Implementasi Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI dalam Mengaktualisasikan Akhlak Mulia Peserta Didik

  • Fatmawati Fatmawati Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone
Keywords: Implementasi, Kepemimpinan, Akhlak Mulia

Abstract

Praktik pendidikan harus  mampu menerobos dimensi  kehidupan peserta didik secara integral, tidak hanya menitikberatkan pada kecerdasan intelektual (penguasaan teori), karena pendidikan tidak terbatas pada masalah pentransferan ilmu, akan tetapi mampu mnghidupkan ruh spiritual ajaran Islam sebagai acuan dalam berperilaku. Guru adalah figur pemimpin yang memiliki kekuasaan untuk membentuk dan membangun kultur akhlak mulia, dengan menanamkan nilai-nilai fundamen akhlak mulia disamping mencerdaskan peserta didik. Oleh karena itu, guru diwajibkan memiliki kemampuan dasar, keahlian,  keterampilan dan dituntut untuk senantiasa melakukan berbagai pengembangan dan penyesuaian penguasaan kompetensi yang ditetapkan atau dipersyaratkan dalam Undang-Undang.Tulisan ini sebagai upaya mengkaji persoalan pentingnya pendidikan akhlak mulia bagi peserta didik, yang mengungkap langkah pengembangan kompetensi guru PAI, implementasi kompetensi kepemimpinan guru PAI serta kendala dan upaya  dalam mengoptimalkan peran guru PAI dalam mengaktualisasikan akhlak mulia peserta didik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

An-Nahlawi, Abdurrahman. (1996). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press

Danim, Sudarwan. (2010) Karya Tulis Inovatif Sebuah Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fatih Syuhud, A. (2011).Pendidikan Islam: Cara Mendidik Anak Saleh, Smart dan Pekerja Keras. Cet. I; Malang: Pustaka Al-Khoirot

Hawi, Akmal.(2014) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Cet. II; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

J. Moleong, Lexy. (1995) Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. VII; Bandung: Rosdakarya

Kementerian Agama RI. Peraturan Menteri Agama RI. Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah. http:// Pendais Kemenag. Go. Id/File/dokumen/ KMA162010. Pdf.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an danTerjemahnya. (2008). Bandung: PT Syaamil Cipta Media

M.Amin, Maswardi. (2015). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Cet. I; Yogyakarta: Calpulis

Muhaimin. (2006) Nuansa Baru Pendidikan Islam. Cet. I. Jakarta; PT Rajagrafindo Persada

------------. (2012) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Cet. V; Jakarta: Rajawali Pers

Majid, Abdul. (2008) Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. (2004) Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, strategi dan implementasi. Bandung: Remaja Rordakarya

M. Amin, Maswardi. (2015) Pendidikan Karakter Anak Bangasa Edisi 2. Cet. I; Yogyakarta: Calpulis

Mappanganro. (2010) Pemilikan Kompetensi Guru. Makassar: Alauddin Press

Nata, Abuddin. (2008) Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. III; Jakarta: Prenada Media Group

Orgianus, Yan. (2008) Islam dan Pengrtahuan Sains. Cet. I; Jakarta: Bee Media Indonesia

Purwanto, Ngalim. (2003) Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahman Shaleh, Abdul. (2004). Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Republik Indonesia, Undang-Undang guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005. (2011) Cet. IV; Jakarta: Sinar Grafika

Rahman Getteng, Abd. (2014) Menuju Guru Profesional yang Ber-Etika. Cet. IX; Yogyakarta: Grha Guru

Said Agil Husin al- Munawar. (2005). Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani. Cet. II; Ciputat

Shaleh, Rahman. (2004). Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Syafaruddin dan Irwan Nasution. (2005) Manajemen Pembelajaran. Cet.I; Jakarta: Quantum Teaching

Tafsir, Ahmad. (2007). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Cet. VI; Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudaryono. (2014). Leadership; Teori dan Praktik Kepemimpinan. Yogyakarta: LIC.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membnagun Karakter Bangsa Berkeadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Zainuddin, M. (2008) Reformasi Pendidikan. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Published
11-02-2020
How to Cite
Fatmawati, F. (2020). Implementasi Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI dalam Mengaktualisasikan Akhlak Mulia Peserta Didik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 25-35. https://doi.org/10.58230/27454312.6