Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripisikan dan menguraikan dampak implementasi manajemen MGMP terhadap profesionalitas guru IPS SMP Negeri di Palopo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan data sesuai yang terjadi dilapangan. Sumber data dalam penelitian ini yakni data primer yaitu ketua MGMP, Kasi PTK, Korwas, Sekertaris MGMP, 3 orang guru mata pelajaran dan staf tata usaha. Data sekunder berupa dokumen dokumen MGMP dan dokumen RPP dan silabus guru JPS. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Dampak Implementasi Manajemen MGMP terhadap Profesinalitas Guru SMP Negeri di Palopo Hambatan; Guru peserta MGMP kurang disiplin, prosesi MGMP belum pemah melibatkan pakar atau ahli sebagai nara sumber, dan jangkauan kegiatan MGMP belum didukung dana sepenuhnya. Solusi; pengurus MGMP perlu melakukan konsolidasi kepada MK.KS sehingga terjadi peran yang berimbang dalam membuka kesadaran bagi guru JPS mengikuti MGMP, melakukan kerjasama baik secara lembaga maupun individu ahli pakar di bidangnya, dan melakukan usaha-usaha penggalangan dana.
Metrics
References
Arikunto Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian, Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta
Asep Jihad Suyanto. (2013) Menjadi Guru Profesional , Strategi Meningkatkan
Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Esensi. Divisi Erlangga
Asrin. (2020). Wawancara Korwas Disdik Kota Palopo [Personal communication]
Basri. (2020). Wawancara Ketua MGMP IPS Kota Palopo [Personal communication]
B.Uno Hamzah. (2008). Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan
di Indonesia .Ed.1.Cet.3; Jakarta : Bumi Aksara
Darwanti. (2008) Peran MGMP Terhadap Peningkatan Kompetensi. Jakarta: PT Grasindo
Dirtjen Pendidikan Islam. (2007) Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI
Tentang Pendidikan Bab IV tentang Guru Pasal 10 I. Jakarta: Departemen Agama.
Emsir (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta : PT.Raja Grafindo
Persada
Ermana Aep (2008) Pengaruh Kinerja MGMP Terhadap Profesionalitas Guru Pada
Tingkat SMP di Sanggar 032 Jagakarsa Jakarta Selatan, Tesis Yogyakarta, PPs UIN
Sunan Kalijaga
Haekal Husain Muhammad, (2013) Sejarah Hidup Muhammad. Jakarta : PT. Mitra Kerjaya
Indonesia
Haerati. (2020). Wawancara Guru SMP Negeri 8 Palopo [Personal communication]
Hamalik Oemar (2016) Manajemen Pelatihan Dan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu,
Jakarta: PT. Bumi Aksara
Handoko T. Hani, (2003). Manajemen. edisi.2,Cet.2; Yogyakarta.
Hasibuan Melayu (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet. II; Jakarta : Gunung
Agung
Kementrian Agama RI (2013). Al-Qur’An dan Terjemahnya, Jakarta: Alfatih
Kemdiknas (2008), Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah
Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta, PMPTK.
Lorince Ringgi. (2020). Wawancara Guru IPS SMPN 5 Palopo [Personal communication]
Mahfulla Dahri. (2020). Wawancara Kasi PTK SMP Dinas Pendidikan Palopo [Personal
communication]
Melayu Hasibuan, (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet II; Jakarta: Gunung
Agung
Musfah Jejen, (2011). Peningkatan Kompetensi Guru, Jakarta: Kencana Prenada
Media Group
Moleong Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya, 2008)
Morrisey George L. (2002) Pedoman Perencanaan Taktis. Jakarta: Prenhallindo.
Nasution. (2006) Metode Reseach. Jakarta: Bumi Aksara
Neng Winarni. (2020). Wawancara Guru SMP Negeri 5 Palopo [Personal communication]
N.K Roestiyah, Masalah-masalah Ilmu Keguruan (Cet.V;Jakarta ; PT.Bina aksara,2017)
Pujileksono Sugeng. (2015) Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Instrans
Publising
Risna. (2020). Wawancara Sekertaris MGMP IPS SMP Kota Palopo [Personal communication]
Rohmat. (2012). Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Cipta Media Aksara
Room Muh. (2006). Implementasi Nilai-nilai Tasawuf Dalam Pendidikan
Islam Cet.; Makassar: UIN Alauddin Press
Sagala Syaiful. (2009) Kemampuan Profesional guru dan tenaga Pendidik, Bandung: Alfa
Beta
Sanjaya Wina. (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan
Jakarta : Kencana
Suarti. (2020). Wawancara guru SMP Negeri 3 Palopo [Personal communication]
Suryabrata Sumadi. (2015) Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta
Suprayogo Imam. (2001) Metodologi Penelitian Sosial Agama Cet I; Bandung: Remaja
Rosdakarya
Tanzeh Ahmad. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras
Titik Sulistiawati. (2020). Wawancara guru SMP 8 Palopo [Personal communication]
Widodo Trisno. (2005) Memberdayakan MGMP. Cet.I. Yogyakarta: Bigraf Publishing
Wijaya Cece. (2013). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Remaja Rosda Karya
Zamroni. (2009). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.