Pengaruh Aplikasi TikTok terhadap Perkembangan Kesantunan Berbahasa Pada Siswa di Sekolah Dasar

  • Nur Hidayah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Minsih Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Aplikasi Tiktok, Kesantunan Berbahasa, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

TikTok merupakan sebuah platform yang memberikan efek yang unik dan menarik yang bisa digunakan oleh para pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh aplikasi TikTok terhadap perkembangan kessantunan berbahasa pada siswa di SD IT Muhammadiyah Al-Kautsar. Jenis penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini yaitu kelas III yang berjumlah 87 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan sample random sampling yang mengambil sampel dari seluruh populasi sebanyak 87 responden. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner tertulis dan wawancara. Keabsahan dan keandalan instrumen diukur melalui validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif dan tes prasyarat seperti uji normalitas, homogenitas, linieritas, serta uji hipotesis dalam bentuk uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh aplikasi TikTok terhadap keterampilan berbahasa siswa kelas III di SD IT Muhammadiyah Al Kautsar. Artinya, hipotesis yang diajukan terbukti diterima berdasarkan hasil uji independent test yang menunjukkan nilai 6,126, melebihi nilai t-tabel sebesar 1,973. Hal ini menegaskan adanya pengaruh aplikasi TikTok terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas III di SD IT Muhammadiyah Al Kautsar.

Metrics

Metrics Loading ...

References

A, R. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(9), 1–110. https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. Https://Doi.Org/10.21107/Ilkom.V14i2.7504

Agustina, R. (2017). Bentuk Kesantunan Berbahasa Indonesia. Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 9–17.

Aini, N. (2019). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Media Komunikasi Sehari-Hari. Universitas Mitra Indonesia, 3.

Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Anggrayni, R., Winarsih, Y., & Supriyadi, S. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8592–8596. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i11.3148

Asdiniah, E. A. L. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(Vol. 5 No. 1 (2021): 2021), 1675–1682. Https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1156/1036

Darmawan, D. (2019). Analisis Transaksional Dalam Komunikasi Organisasi. 106. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Ru8m3

Dinzani, S. N. (2023). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kepribadian Siswa Sekolah Dasar Sdn Lemahsubur 1. Abdima Jurnal Pengabdian …, 2(2), 5739–5745. Https://Journal.Ubpkarawang.Ac.Id/Index.Php/Ajpm/Article/View/3756%0ahttps://Journal.Ubpkarawang.Ac.Id/Index.Php/Ajpm/Article/Download/3756/2528

Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Raden, N., Rahayu, I. T., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Raden, N., Fadhilah, J., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Raden, N., Santya, M., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Islam, U., Raden, N., … Raden, N. (2023). Analisis Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial. 1(7), 1086–1092.

Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Article/View/770

Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. Https://Doi.Org/10.31316/J.Derivat.V8i1.1641

Isnaini, F., & Dita, E. N. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Ke Dalam Bahasa Indonesia Dikalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(2), 132–138. Https://Azramediaindonesia.Com/Index.Php/Kapalamada/Article/View/409

Khairani, Intan, A., Pratiwi Suci, N., Putri Aulia, N., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2018). Peran, Fungsi, Dan Kedudukan Bahasa Dalam Kehidupan Sehari- Hari Khairani1). 2.

Khairun, N. (2016). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Edukasi, Vol 2 No 1.

Kusmanto, H., Prayitno, H. J., & Ngalim, A. (2019). Realisasi Tindak Kesantunan Berbahasa Pada Komentar Akun Instagram Jokowi: Studi Politikopragmatik (Realization Of Language Courtesy On Jokowi’s Instagram Account Comments: Politicopragmatic Study). Kandai, 15(1), 47. Https://Doi.Org/10.26499/Jk.V15i1.1269

Minsih, M., Ernawanto, Y., Sutama, S., & Prastiwi, Y. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3398–3404. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2629

Minsih, & Salsabila, R. (2023). The Effect Of The Tiktok Application On The Bullying Behavior Of Students In Elementary Schools (Nomor 35). Atlantis Press Sarl. Https://Doi.Org/10.2991/978-2-38476-086-2_153

Muammar, Suhardi, A. M. (2018). Language Politeness Use Of Elementary School Students In Mataram. Proceedings Of The 3rd International Conference On Current Issues In Education (Iccie 2018), 326(Iccie 2018), 337–343.

Mustika, D. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 1(2), 361–372.

Nurhasanah, P. S., & Lestari, T. (2022). Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Bahasa Siswa Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 115–121. Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V8i2.8920

Parameswara, B. G., Liyah, L. N., Sania, N., & Ibrahim, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik-Tok Di Masa Pandemi Covid-19. Cebong Journal, 1(1), 10–14. Https://Doi.Org/10.35335/Cebong.V1i1.4

Prishandani, A. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Berbahasa Pada Anak Pra-Remaja Selama Pandemi: Kajian Psikolinguistik. … Series: Local Wisdom, Social, And Arts …, 5(2). Https://Doi.Org/10.32734/Lwsa.V5i1.1315

Resti, F., Astra, I. M., & Siahaan, B. Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dan Kemampuan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Vi(3), Snf2017-Eer-29-Snf2017-Eer-34. Https://Doi.Org/10.21009/03.Snf2017.01.Eer.05

Sasmita, R. S. (2020). Research & Learning In Primary Education Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1, 1–5.

Sri Wahyuni. (2021). Proposal Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Susanti, R. (2023). Analisis Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 61–67. Https://Doi.Org/10.24176/Jino.V6i1.7757

Swasta, S. D., & Hkbp, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Anak Sd Swasta. 7(1), 79–89.

Wumbu, Y. L. E. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Gaya Komunikasi Siswa Sdn 18 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Jkomdis : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 1(3), 92–99. Https://Doi.Org/10.47233/Jkomdis.V1i3.193

Published
25-05-2024
How to Cite
Nur Hidayah, & Minsih. (2024). Pengaruh Aplikasi TikTok terhadap Perkembangan Kesantunan Berbahasa Pada Siswa di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2443-2452. https://doi.org/10.58230/27454312.565