Pengembangan Media Healing Maps Untuk Siswa SD Kelas IV pada Materi Penjernihan Air Sederhana
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis Android untuk menjadi solusi permasalahan kurangnya motivasi belajar dan kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai media belajar siswa mengenai penjernihan air sederhana pada materi sumber daya air. Penelitian ini, menggunakan subjek penelitian siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD dengan desain DnD yang bertujuan untuk menghasilkan deskripsi kelayakan aplikasi yang sudah dibuat diperoleh dari penilaian ahli materi dan ahli desain. Proses pengumpulan data dan pengolahan data menggunakan kuesioner/angket siswa , guru serta validasi ahli desain dan ahli materi, observasi, dan wawancara sehingga penyusun berharap aplikasi android ini dapat memenuhi kriteria kelayakan, agar dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi materi memperoleh 88% dengan kategori sangat valid, tanpa adanya revisi, ahli desain memperoleh 93% dengan kategori sangat valid, tanpa adanya revisi. Partisipan penelitian ini melibatkan 45 orang siswa kelas 4. Hasil respon siswa terhadap media Healing Maps memperoleh rata-rata persentase sebesar 95% dikategorikan sangat layak, dan dapat digunakan. Hasil observasi penerapan media Healing Maps yang dilakukan oleh observer memperoleh hasil sebesar 91% dengan kategori sangat baik, dapat diterapkan. Artinya media Healing Maps berbasis Android dapat dikembangkan dengan baik pada materi penjernihan air sederhana.
Kata kunci : DnD, Healing maps, materi pembelajaran IPA, teknologi pendidikan
Metrics
References
Aditama, W., Arianto, B., & Nindia, Y. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Arang Aktif Sekam Padi Untuk Penjernihan Air Sumur Desa Paya Aboe Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. 4(1).
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. . Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Azizah, N., & Wardani, H. (2024). Analisis Pembelajaran Matematika Dengan Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 222–233. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V8i1.3061
Cahyaningtyas, T. I., Maruti, E. S., Rulviana, V., & Rahmawati, R. (N.D.). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Untuk Anak Tuna Grahita.
Deni, D. K., & Ferida, F. Y. (2023). Usability Testing Penggunaan Menu Kartu Hasil Studi Di Website Sistem Informasi Akademik Universitas Teknologi Yogyakarta. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(I), 41–52. Https://Doi.Org/10.55826/Tmit.V2ii.57
Harahap, E. F., Perangin-Angin, L. M., & Sitohang, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Spinning Wheel Of Question Pada T Ema 7 Subtema 2 Kelas V Di Min 1 Medan T.A. 2022/2023. 06(02).
Hikmarina, R., Sari, S., & Yanti, H. (N.D.). Inovasi Penjernihan Air Sebagai Solusi Ketersediaan Air Bersih Di Desa Pandan Sejahtera. 4.
Lubis, M. A., & Sukmawarti, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Peta Budaya Berbantu Aplikasi Storyline 3 Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sd. Indonesian Research Journal On Education, 3(2), 953–958. Https://Doi.Org/10.31004/Irje.V3i2.69
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis. 1(1).
Nabila, N., Tapilouw, M. C., & Sucahyo, S. (2023). Biology Learning Innovation In The Water Pollution Sub Material Based On Sustainable Development Goals (Sdgs) Using The Problem-Based Learning. Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(3), 297. Https://Doi.Org/10.20527/Bino.V5i3.16718
Nainggolan, A. A., Arbaningrum, R., Nadesya, A., Harliyanti, D. J., & Syaddad, M. A. (2019). Alat Pengolahan Air Baku Sederhana Dengan Sistem Filtrasi. Widyakala Journal, 6, 12. Https://Doi.Org/10.36262/Widyakala.V6i0.187
Nisa’, W. Z., & Fitrihidajati, H. (2024). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. 13(1).
Puspita, W., Karimah, A. F., Khairunnisa, R. A. S. A. H., Firdaus, M. I., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Komikids (Komik Islam Edukatif Digital Musik) Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3612–3623. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.2682
Putra, D. E., Hanifah, N., & Ismail, A. (2024). Pengembangan Media Bomb-Bomb Car Pada Materi Asean Kelas Vi Sd. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 507–515. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V9i2.884
Rahman, M. Y. A., Syaripudin, T., & Rakhmat, A. (2022). Permainan “Petualangan Di Ivalice” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Kelas Vi Sekolah Dasar. 7(1).
Sopian, S. B. P., Isrokatun, I., & Ismail, A. (2023). Development Of Android-Based Peta (Penjelajahan Matematika) Learning Media On Speed Learning Materials At A Fifth-Grade Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 277. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V12i2.9650
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa Pgsd: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana. 1(1).
Sunaengsih, C. (2023). Peningkatan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Pada Implementasi Kurikulum Merdeka. 8.
Widyasari, S. R., Martini, M., & Mahdiannur, M. A. (2023). Analisis Keterlaksanaan Dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Case Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2735–2741. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i4.1604
Copyright (c) 2024 Wina Puspita wina, Atep Sujana, Cucun Sunaengsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.