Peran Pelatihan dan Kelompok Kerja Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru SD di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pelatihan kelompok kerja guru dalam meningatkan profesionalisme guru sekolah dasar di Kecamatan Masamba. Penelitian ini menggunakan merupakan penelitian lapangan (field research), yang menggunakan instrument observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil data penelitain dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan KKG gugus I Masamba Kecamatan Masamba dilakukan dalam empat tahap yakni tahap analisis kebutuhan, penetapan tujuan, pelaksanaan kegiatan pelatihan dan evaluasi pelaksanaan pelatihan. Adapun tahapan pelaksana KKG yakni dengan pembentukan pengurus KKG, pembentukan panitia pelaksana kegiatan, pelaksanaan rapat koordinasi antar sekolah yang tergabung dalam gugus, penetapan jadwal kegiatan. Materi pelatihan lebih menitik beratkan pada pengembangan keterampilan guru dalam membuat dokumen pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan keterampilan guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Pelatihan menggunaakan pendekatan andragogi dengan berbagi metode yang bersifat komunikatif dan partisipatif. Evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam dua cara yakni dengan penilaian formatif dan penilaian sumatif.
Metrics
References
Dacholfany, M. I. (2017). Inisiasi Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Islami di Indonesia dalam Menghadapi Era Globalisasi. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01), Article 01. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.330
Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Djaelani, A. R., Pratikto, H. H., & Setiawan, T. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 dan Permasalahannya (Studi Kasus Di Smk Ganesa Kabupaten Demak) | PAWIYATAN. 26(01), 1–9. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/pawiyatan/article/view/800
Fitriani, C., Ar, M., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), Article 2. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/8246
Hilal, M. (2015). Administrasi Pendidikan (Menuju Sekolah Efektif). Aksara Timur. https://books.google.co.id/books?id=JoeIDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=administrasi+pendidikan+kuliah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjb9JOX-oLrAhUSXnwKHczACN4Q6AEwAHoECAAQAg#v=onepage&q=administrasi%20pendidikan%20kuliah&f=false
Hisbullah, H. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 9–24.
Judiani, S. (2011). Kreativitas dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 56–69. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.7
Kandou, E. E. (2013). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Pada PT. Air Manado). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3), Article 3. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/2435
Machali, I., & Hidayat, A. (2018). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia Edisi 2. Prenada Media.
Meidi, M. (2019). Pengelolaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kota Palembang [Diploma, UIN Raden Fatah Palembang]. http://repository.radenfatah.ac.id/5444/
Muhson, A. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165-177. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373
Murwati, H. (2012). Pengaruh sertifikasi profesi guru terhadap motivasi kerja dan kinerja guru di smk negeri se-Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/30578/Pengaruh-sertifikasi-profesi-guru-terhadap-motivasi-kerja-dan-kinerja-guru-di-smk-negeri-se-Surakarta
Najri, P. (2020). MGMP dalam Meningkatkan Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 130–144.
Rahim, R. (2012). Implementasi Profesionalisme Dosen Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran di Universitas Andi Djemma Palopo [Masters, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5887/
Ratnasari, M. D., & Sunuharyo, B. S. (2018). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan melalui Variabel Mediator Kemampuan Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT Petrokimia Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 200-209–209.
Safitri, E. (2013). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(4), Article 4. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/6262
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Shalihah, Z., Dantes, P. N., & Lasmawan, M. P. P. I. W. (2013). Studi Evaluatif Efektivitas Kelompok Kerja Guru (Kkg) Pkn Dalam Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan )Ktsp) Di Gugus Sd/mi Se-kecamatan Selong [Journal:eArticle, Ganesha University of Education]. In Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha (Vol. 3, Issue 1, p. 121598). https://www.neliti.com/publications/121598/studi-evaluatif-efektivitas-kelompok-kerja-guru-kkg-pkn-dalam-pelaksanaan-kuriku
Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum di Sekolah. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/9a7yr
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.