Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo

  • Fatmawati Fatmawati Program Pascasarjana IAIN Palopo
  • Hasbi Hasbi Program Pascasarjana IAIN Palopo
  • Nurdin K. Program Pascasarjana IAIN Palopo
Keywords: Dampak, Implementasi, Manajemen MGMP, Profesionalitas Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripisikan dan menguraikan dampak implementasi manajemen MGMP  terhadap profesionalitas guru IPS SMP Negeri  di Palopo. Jenis penelitian  ini menggunakan  pendekatan  deskriptif kualitatif yang menggambarkan   data  sesuai  yang  terjadi  dilapangan.  Sumber  data dalam  penelitian  ini yakni  data primer    yaitu  ketua MGMP, Kasi PTK, Korwas, Sekertaris MGMP, 3 orang guru mata pelajaran dan staf tata usaha. Data sekunder berupa dokumen dokumen MGMP dan dokumen RPP dan silabus   guru   JPS.   Teknik   yang   digunakan   dalam   pengumpulan    data   dengan menggunakan  observasi,  wawancara dan dokumentasi.  Analisis  data yang digunakan adalah pengumpulan  data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian  ini menunjukkan bahwa: Dampak  Implementasi Manajemen MGMP  terhadap  Profesinalitas Guru SMP Negeri  di Palopo  Hambatan; Guru peserta MGMP kurang disiplin, prosesi MGMP belum pemah melibatkan pakar atau ahli sebagai nara sumber, dan jangkauan  kegiatan MGMP belum didukung dana sepenuhnya. Solusi; pengurus MGMP perlu melakukan konsolidasi kepada MK.KS sehingga terjadi peran yang berimbang dalam membuka kesadaran bagi guru JPS mengikuti  MGMP,  melakukan  kerjasama  baik secara lembaga maupun  individu ahli pakar di bidangnya, dan melakukan usaha-usaha  penggalangan dana.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian, Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta

Asep Jihad Suyanto. (2013) Menjadi Guru Profesional , Strategi Meningkatkan

Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Esensi. Divisi Erlangga

Asrin. (2020). Wawancara Korwas Disdik Kota Palopo [Personal communication]

Basri. (2020). Wawancara Ketua MGMP IPS Kota Palopo [Personal communication]

B.Uno Hamzah. (2008). Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan

di Indonesia .Ed.1.Cet.3; Jakarta : Bumi Aksara

Darwanti. (2008) Peran MGMP Terhadap Peningkatan Kompetensi. Jakarta: PT Grasindo

Dirtjen Pendidikan Islam. (2007) Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI

Tentang Pendidikan Bab IV tentang Guru Pasal 10 I. Jakarta: Departemen Agama.

Emsir (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta : PT.Raja Grafindo

Persada

Ermana Aep (2008) Pengaruh Kinerja MGMP Terhadap Profesionalitas Guru Pada

Tingkat SMP di Sanggar 032 Jagakarsa Jakarta Selatan, Tesis Yogyakarta, PPs UIN

Sunan Kalijaga

Haekal Husain Muhammad, (2013) Sejarah Hidup Muhammad. Jakarta : PT. Mitra Kerjaya

Indonesia

Haerati. (2020). Wawancara Guru SMP Negeri 8 Palopo [Personal communication]

Hamalik Oemar (2016) Manajemen Pelatihan Dan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu,

Jakarta: PT. Bumi Aksara

Handoko T. Hani, (2003). Manajemen. edisi.2,Cet.2; Yogyakarta.

Hasibuan Melayu (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet. II; Jakarta : Gunung

Agung

Kementrian Agama RI (2013). Al-Qur’An dan Terjemahnya, Jakarta: Alfatih

Kemdiknas (2008), Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah

Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta, PMPTK.

Lorince Ringgi. (2020). Wawancara Guru IPS SMPN 5 Palopo [Personal communication]

Mahfulla Dahri. (2020). Wawancara Kasi PTK SMP Dinas Pendidikan Palopo [Personal

communication]

Melayu Hasibuan, (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet II; Jakarta: Gunung

Agung

Musfah Jejen, (2011). Peningkatan Kompetensi Guru, Jakarta: Kencana Prenada

Media Group

Moleong Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya, 2008)

Morrisey George L. (2002) Pedoman Perencanaan Taktis. Jakarta: Prenhallindo.

Nasution. (2006) Metode Reseach. Jakarta: Bumi Aksara

Neng Winarni. (2020). Wawancara Guru SMP Negeri 5 Palopo [Personal communication]

N.K Roestiyah, Masalah-masalah Ilmu Keguruan (Cet.V;Jakarta ; PT.Bina aksara,2017)

Pujileksono Sugeng. (2015) Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Instrans

Publising

Risna. (2020). Wawancara Sekertaris MGMP IPS SMP Kota Palopo [Personal communication]

Rohmat. (2012). Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Cipta Media Aksara

Room Muh. (2006). Implementasi Nilai-nilai Tasawuf Dalam Pendidikan

Islam Cet.; Makassar: UIN Alauddin Press

Sagala Syaiful. (2009) Kemampuan Profesional guru dan tenaga Pendidik, Bandung: Alfa

Beta

Sanjaya Wina. (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan

Jakarta : Kencana

Suarti. (2020). Wawancara guru SMP Negeri 3 Palopo [Personal communication]

Suryabrata Sumadi. (2015) Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta

Suprayogo Imam. (2001) Metodologi Penelitian Sosial Agama Cet I; Bandung: Remaja

Rosdakarya

Tanzeh Ahmad. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras

Titik Sulistiawati. (2020). Wawancara guru SMP 8 Palopo [Personal communication]

Widodo Trisno. (2005) Memberdayakan MGMP. Cet.I. Yogyakarta: Bigraf Publishing

Wijaya Cece. (2013). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Remaja Rosda Karya

Zamroni. (2009). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Published
17-08-2020
How to Cite
Fatmawati, F., Hasbi, H., & K., N. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383. https://doi.org/10.58230/27454312.53