Pengembangan Video Animasi SIDARAH (Sistem Peredaran Darah Manusia) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik SD

  • Innaka Arina Haq Universitas Pendidikan Indonesia
  • Enjang Yusup Ali Universitas Pendidikan Indonesia
  • Atep Sujana Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: video animasi, penguasaan konsep, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah diberi media pembelajaran video animasi SIDARAH pada materi sistem peredaran darah manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dimana video animasi SIDARAH berisikan mengenai materi sistem peredaran darah manusia yang dikemas semenarik mungkin untuk peserta didik sekolah dasar agar dalam pembelajaran tidak mudah bosan dan dilengkapi pula dengan animasi, karakter pendukung serta pertanyaan pemantik. Model eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group dengan membandingkan hasil nilai pretest dan posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Video animasi SIDARAH telah dilakukan uji validasi oleh beberapa ahli, yakni ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Penilaian para ahli terhadap video animasi SIDARAH mendapatkan skor 94% dengan kategori sangat layak. Dari hasil N-gain pada kelas eksperimen didapati peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 62,3% yang mana mendapatkan kategori cukup efektif dibandingkan kelas kontrol dengan persentase peningkatan hanya 30,8% saja, yang mana mendapatkan kategori tidak efektif. Dapat disimpulkan bahwa video animasi SIDARAH sangat layak dan cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran materi sistem peredaran darah manusia khusunya pada kelas V.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abyan Rofiyadi, Yusuf, and Sri Lestari Handayani. 2021. “Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 6(2):54–60.

Achmad, Zainal Abidin, and dkk. 2021. “Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi COVID-19.” Journal Of Media and Communication Science 4(2):54–67.

Ali, Enjang Yusup. 2020. “Pengembangan Model Enterprise Architecture (EA) Dalam Manajemen Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Layanan Akademik Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada IAIC Tasikmalaya).” Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Alwasilah, Mentari Qorina. 2015. “Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di SD, SMP, Dan SMA.” Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Apriadi, Hardi. 2021. “Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 5(1):173. doi: 10.33603/jnpm.v5i1.3621.

Astafrina, Suci, Hadiyanto Hadiyanto, Nur Azmi Alwi, and Yanti Fitria. 2022. “Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5):8754–65. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3940.

Cahyani, Cucun. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Tehadap Minat Dan Hasil Belajar IPS Siswa.” Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Devega, Army Trilidia, Muhammad Giatman, Apriansyah Zulatama, and Muhammad Ropianto. 2022. “Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Android Pada Sekolah Dasar.” JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional) 8(1):117–27. doi: 10.24036/jtev.v8i1.115638.

Dina, Fitriana. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Interaktif Pada Peteri Sistem Peredaran Darah Manusia Di MI Raudlatul Ulum Ngijo Karang Ploso Malang.”

Firdaus, Danis Sholihah, and Mintohari. 2020. “Pengembangan Media Video Lagu Model Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD) 8(3):446–76.

Firizki, Cicin Solihati Fitria. 2023. “Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran IPAS Bagi Penguatan Profil Pembelajaran Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar.” Universitas Pendidikan Indonesia, Bangung.

Fitri, Agus Zaenul, and Nik Haryanti. 2020. METODELOGI PENELITIAN PENDIDIKAN : Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, Dan Research and Development. 1st ed. Malang: Madani Media.

Hapsari, Gita Permata Puspita, and Zulherman Zulherman. 2021. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Basicedu 5(4):2384–94. doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1237.

Hendra, and dkk. 2023. Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Husni, Padilatul. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Kota Jambi.” Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Imani, Alisha Trista. 2022. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Menumbuhkan Karakter Mandiri Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Bandung.

Istianah, and dkk. 2022. Modul Ajar Sistem Organ Peredaran Darah Manusia. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.

Jeriut, M. 2021. “Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi COVID-19.” Jurnal Literasi Pendidikan Dasar 2(2).

Johari, Andiana, Hasan Syamsuri, and Maman Rakhman. 2014. “Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal of Mechanical Engineering Education 1(1):8–15.

Juneli, Juni Artha, Atep Sujana, and J. Julia. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Penguasaan Konsep Peserta Didik SD Kelas V.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(4):1093–1102. doi: 10.33578/jpfkip.v11i4.9070.

Kuntari, Septi. 2023. “Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai 2:90–94. doi: 10.47435/sentikjar.v2i0.1826.

Laily, Rahmayanti. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo.”

Lenggogeni, Leni, and Siti Roqoyyah. 2021. “Penggunaan Media Video Animasi Berbantuan Scratch Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV.” Journal of Elementary Educationlementary Education 4(2):249–56.

Lestari, Siska Meilani. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan ISPRING SUITE 10 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS.” Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang.

Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. 9th ed. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.

Maydiantoro, Albert. 2021. “Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development).” Reposiroty Unila.

Melati, Eka, and dkk. 2023. “Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” Journal on Education 6(1):732–41.

Ningrum, Kartika Dwi, Erry Utomo, Arita Marini, and Bramianto Setiawan. 2022. “Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(1):1297–1310. doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2289.

Nurhamidah, Siti Deti. 2023. “Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa.” universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Nurhamidah, Siti Deti, Atep Sujana, and Dety Amelia Karlina. 2022. “Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(4).

Nursabrina, Dhita Fuspita. 2022. “Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran IPA Materi Alat Pernapasan Manusia Dan Hewan Serta Fungsinya Dan Cara Memelihara Kesehatan Alat Pernapasan Manusia Di Kelas V MI Nurul Huda Baleendah.”

Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, and M. Budiantara. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya.

Nuryasih. 2022. “Pengembangan Media Video Animasi Untuk Pembelajaran IPS Pada Topik Kegiatan Ekonomi Kelas 4 Sekolah Dasar.” Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Oktaviani, Restu, Ratna Yulinda, and Ellyna Hafizah. 2023. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 5 BANJARMASIN.” Eduproxima: Jurnal Pendidikan IPA 5(2):133–40.

Pujiriyanto. 2013. Teknologi Untuk Pengembangan Media & Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Purwitasari, Efryl Nurliani. 2022. “Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya.” Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Putri, Anisa, Hasrian Rudi Setiawan, and Rizka Harfiani. 2023. “Implementasi Video Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tarigh Di Satit Phatnawitya Thailand.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7:2323–28.

Putri, Candra Avista, and dkk. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Website Nilai-Nilai Islam.” Elementery (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar)) 9(2):66–79.

Raharjo, Sahid. 2019. “Cara Uji N Gain Score Data Kelas Eksperimen Dan Kontrol Dengan SPSS.” Youtube.

Safitri, Intan Ghaida, Atep Sujana, and Ani Nur Aeni. 2023. “Pengembangan BARCODI (Barcode Comic Digitasl) Berorientasi Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Fotosintesis.” Lectura: Jurnal Pendidikan 14(1):111–25.

Samsu. 2017. METODE PENELITIAN: Teori Dan Aplikasi Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development. 1st ed. edited by Rusmini. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sari, Dwi Nur Indah. 2021. “Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tingkat SD/MI.” UIN Raden Intang Lampung, Lampung.

Sari, Dwina Permata. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Media Video Animasi.” SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA 1(1).

Sari, Fitri Ratna. 2018. “Penerapan Pembelajaran Example Non Example Berbantu Video Animasi Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.” Garuda Kemdikbud.

Sari, Hanny Rahma, and Ika Yatri. 2023. “Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar.” Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 2(3):159–66. doi: 10.56916/ejip.v2i3.381.

Sofnidar, Sofnidar, Vivi Anggraini, and Khairul Anwar. 2023. “Pengembangan Video Animasi Pada Blended Learning Dengan Model Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konspe Siswa.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 12(4):3670. doi: 10.24127/ajpm.v12i4.7715.

Subagiarta, Wayan, I. Gede Partha Sindu, and Dewa Gede Hendra Divayana. 2022. “SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA KELAS VIII DI SMP.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) 11.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 19th ed. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2015. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. 3rd ed. edited by A. Nuryanto. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). 2nd ed. Bandung: ALFABETA.

Sujana, Atep, and Asep Kurniawan Jayadinata. 2018. Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Sujarweni. 2019. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supardi. 2014. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Susanti, Yulvani. 2021. “Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar.” Universitas Pendidikan Indoneisa, Bandung.

Syafira, Herlisa. 2021. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI STOP MOTION PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP NEGERI ALI HASJMY KABUPATEN ACEH BESAR.” UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Titin, and Ega Safitri. 2021. “Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Video Animasi Powtoon.” Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 1(2):74–80. doi: 10.53621/jippmas.v1i2.12.

Ulya, Rofi’ Mauidhotul, and Laily Rosdiana. 2020. “Keefektifan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Lapisan Bumi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.” Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains 8(1).

UU RI no.18 Thn 2002. 2002. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 Tanggal 29 Juli 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.”

Wahyuni, Cici, Ali Sudin, and Atep Sujana. 2020. “Nilai Integritas Dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Radec Berbasis Grup Whatsapp Pada Materi Siklus Air.” Jurnal Pena Ilmiah 3(2).

Widyahabsari, Diantika, Kukuh Andri Aka, and Wahid Ibnu Zaman. 2023. “Media Video Animasi Materi Bangun Ruang.” Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-6 587–94. Retrieved March 31, 2024 (https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/download/3856/2702).

Zahro, Sarir Rotuz. 2022. “Pemanfaatan Video Animasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran SKI Di MI Miftahiyah Purwodadi Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023.” IAIN Kediri, Kediri.

Published
28-04-2024
How to Cite
Haq, I. A., Enjang Yusup Ali, & Atep Sujana. (2024). Pengembangan Video Animasi SIDARAH (Sistem Peredaran Darah Manusia) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik SD. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1499-1514. https://doi.org/10.58230/27454312.704