segugus III Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Hendra Sofyan. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta : CV Infomedika

Sukirman, S., & Mirnawati, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 389-402. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/54

Nugraha Ali. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Bandung : JILSI Foundation

Nurhamsih, N., Firman, F., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2019). Peningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 37-50. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/66

Pramunditya Didith, dkk. (2014). Asesmen Anak Usia Dini. Yogyakarta : Graha Ilmu

Poerwadarminta. (2002). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pusat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Rizema, P. S. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press

Sujiono. (2014). Metode Perkembangan Kognitif. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Grup

Syamsu Yusuf. (2016). Perkembangan Peserta Didik Depok : PT Raja Grafindo Persada

Wibowo Teguh. (2013). Belajar Desain Grafis. Yogyakarta : Buku Pintar

Yoni Acep. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Familia Nugraha.

Published
01-05-2021
How to Cite
Fitri, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna melalui Metode Eksperimen pada Anak Usai 5-6 Tahun (Kelompok B) . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(2), 95-106. https://doi.org/10.58230/27454312.85