Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar melalui Gelar Karya: Gaya Hidup Berkelanjutan

  • Violita Clorasanas Tyaputri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ratnasari Diah Utami Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Gaya Hidup Berkelanjutan, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Permasalahan masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan saat ini adalah rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, dimana hanya menekankan pada pengetahuan dan mengesampingkan nilai-nilai karakter. Sehingga perlu adanya perubahan, dimana siswa harus ditanamkan Pendidikan karakter dalam diri mereka, yaitu melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) yang disajikan secara terpisah dari intrakurikuler. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan dan upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila (P3) serta hambatannya melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri Sondakan dengan tema Gelar Karya: Gaya Hidup Berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lalu untuk uji keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan crosscheck data. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Sondakan pada bulan Oktober-Novembar 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan P5 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan dapat dilaksanakan secara optimal. Siswa saling bekerja sama dalam merawat tanaman sampai membuat produk dari hasil kegiatan P5. Kegiatan Gelar Karya: Gaya Hidup Berkelanjutan tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa akan tetapi juga menumbuhkan sikap karakter Profil Pelajar Pancasila. Pelaksanaan P5 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan ini mengajarkan siswa tentang pengetahuan dan ketrampilan mengenai sayuran dan proses pertumbuhan tanaman. Untuk hambatan selama kegiatan P5 dapat dilihat dari beberapa siswa yang perlu perhatian lebih dari guru agar siswa tersebut dapat mengikuti kegiatan P5 dengan baik. Misalnya: saat berdoa sebelum kegiatan P5 ada siswa yang rame, sehingga harus di tegur oleh guru.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alfi, C., Fatih, M., Rofiah, S., Muqtafa, A., Khomaria, A., Restiani, U., Azizah, K. S., Diyani Aswitama, L., Allatif, N., Susanti, Y., & Umah, N. B. (2023). Penguatan karakter gotong royong profil pelajar pancasila melalui service learning di Tpq Mambaul Huda Kedawung Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.28926/jppnu.v5i1.201

Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi supervisi klinis dalam penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990

Asdiniah, E. N. A., Nurul, S. F., & Rustini, T. (2022). Penerapan pendidikan parakter melalui pembelajaran keanekaragaman budaya pada siswa sekolah dasar kelas 6 sd Labschool UPI Cibiru (Vol. 4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9990

Dewi, N. K. N. S., & Putri, N. K. H. R. (2022). Pembelajaran bahasa sebagai penguatan profil pelajar pancasila berkebhiekaan global. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/2312

Dewi Suwarno Putri, Y., Khaerunisah, A., Astuti, D., Alfiani, T., Fakhiroh, Z., & Ayunda Febrianti, A. (2023). Implementation of the pancasila student profile strengthening project (p5) in elementary school. Journal of Education and Teacher Training Innovation, 1, 11–23. https://doi.org/https://doi.org/10.61227/jetti.v1i1.3

Diah Ayu Saraswati, Diva Novi Sandrian, Indah Nazulfah, Nurmanita Tanzil Abida, Nurul Azmina, Riza Indriyani, & Septionita Suryaningsih. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578

Fajriansyah, I., Syafi’i, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila terhadap sikap mandiri siswa. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1612

Febriani, A., Azizah, Y., & Setiawati, M. (2022). Analisis perubahan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar peserta didik kelas X Di MAN 1 Solok (Vol. 1, Issue 4). https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp

Ginting, R. B., Hartutik, & Asnadi, P. (2023). Peningkatan hasil belajar PAK dengan model problem based learning materi terlibat dalam hidup menggereja fase C kelas V SD Santo Antonius Bangun Mulia Medan. 4(2), 1243–1257. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v4i2

Immaculata, M., Saraswati, N. P., & Anityasari, M. (n.d.). Analisis gaya hidup berkelanjutan (sustainable lifestyle) siswa-siswi sma di surabaya dan upaya perbaikannya. https://doi.org/10.12962/j23373539.v1i1.1976

Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul : Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Irene Agustin. (2023). Penerapaan model problem based and learning dalam meningkatkan hasil belajar dan sikap gotong royong berbantuan media audio visual. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN AGAMA, 4(2), 761–774. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v4i2.1331

Jayanti, I. T., Cahyo, A. N., Setyaningsih, E., Purnomo, E., Winarti, A., & Mawardi, M. (2022). Penguatan pendidikan karakter religius di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Yaqin Desa Jagoan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19184

Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan dimensi bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. 11(2). https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7100

Komala, C., Nurjannah, N., & Juanda. (2023). Implementasi profil pelajar pancasila tema “gaya hidup berkelanjutan” kelas x sman 2 sumbawa besar. In Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (Vol. 3, Issue 1). https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/385

Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi permasalahan pendidikan di indonesia untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme guru. https://researchgate.net/profile/Riza-Kurniawan/publication/317184069_IDENTIFIKASI_PERMASALAHAN_PENDIDIKAN_DI_INDONESIA_UNTUK_MENINGKATKAN_MUTU_DAN_PROFESIONALISME_GURU/links/592bb67f0f7e9b9979a97810/IDENTIFIKASI-PERMASALAHAN-PENDIDIKAN-DI-INDONESIA-UNTUK-MENINGKATKAN-MUTU-DAN-PROFESIONALISME-GURU.pdf

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Lustiyati, E. D., Pascawati, N. A., Rusyani, Y. Y., Untari, J., Melliani, A. P., & Yanuardo, A. C. (2023). Pemberdayaan peran mahasiswa menanggapi perubahan iklim melalui gaya hidup berkelanjutan (sustainable lifestyle) peduli lingkungan. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 41–50. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.100

Maulida, U., & Tampati, R. (2023). Gaya hidup berkelanjutan melalui projek penguatan profil pelajar pancasila. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.453

Mavela, M., Pringga Satria, A., Sujadi No, M., Kedungwaru, K., & Jawa Timur, K. (2023). Nilai karakter kreatif peserta didik dalam p5 pada peserta didik kelas IV tema kewirausahaan Sdn 2 Pandean (Vol. 2, Issue 3). https://doi.org/https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss3.776

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Muchtar, D. A., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Muhibbin, A., Prasetiyo, W. H., Saputra, R. C., Sari, W. N., Fatmawati, Y. I., Pramudika, R. G., Nashiroh, A. L., Hariyanti, H., Sawitri, N. W., Saputri, A. I., Yunarta, F., & Sholihah, H. I. (2020). Penguatan generasi cerdas, kreatif, dan berkarakter bagi siswa, guru, dan tendik Mim Janti Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10487

Nasucha, Y., Sutopo, A., Indri Astuti, T., & Mrihatini, A. (2021). Penguatan generasi cerdas dan berkarakter bagi masyarakat Tangen, Sragen. 3(1). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14668

Novitaningrum, I., Ngatmini, & Susilowati. (n.d.). Implementasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran menganalisis teks prosedur pada peserta didik kelas VII Smp Negeri 6 Semarang. Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1), 2023. Retrieved December 9, 2023, from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/44569

Nur, F., & Kurniawati, A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. In AoEJ: Academy of Education Journal (Vol. 13, Issue 1). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2256103&val=15439&title=MENINJAU%20PERMASALAHAN%20RENDAHNYA%20KUALITAS%20PENDIDIKAN%20DI%20INDONESIA%20DAN%20SOLUSI

Nurjanah, K., & Saadah, H. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema suara demokrasi di smk setia karya (Vol. 4). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27274

Nurul Makrifah, A., Harsiatib, T., & Mashfufahb, A. (2023). Penerapan assessment for learning dalam projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) tema gaya hidup berkelanjutan di kelas 1 sd. In Jurnal Riset Ilmiah (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.380

Okpatrioka, Sari, B. giri M., & Zhafirah, N. (n.d.). Inovasi penanaman karakter gotong royong berbasis penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada jenjang sekolah dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1379

Oktavia, S., & Harmanto. (2023). Penguatan karakter kreatif melalui projek penguatan profil pelajar pancasila pada tema kewirausahaan di kelas Xi Sman 1 Krian. 2. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/civilia.v2i3.701

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh proyek profil pelajar pancasila terhadap karakter bernalar kritis peserta didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 614–622. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4718

Robi, M., Khabibah, T., & Pendidikan IPS, M. (2023). Implementasi pendidikan karakter mandiri dalam P5 gaya hidup berkelanjutan di kelas X SMA Negeri 1 Parung. 2(2), 30–34. https://doi.org/10.5281/zenodo.8190430

Ruwaida, I. M., Hambali, M., & Rizal, M. S. (n.d.). Implementasi pendidikan karakter dalam program projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) kearifan lokal batik malangan di Sman 1 Malang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i2.2838

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Dimensi, elemen, dan subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf

Shofia Rohmah, N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi penguatan profil pelajar pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124

Susanti, A., Darmansyah, A., Tyas, D. N., Hidayat, R., Syahputri, D. O., Wulandari, S., & Rahmasari, A. (2023). The Implementation of Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students in the Independent Curriculum for Elementary School Students. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 113. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ijeca.v6i2.15474

Syaripudin, Witarsa, R., & Masrul. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka pada guru-guru sekolah dasar negeri 6 selatpanjang selatan. In Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.142

Trisna, W. (2021). 6 profil pelajar pancasila yang dirumuskan kemendikbud, ini lengkapnya. DetikEdu. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5635708/6-profil-pelajar-pancasila-yang-dirumuskan-kemendikbud-ini-lengkapnya

Ulandari, S., & Dwi Rapita, D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Utari, D., & Afendi, A. R. (2022). Implementation of pancasila student profile in elementary school education with project-based learning approach. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(4), 456–464. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1280

Waman, Y., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa siswa sekolah dasar melalui pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.83

Published
14-05-2024
How to Cite
Tyaputri, V. C., & Ratnasari Diah Utami. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar melalui Gelar Karya: Gaya Hidup Berkelanjutan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2283-2296. https://doi.org/10.58230/27454312.601