Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini mengenai keadaan serta kendala penggunaan media pembelajaran pada muatan IPAS terkhusus terhadap siswa kelas IV SD. Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif melalui metode deskriptif. Tujuan penelitian yakni menganalisa serta mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dan hambatan dihadapi guru didalam penggunaan media pembelajaran khususnya pelajaran IPAS. Hasil penelitian terhadap penggunaan media pembelajaran bisa memberi kegiatan pembelajaran menyenangkan bagi siswa dan berfokus pada siswa hingga siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran dimana sudah dirancang. Hasil penelitian menunjukan penggunaan media IPAS, siswa lebih antusias didalam mengikuti proses pembelajaran tetapi media dimana ada di sekolah belum lengkap dan memadai. Pada dasarnya pengadaan media digunakan pada pembelajaran IPAS hanya berupa gambar, buku dan lingkungan sekitar. Faktor penghambat guru didalam penggunaan media pembelajaran yakni kurangnya sarana dan prasarana sekolah, dan kurangnya kemampuan serta kreatifitas guru memakai media pembelajaran sehingga penggunaan media pembelajaran IPAS memang belum terealisasikan dengan maksimal.
Metrics
References
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.
https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2446
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146– 150.
https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432
Azhar Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT,Raja Grafindo Persada.
https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2446
Febrianti, frni., dkk.(2021).pengembangan media pembelajaran pakapin pada pembelajaran tematik siswa kelas III sekolah dasar wadukopa. jurnal pendidikan dasar, 1(3).
https://jurnaleduc.ord/index.php/pendagogia.
Hasanah, M. (2022). Penggunaan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPAS Kelas V MI Darul Huda Banjarmasin.
Krifviai, P. (2016). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran IPA di MI Muhammadiyah Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March.
Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 265-271.
http://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/966.
Ma’rifatun, Nisa. (2021). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran IPA Kelas V di SD Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto).
Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., Yumriani, Y., & BP, A. R. (2022). Pengertian Pendidikan ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2(1), 1-8.
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Prastiti, T. & Irawan, P. (2017). Media Sederhana. Ditjen Dikti. Depdiknas.
Sadiman, A.S. (2019). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press
Sherin, M., & van Es, E. (2002). Using video to support teachers’ ability to interpret classroom interactions. Society for Information Technology & Teacher Education International Conference, 2532–2536. Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).
Star, J. R., Lynch, K. H., & Perova, N. (2011). Using video to improve mathematics’ teachers’ abilities to attend to classroom features: A replication study
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531.
Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).
https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/download/461/377
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Yunengsih, S., & Syahrilfuddin. (2020). the Analysis of Giving Rewards By the Teacher in Learning Mathematics Grade 5 Students of Sd Negeri 184 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(4), 715–723. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i4.8029
Zulfiana, A. & Susanti, S., (2018). Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1-16.
Copyright (c) 2024 Kuntum Khaira Ummah, Dea Mustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.