Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik

  • Munir Yusuf IAIN Palopo
Keywords: Pendidikan, Pedagogik

Abstract

Konsep Islam tentang pendidikan, menempatkan pendidikan pada strata tertinggi kebutuhan manusia. Karena itu, Kebutuhan manusia terhadap pendidikan merupakan kebutuhan yang bersifat asasi dan mendasar. Tanpa pendidikan, kehidupan manusia menjadi tidak bermakna. Melalui potensi dasar berupa fitrah, manusia mengembangkan diri dan mewujudkan kehidupan yang beradab. Potensi Fitrah hanya dimiliki oleh manusia, dan tidak dimiliki oleh makhluk lain. Allah swt. menciptakan manusia dengan mmelengkapi kejadiannya dengan alat-alat penting berupa pendengaran, penglihatan, dan hati nurani. Melalui pendengaran, penglihatan, dan hati nurani manusia mengembangkan potensi fitrah yang dimilikinya dalam suatu proses pendidikan. Itulah alasan mengapa manusia membutuhkan pendidikan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Al-Qur’an al-Karim

Abdu al- Baqi,Muhammad Fuad. Al-Lu’lu wal Marjan Fima Ittafaqa Alaihi Asy-Syaikhani Al-Bukhary wa Muslim, Diterjemahkan oleh Arief Rahman hakim dengan judul “Kumpulan Hadist Shahih Bukhary Muslim, (Solo: Insan Kamil Solo, 2012)

Baki, Nasir A, Arah Studi Keislaman di Indonesia, Makalah disampaikan pada Pembukaan Kuliah Umum Pascasarjana STAIN Panagkaraya Kalimantan Tengah, pada Medio Oktober 2014.

Bieter, Klaus Dieter. The Protection of The Right to Education by International Law, (Leiden: Koninlijke Brill, 2006)

Brubacher, John S. Modern Philosophies of Education, 4th edition (New Delhi, Tata Mc Grow Hill Publishing Company Ltd., 1981)

Danim, Sudarwan. Pengantar Kependidikan : Landasan, Teori dan 234 Metafora Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2010)

Departemen Agama RI., Syamil al-Qur’an: Al-Qur’an Terjemah Perkata, (Jakarta: Yayasan Penyeleanggara/Penafsir al-Qur’an, 2007)

Ihsan, Fuad. Dasar-dasar Kependidikan. Cet. I, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997)

Jumransyah dan Abdul Malik KA., Pendidikan Islam, Menggali “tradisi” Mengukuhkan Eksistensi,cet.1, (Malang: UIN-Malang Press, 2007)

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum, hingga Strategi pembelajaran, Ed.1, (Jakarta: Rajawali Press, 2009)

Qomar,Mujamil. Epistemologi Pendidikan Islam, Dari Metodologi Rasional, hingga Metode Kritik, (Jakarta: Erlangga, 2006)

Roqib, Muh. Ilmu Pendidikan Islam, Cet.1. (Yogyakarta: LKiS, 2009)

Suprayogo,Imam. Pendidikan Berparadigma al-Qur’an: Pergulatan Membangun Tradisi dan Aksi Pendidikan Islam, (Malang: UIN Malang Press, 2004)

Shihab, Quraish. Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu’I atas Pelbagai Persoalan Umat, Cet. III, (Jakarta: Mizan, 1996)

Sekretariat Negara RI., Undang-undang RI. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, cet. Ke II, (Jakarta: Visimedia, 2007).

Taneja,V.R. Socio-Philosophical Approach to Education, (New Delhi: Atlantic Publisher, 2005)

Yasin,Fatah. Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, (Yogyakarta: UIN Malang Press, 2008)

Published
03-02-2020
How to Cite
Yusuf, M. (2020). Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 9-16. https://doi.org/10.58230/27454312.63