Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar

  • Kuntum Khaira Ummah Universitas Islam Riau
  • Dea Mustika Universitas Islam Riau
Keywords: IPAS, Media Pembelajaran, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini mengenai keadaan serta kendala penggunaan media pembelajaran pada muatan IPAS terkhusus terhadap siswa kelas IV SD. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif melalui metode deskriptif. Tujuan penelitian yakni menganalisa serta mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dan hambatan dihadapi guru didalam penggunaan media pembelajaran khususnya pelajaran IPAS. Hasil penelitian terhadap penggunaan media pembelajaran bisa memberi kegiatan pembelajaran menyenangkan bagi siswa dan berfokus pada siswa hingga siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran dimana sudah dirancang. Hasil penelitian menunjukan penggunaan media IPAS, siswa lebih antusias didalam mengikuti proses pembelajaran tetapi media dimana ada di sekolah belum lengkap dan memadai. Pada dasarnya pengadaan media digunakan pada pembelajaran IPAS hanya berupa gambar, buku dan lingkungan sekitar. Faktor penghambat guru didalam penggunaan media pembelajaran yakni kurangnya sarana dan prasarana sekolah, dan kurangnya kemampuan serta kreatifitas guru memakai media pembelajaran sehingga penggunaan media pembelajaran IPAS memang belum terealisasikan dengan maksimal.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.

https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2446

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146– 150.

https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432

Azhar Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT,Raja Grafindo Persada.

https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2446

Febrianti, frni., dkk.(2021).pengembangan media pembelajaran pakapin pada pembelajaran tematik siswa kelas III sekolah dasar wadukopa. jurnal pendidikan dasar, 1(3).

https://jurnaleduc.ord/index.php/pendagogia.

Hasanah, M. (2022). Penggunaan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPAS Kelas V MI Darul Huda Banjarmasin.

Krifviai, P. (2016). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran IPA di MI Muhammadiyah Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March.

Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 265-271.

http://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/966.

Ma’rifatun, Nisa. (2021). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran IPA Kelas V di SD Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto).

Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., Yumriani, Y., & BP, A. R. (2022). Pengertian Pendidikan ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2(1), 1-8.

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Prastiti, T. & Irawan, P. (2017). Media Sederhana. Ditjen Dikti. Depdiknas.

Sadiman, A.S. (2019). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press

Sherin, M., & van Es, E. (2002). Using video to support teachers’ ability to interpret classroom interactions. Society for Information Technology & Teacher Education International Conference, 2532–2536. Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Star, J. R., Lynch, K. H., & Perova, N. (2011). Using video to improve mathematics’ teachers’ abilities to attend to classroom features: A replication study

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531.

Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/download/461/377

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Yunengsih, S., & Syahrilfuddin. (2020). the Analysis of Giving Rewards By the Teacher in Learning Mathematics Grade 5 Students of Sd Negeri 184 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(4), 715–723. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i4.8029

Zulfiana, A. & Susanti, S., (2018). Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16.

Published
02-05-2024
How to Cite
Khaira Ummah, K., & Dea Mustika. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1573-1582. https://doi.org/10.58230/27454312.709