Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk melihat berbagai persoalan-persoalan yang terjadi dalam membahas fisafat pendidikan Islam. Dalam tulisan ini akan membedah persoalan pendidikan pada aspek ontologi, epistimologi, dan aksiologi. Persoalan ontologi pendidikan dalam kajian filsafat pendidikan Islam terbagi atas tiga persoalan: pendidikan ber-Islam yakni mengupayakan pembimbingan, pendidikan dan pembinaan dalam mengenalkan Islam secara keseluruhan kepada peserta didik; pendidikan ber-Iman yakni mengupayakan totalitas ajaran Islam untuk ditanamkan kepada anak melalui keimanan kepada Allah swt dengan dasar-dasar iman, rukun Islam dan dasar-dasar syari’ah; dan pendidikan ber-Ihsan yakni menanamkan keyakinan suasana hati dan perilaku peserta didik untuk senantiasa merasa dekat dengan Tuhan sehingga tindakannya sesuai dengan aturan Allah swt. Persoalan epistemologi pendidikan dalam kajian filsafat pendidikan Islam adalah proses pendidikan dalam tataran sistem pendidikan Islam, yang ruang lingkupnya adalah tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, pendidik, peserta didik, sarana pendidikan Islam, alat pendidikan Islam, dan pendekatan pendidikan Islam. Persoalan aksiologi pendidikan dalam kajian filsafat pendidikan Islam menyangkut nilai-nilai tentang pendidikan Islam itu sendiri dengan maksud menguji dan mengintegrasikan semua nilai tersebut dalam kehidupan manusia, menjaga dan membina di dalam kepribadiannya baik yang bersifat spiritual maupun yang berwujud yang terbagi atas dua nilai utama yaitu nilai Ilahiyah dan nilai Insaniyah.
Metrics
References
Al Imam An-Nawawi Abu Zakariya, Hadis Arbain, Rukun Islam, Iman, dan Ihsan, https:// haditsarbain.com/hadits/rukun-islam-iman-dan-ihsan/.
Lubis, Amir Hamzah. (2016). “Pendidikan Keimanan dan Pembentukan Kepribadian Muslim”, Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 04, No. 01 Januari 2016, http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/ DI/article/download/426/398.
Departemen Agama R.I. (2002). al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Darus Sunnah.
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/soal.
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/masalah.
Suprayogo, Imam. (2010). “Ber-Islam Seharusnya Menjadi Yang Terbaik”, https://uin-malang.ac.id/ r/161001/ber-islam-seharusnya-menjadi-yang-terbaik.html.
Khotimah, Indah Husnul. (2015). “Dimensi Aksiologis Pendidikan Islam”, https://www.researchgate.net/profile/Indah_Husnul_Khotimah/publication/329528105_DIMENSI_AKSIOLOGIS_PENDIDIKAN_ISLAM/links/5c17c59ba6fdcc494ffc5121/DIMENSI-AKSIOLOGIS-PENDIDIKAN-ISLAM.pdf?origin=publication_detail.
Sabil, Jabbar. (2014). “Masalah Ontologi dalam Kajian Keislaman”, Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA Vol. 13. No. 2, Februari 2014, 142-159, https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/ download/67/62.
Jalaludin, dan Usman Said. (1994). Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rofiq, M. Nafiur. (2012). “Peranan Filsafat Ilmu Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan”, FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, https://ejournal.inaifas.ac.id/ index.php/falasifa/article/download/112/77.
Inayah, Mamluatul. (2015). “Konsep Ihsan Sebagai Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Sachiko Murata dan William C Chittick”, Tesis: Program Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015, h.16., http://etheses.uin-malang.ac.id/3255/1/13771013.pdf, laman diakses tanggal 6 Mei 2020.
Ihwanto, Muhammad Arif dkk,. (2017). “Desain Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Ihsan bagi Siswa MI NU Salafiyah Kudus”, Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET 6 (1) (2017): 1 – 10, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/ view/15570, laman diakses tanggal 7 Mei 2020.
Mugiono. (2017). “Perkembangan Pemikiran dan Peradaban Islam dalam Perspektif Sejarah, Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama”, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/457.
Hidayat, Rahmat dan Henny SN,. (2018). Filsafat Pendidikan Islam; Membangun Konsep Pendidikan Islam, Cet. 1; Medan: LPPI.
Purwanto. (2007). “Pluralisme Agama dalam Prespektif Nurcholish Madjid”, Religio: Jurnal Studi Agama-Agama, http://jurnalfuf.uinsby.ac.id/index.php/religio/ article/download/277/223.
Hidayat, Rahmat. (2016). “Epistemologi Pendidikan Islam: Sistem, Kurikulum, Pembaharuan Dan Upaya Membangun Epistemologi Pendidikan Islam”, Jurnal Almufida Vol. I No. 1 Juli-Desember 2016, http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/almufida/article/download/104/99, laman diakses tanggal 7 Mei 2020.
Sarjono. (2005). “Nilai-Nilai Dasar Pendidikan Islam”, Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. ll, No. 2, 2005, http://digilib.uin-suka.ac.id/8694/1/SARJONO% 20NILAI-NILAI%20DASAR%20PENDIDIKAN%20ISLAM.pdf.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.