Implementation of Khidmah Program in Improving the Performance of Khidmah Teachers at Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum Dukuh Mencek Jember
Abstract
Khidmah is a feasibility test for all that has been experienced by santri. The pesantren attempts to place its vision and work within the framework of social khidmah, which initially emphasises the formation of religious values and then develops into more integrated and systematic development pilots. This research uses qualitative methods. The data collection techniques and procedures used in this research are observation, interview and documentation. Researchers used descriptive analysis by describing the tracking process and explaining the results of the data obtained. The data that has been collected is then analysed in accordance with the research, the next stage is concluded with language that is easy to understand and understand. The data obtained is then analysed descriptively to obtain the final conclusion.
Metrics
References
Abdillah, Aufa, The Khidmah Tradition of Santri Towards Kyai (The Review of ‘Urf & Psychology), Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5 Issue 1, 2022. pp. 278-292 EISSN: 2614-8013
Abdillah, Aufa, The Khidmah Tradition of Santri Towards Kyai (The Review of ‘Urf & Psychology), Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5 Issue 1, 2022. pp. 278-292 E-ISSN: 2614-8013
Ali, M. (2017). Kebijakan pendidikan menengah dalam perspektif governance di indonesia. Universitas Brawijaya Press.
Ansor, A. S. (2017). Manajemen Pendidikan Islam Tentang Kepemimpinan Kiai Di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Cipondoh Tangerang. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(06).
Departemen Pendidikan Nasional. KBBI Edisi Ketiga. (Jakarta: Balai Pustaka, 2018).
Engku, I., & Zubaidah, S. (2014). Sejarah Pendidikan Islami. PT Remaja Rosdakarya.
Fithriah Yasid, A. Paradigma baru pesantren. IRCiSoD.
Ismail, P. S. (2011). JokoSubagyo, metode Penelitian Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.Zunaih, A. I. (2017). Strategi Kepemimpinan Kiai Abdul Ghofur Dalam Pengembangan Pondok Pesantren Sunan Drajat. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 10(2), 1-18.
Mukhayatun, M. (2021). Manajemen Pendidikan Pesantren Tahfiz Al-Hikmah 2 Benda Brebes (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia)).
Nata, H. A. (2020). Pendidikan Islan Di Era Milenial. Prenada Media.
Salim, S., & Makhshun, T. (2018). Manajemen Pesantren Mahasiswa. AL-Fikri| Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1, 61.
Samsudin, 2018 Manajemen Pesantren Mahasiswa, Jurnal Al-Fikri, Vol 1, No 2
Sarosa, S. (2012). Penelitian kualitatif dasar-dasar. Jakarta: Indeks.
Sugiono,(2013). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif,Bandung: Alfabeta.
Yasid, Abu. Paradigma Pesantren Menuju Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: Ircisod. 2018
Copyright (c) 2024 Ahmad Shodiq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.