Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional

  • Dodi Ilham IAIN Palopo
Keywords: Pendidikan Nilai

Abstract

Pendidikan merupakan sarana untuk memajukan semua bidang penghidupan manusia di Indonesia, baik dalam bidang ekonomi, sosial, teknologi, keamanan, keterampilan, berakhlak mulia, kesejahteraan,  budaya  dan  kejayaan  bangsa.  Namun jika pendidikan nasional tidak dibarengi dengan nilai-nilai moral, norma dan aturan yang mengikat sebagai proses koreksi atas kemajuan pendidikan serta tantangan yang datang dari dalam maupun luar. Pendidikan  nilai  sebagai  sarana  untuk  mengontrol,  mengevaluasi,  yang tidak diinginkan oleh dunia pendidikan. Kurikulum  pendidikan  seharusnya sesuai dengan perkembangan zaman yang berbasis kehidupan dinamis dan tidak bersifat statis menuju hakekat utama dalam pendidikan yakni memanusiakan manusia.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Cet. I; Jakarta: Kencana, 2004.

Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai; Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus, dan Menyatukan yang Tercerai, Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2009.

Madjid, Nurcholis. “Pengantar”, dalam A. Malik Fadjar. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia, 1999.

Masyarakat Religius: Membumikan Nilai-Nilai Islam Dalam Kehidupan Masyarakat, Cet. I; Jakarta, Paramadina, 2000.

Mappanganro. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Cet. II; Bandung; Remaja Rosda Karya, 1994.

Maksum, Madrasah, Sejarah, dan Perkembangannya, Cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Mastuhu. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam; dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Edisi 1, Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Cet. 2: Bandung, Penerbit Alfabeta, 2011.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Kejuruan, http://bsnp-indonesia.org/id/bsnp/wp-content/uploads/2013/06/Salinan-Permendikbud-No.-69-th-2013-ttg-KD-dan-Struktur-Kurikulum-SMA-MA.zip (File diunduh tanggal 15 September 2013).

Raehang. Aktualisasi Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Umum di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kendari. Tesis. Program Pascasarjana UIN Aluddin Makassar, 2006.

Soedijarto, Beberapa Catatan terhadap Pendidikan Moral dalam Penyelenggaraan Pendidikan Nasional (Sebuah Renungan Analitik) dalam Mereka Bicara Tentang Pendidikan Islam; Sebuah Bunga Rampai, Cet. I; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009.

Sulistiyaningsih, Tri. Membangun Kesalehan Intelektual dan Menjadi Intelektual Produktif, http://pemerintahan. umm.ac.id/ id/ umm- news- 3659- salam--prodip-news-membangun- kesalehan- intelektual—dan -menjadi-intelektual -produktif.html (laman diakses tanggal 15 September 2013)

Syahril, Iwan. Proklamasi dan Transformasi Pendidikan di Indonesia Abad 21, http://edukasi.kompasiana.com/ 2013/ 08/ 18/proklamasi- dan-transformasi-pendidikan-indonesia-abad-ke-21-585038. html (laman diakses tanggal 15 September 2016).

Published
01-08-2019
How to Cite
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122. https://doi.org/10.58230/27454312.73