Pengaruh Aplikasi TikTok terhadap Perkembangan Kesantunan Berbahasa Pada Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
TikTok merupakan sebuah platform yang memberikan efek yang unik dan menarik yang bisa digunakan oleh para pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh aplikasi TikTok terhadap perkembangan kessantunan berbahasa pada siswa di SD IT Muhammadiyah Al-Kautsar. Jenis penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini yaitu kelas III yang berjumlah 87 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan sample random sampling yang mengambil sampel dari seluruh populasi sebanyak 87 responden. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner tertulis dan wawancara. Keabsahan dan keandalan instrumen diukur melalui validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif dan tes prasyarat seperti uji normalitas, homogenitas, linieritas, serta uji hipotesis dalam bentuk uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh aplikasi TikTok terhadap keterampilan berbahasa siswa kelas III di SD IT Muhammadiyah Al Kautsar. Artinya, hipotesis yang diajukan terbukti diterima berdasarkan hasil uji independent test yang menunjukkan nilai 6,126, melebihi nilai t-tabel sebesar 1,973. Hal ini menegaskan adanya pengaruh aplikasi TikTok terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas III di SD IT Muhammadiyah Al Kautsar.
Metrics
References
A, R. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(9), 1–110. https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. Https://Doi.Org/10.21107/Ilkom.V14i2.7504
Agustina, R. (2017). Bentuk Kesantunan Berbahasa Indonesia. Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 9–17.
Aini, N. (2019). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Media Komunikasi Sehari-Hari. Universitas Mitra Indonesia, 3.
Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Anggrayni, R., Winarsih, Y., & Supriyadi, S. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8592–8596. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i11.3148
Asdiniah, E. A. L. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(Vol. 5 No. 1 (2021): 2021), 1675–1682. Https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1156/1036
Darmawan, D. (2019). Analisis Transaksional Dalam Komunikasi Organisasi. 106. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Ru8m3
Dinzani, S. N. (2023). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kepribadian Siswa Sekolah Dasar Sdn Lemahsubur 1. Abdima Jurnal Pengabdian …, 2(2), 5739–5745. Https://Journal.Ubpkarawang.Ac.Id/Index.Php/Ajpm/Article/View/3756%0ahttps://Journal.Ubpkarawang.Ac.Id/Index.Php/Ajpm/Article/Download/3756/2528
Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Raden, N., Rahayu, I. T., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Raden, N., Fadhilah, J., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Raden, N., Santya, M., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Raden, N., … Raden, N. (2023). Analisis Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial. 1(7), 1086–1092.
Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Article/View/770
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. Https://Doi.Org/10.31316/J.Derivat.V8i1.1641
Isnaini, F., & Dita, E. N. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Ke Dalam Bahasa Indonesia Dikalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(2), 132–138. Https://Azramediaindonesia.Com/Index.Php/Kapalamada/Article/View/409
Khairani, Intan, A., Pratiwi Suci, N., Putri Aulia, N., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2018). Peran, Fungsi, Dan Kedudukan Bahasa Dalam Kehidupan Sehari- Hari Khairani1). 2.
Khairun, N. (2016). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Edukasi, Vol 2 No 1.
Kusmanto, H., Prayitno, H. J., & Ngalim, A. (2019). Realisasi Tindak Kesantunan Berbahasa Pada Komentar Akun Instagram Jokowi: Studi Politikopragmatik (Realization Of Language Courtesy On Jokowi’s Instagram Account Comments: Politicopragmatic Study). Kandai, 15(1), 47. Https://Doi.Org/10.26499/Jk.V15i1.1269
Minsih, M., Ernawanto, Y., Sutama, S., & Prastiwi, Y. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3398–3404. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2629
Minsih, & Salsabila, R. (2023). The Effect Of The Tiktok Application On The Bullying Behavior Of Students In Elementary Schools (Nomor 35). Atlantis Press Sarl. Https://Doi.Org/10.2991/978-2-38476-086-2_153
Muammar, Suhardi, A. M. (2018). Language Politeness Use Of Elementary School Students In Mataram. Proceedings Of The 3rd International Conference On Current Issues In Education (Iccie 2018), 326(Iccie 2018), 337–343.
Mustika, D. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 1(2), 361–372.
Nurhasanah, P. S., & Lestari, T. (2022). Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Bahasa Siswa Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 115–121. Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V8i2.8920
Parameswara, B. G., Liyah, L. N., Sania, N., & Ibrahim, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik-Tok Di Masa Pandemi Covid-19. Cebong Journal, 1(1), 10–14. Https://Doi.Org/10.35335/Cebong.V1i1.4
Prishandani, A. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Berbahasa Pada Anak Pra-Remaja Selama Pandemi: Kajian Psikolinguistik. … Series: Local Wisdom, Social, And Arts …, 5(2). Https://Doi.Org/10.32734/Lwsa.V5i1.1315
Resti, F., Astra, I. M., & Siahaan, B. Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Kemampuan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Vi(3), Snf2017-Eer-29-Snf2017-Eer-34. Https://Doi.Org/10.21009/03.Snf2017.01.Eer.05
Sasmita, R. S. (2020). Research & Learning In Primary Education Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1, 1–5.
Sri Wahyuni. (2021). Proposal Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Susanti, R. (2023). Analisis Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 61–67. Https://Doi.Org/10.24176/Jino.V6i1.7757
Swasta, S. D., & Hkbp, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Anak Sd Swasta. 7(1), 79–89.
Wumbu, Y. L. E. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Gaya Komunikasi Siswa Sdn 18 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Jkomdis : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 1(3), 92–99. Https://Doi.Org/10.47233/Jkomdis.V1i3.193
Copyright (c) 2024 Nur Hidayah, Minsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.