Pengembangan Media Pop Up Book IPA Materi Sistem Pencernaan Kelas V Sekolah Dasar

  • Agelia Intan Sukma Universitas Islam Riau
  • Dea Mustika Universitas Islam Riau
Keywords: Pengembangan, Pop-Up Book, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini tujuannya agar memahami karakteristik pengembangan media pembelajaran IPA pop up book materi sistem pencernaan pada manusia kelas V dan kelayakan media pembelajaran IPA pop up book berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, serta respon siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pada penelitian pengembangan memakai pendekatan kuantitatif serta kualitatif. Jenis penelitian akan digunakan yakni penelitian pengembangan model ADDIE dimana terdiri akan tahap Analyis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) serta Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yakni angket dimana mempunyai skala pengukuran agar memahami penilaian ahli materi, ahli media, serta ahli bahasa pada media pembelajaran pop-up book. Melalaui evaluasi ahli bahasa, profesional media, dan spesialis materi, hasil penelitian pembuatan materi pembelajaran ilmiah pop-up book memiliki skor rata-rata 94,3% dan tergolong Sangat Valid. Berdasarkan hasil penelitian ini, menyatakan jika “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Materi Sistem Pencernaan Kelas V SD Negeri 15 Sawit Permai Kabupaten Siak yang dikembangkan sudah memenuhi standar kelayakan serta bisa menjadi media pembelajaran IPA di sekolah.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agustin, Nella. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta. UAD Press.

Astuti Iriani, dkk. (2022). Pop-Up Book untuk Mendorong Minat Belajar Peserta Didik Kelas V.JurnalGenerasiIndonesia1(1).https://karya.brin.go.id/id/eprint/17896/1/Jurnal_Iriani%20Astuti_Universitas%20Pendidikan%20Muhammadiyah%20Sorong_2022.pdf

Aziz Q, Ikhwan dkk. (2018). Konsep Pendidikan dalam Pemikiran KI Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Sumbula, 3 (1). https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3497/2638

Azizah Masayu, dkk. (2021). Anatomi Fisiologi Sistem Pencernaan Pada Manusia. Sumatra Barat. Tim YPCM.

Bayaniyyah, Shafwatul. 2024. Pengembangan Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Matapelajaran IPAS Materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV SDN 3 Mininting. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Volume 09 Nomor 01. Universitas Mataram. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12954

Dewanti, Handaruni dkk. (2018). Pengembangan Media Pop-up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1 (3).https://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551/3408

Diyantri, Ida Ayu Ketut Dewi dkk. (2020). Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3 (1), 9-21. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/inde

Efendi Ujang, Loliyana dan Anggraini Dinda Tri. (2022). Pengembangan Media 4Pop-Up Book terhadap Ketermapilan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas I SD. Junal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 9 (1).http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/9602/5419

Elisa Diah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294

Fadillah dan Muhammad Rijal, dan Ninawati dan Mimin (2020). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Pada Materi Perkembangbiakan Hewan Kelas VI SDN Anyelir 1Depok. Jurnal Penelitian Pendidikan 7 (2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3532

Giyanti. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Peserta Didik Tunarungu SMP-LB Pada Materi Gerak dan Gaya. Skripsi. Universitas Isalam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/5658/1/skripsi%20giyanti.pdf

Habibi, Candra Dewi dan Setyaningtyas Euncie Widyanti. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bagun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Matematika 5 (2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.620

Hisbullah dan Selvi Nurhayati. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Makasar. Penerbit Aksara Timur.

Irjan. (2008). Optimalisasi Proses dan Hasil Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah. Madrasah 1(1)

Karisma, I, Komang Eri dkk (2020). Media Pop Up Book Pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4 (2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458

Khotimah Tiarti Khusnul dan Utomo Imam Budi. (2009). Wawasan Antologi Esai Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta. Balai Bahasa.

Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495

Mamik. (2015). Metode Kualitatif. Taman Sideoarjo. Penerbit Zifatama Publisher.

Masturah, Elisa Diah dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha 6 (2). https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294

Munadi, Yudhi (2008). Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada (GP) Press,

Ningsih Dwi Sukmawati, dkk. (2022). Pengembangan Pop Up Book Budaya Jawa Timur Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan 2 (1). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.105

Ningtiyas, T., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran Ipa Bab Siklus Air Dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115

Nugroho, Arosyid Wahyu dan Ma’arif Samsul. (2022) . Pengembangan Media Game Edukasi “Marbel Fauna” Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU 6 (4). https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3326

Nur, Ovi Ocvrianda dan Sujarwo. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Negeri 106814 Tembung. Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (2). https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.288

Nuryanah, dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU 5 (5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1244

Prasetiyo Yoga Catur dan Yuliawati Fitri. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Pop Up Book Materi Daur Hidup Hewan untuk Kelas V MI/SD. Jurnal Elementary School Education Journal 5(2). https://doi.org/10.30651/else.v5i2.7650

Pratiwi Indah. (2021). IPA untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Medan. UMSU PRESS.

Purnawati, Rini dan Dea Mustika. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Tema 5 Subtema 1 di Kelas 1SDN 193 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3). https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2019

Putri, Qori Kartika dkk. (2019). Pengembangan Media Buku pop-up untuk Meningkatkan kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagodi dan Pembelajaran 2 (2). https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905

Rachman, Ali dkk. (2022). Pengembangan Pop Up Book Ekosistem Lahan Basah untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 6 (1). https://doi.org/10.30651/else.v6i1.12175

Ramadhan, Nuri dan Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Subtema Indah Keberagaman Budaya Negeriku. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 8 (1). https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/download/3208/1270/

Resta, Reres Gita and Safril Kodri. 2023. “Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Education FKIP UNMA 9, no. 1: 162-67. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4189.

Sakti Hesti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA dalam Bentuk Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Materi Pencemaran Lingkungan Pada Kelas VII di SMP Negeri 03 Kota Bengkulu. Skirpsi. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Sardi, Arif. (2018). Pengembangan Buku Ajar Teknik Laboraturium Biologi dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Jurnal Biotek 6 (2). https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.6399

Sappe, Irwan dan Ernawati. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 3(2). https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1419

Sujana Atep. (2014). Dasar-dasar IPA Konsep dan Aplikasinya. Bandung. UPI PRESS.

Suroiha, Lailatus dkk. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book terhadap Keterampilan Berfikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1856

Susanti Dini dan Apriani Rika. (2020). Peningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Tema Cita-citaku Menggunakan Media Audio Visual Pada Kelas IV MIN 1 Kota Padang. Kajian dan Pengembangan Umat 3 (2). https://doi.org/10.31869/jkpu.v3i2.2325

Susilawati, Fransiska. (2017). Tema 3 Makanan Sehat. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tegeh, I Made dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wahyuni, Eko Sri, Yokhebed. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran yang digunakan Guru Biologi SMA Negeri di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 8 (1). https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105

Winangun, I Made. (2020). Model Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan 1 (1). https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/529/0

Published
29-07-2024
How to Cite
Intan Sukma, A., & Dea Mustika. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book IPA Materi Sistem Pencernaan Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2885-2896. https://doi.org/10.58230/27454312.787