Pengembangan Media Healing Maps Untuk Siswa SD Kelas IV pada Materi Penjernihan Air Sederhana

  • Wina Puspita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Atep Sujana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cucun Sunaengsih Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: DnD, Healing maps, materi pembelajaran IPA, teknologi pendidikan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis Android untuk menjadi solusi permasalahan kurangnya motivasi belajar dan kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai media belajar siswa mengenai penjernihan air sederhana pada materi sumber daya air. Penelitian ini, menggunakan subjek penelitian siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD dengan desain DnD yang bertujuan untuk menghasilkan deskripsi kelayakan aplikasi yang sudah dibuat diperoleh dari penilaian ahli materi dan ahli desain. Proses pengumpulan data dan pengolahan data menggunakan kuesioner/angket siswa , guru serta validasi ahli desain dan ahli materi, observasi, dan wawancara sehingga penyusun berharap aplikasi android ini dapat memenuhi kriteria kelayakan, agar dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi materi memperoleh 88% dengan kategori sangat valid, tanpa adanya revisi, ahli desain memperoleh 93% dengan kategori sangat valid, tanpa adanya revisi. Partisipan penelitian ini melibatkan 45 orang siswa kelas 4. Hasil respon siswa terhadap media Healing Maps memperoleh rata-rata persentase sebesar 95% dikategorikan sangat layak, dan dapat digunakan. Hasil observasi penerapan media Healing Maps yang dilakukan oleh observer memperoleh hasil sebesar 91% dengan kategori sangat baik, dapat diterapkan. Artinya media Healing Maps berbasis Android dapat dikembangkan dengan baik pada materi penjernihan air sederhana.

Kata kunci : DnD, Healing maps, materi pembelajaran IPA, teknologi pendidikan

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aditama, W., Arianto, B., & Nindia, Y. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Arang Aktif Sekam Padi Untuk Penjernihan Air Sumur Desa Paya Aboe Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. 4(1).

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. . Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Azizah, N., & Wardani, H. (2024). Analisis Pembelajaran Matematika Dengan Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 222–233. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V8i1.3061

Cahyaningtyas, T. I., Maruti, E. S., Rulviana, V., & Rahmawati, R. (N.D.). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Untuk Anak Tuna Grahita.

Deni, D. K., & Ferida, F. Y. (2023). Usability Testing Penggunaan Menu Kartu Hasil Studi Di Website Sistem Informasi Akademik Universitas Teknologi Yogyakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(I), 41–52. Https://Doi.Org/10.55826/Tmit.V2ii.57

Harahap, E. F., Perangin-Angin, L. M., & Sitohang, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Spinning Wheel Of Question Pada T Ema 7 Subtema 2 Kelas V Di Min 1 Medan T.A. 2022/2023. 06(02).

Hikmarina, R., Sari, S., & Yanti, H. (N.D.). Inovasi Penjernihan Air Sebagai Solusi Ketersediaan Air Bersih Di Desa Pandan Sejahtera. 4.

Lubis, M. A., & Sukmawarti, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Peta Budaya Berbantu Aplikasi Storyline 3 Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sd. Indonesian Research Journal On Education, 3(2), 953–958. Https://Doi.Org/10.31004/Irje.V3i2.69

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis. 1(1).

Nabila, N., Tapilouw, M. C., & Sucahyo, S. (2023). Biology Learning Innovation In The Water Pollution Sub Material Based On Sustainable Development Goals (Sdgs) Using The Problem-Based Learning. Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(3), 297. Https://Doi.Org/10.20527/Bino.V5i3.16718

Nainggolan, A. A., Arbaningrum, R., Nadesya, A., Harliyanti, D. J., & Syaddad, M. A. (2019). Alat Pengolahan Air Baku Sederhana Dengan Sistem Filtrasi. Widyakala Journal, 6, 12. Https://Doi.Org/10.36262/Widyakala.V6i0.187

Nisa’, W. Z., & Fitrihidajati, H. (2024). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. 13(1).

Puspita, W., Karimah, A. F., Khairunnisa, R. A. S. A. H., Firdaus, M. I., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Komikids (Komik Islam Edukatif Digital Musik) Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3612–3623. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.2682

Putra, D. E., Hanifah, N., & Ismail, A. (2024). Pengembangan Media Bomb-Bomb Car Pada Materi Asean Kelas Vi Sd. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 507–515. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V9i2.884

Rahman, M. Y. A., Syaripudin, T., & Rakhmat, A. (2022). Permainan “Petualangan Di Ivalice” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Kelas Vi Sekolah Dasar. 7(1).

Sopian, S. B. P., Isrokatun, I., & Ismail, A. (2023). Development Of Android-Based Peta (Penjelajahan Matematika) Learning Media On Speed Learning Materials At A Fifth-Grade Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 277. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V12i2.9650

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa Pgsd: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana. 1(1).

Sunaengsih, C. (2023). Peningkatan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. 8.

Widyasari, S. R., Martini, M., & Mahdiannur, M. A. (2023). Analisis Keterlaksanaan Dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Case Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2735–2741. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i4.1604

Published
13-05-2024
How to Cite
Wina Puspita, Atep Sujana, & Cucun Sunaengsih. (2024). Pengembangan Media Healing Maps Untuk Siswa SD Kelas IV pada Materi Penjernihan Air Sederhana. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2165-2178. https://doi.org/10.58230/27454312.715