Studi Komparasi Kecerdasan Spiritual Siswa Ditinjau dari Perbedaan Kelas IPA dan IPS

  • Fikri Amil Muttaqin UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember
  • Sofyan Tsauri UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember
  • Mustajab UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember
Keywords: Studi Komparasi, Kecerdasan Spiritual, Kelas IPA, Kelas IPS

Abstract

Urgensi kecerdasan spiritual yang terdapat pada diri siswa menjadi salah satu tolak ukur tingkat keberhasilan pendidikan nasional sehingga dianggap perlu untuk dapat mengukur tingkat kecerdasan tersebut dapat melihat perbedaannya yang terdapat pada kelas yang berbeda, menginat dewasa kini perilaku manusia juga dapat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga moral peserta didik perlu untuk digaja sehingga terhindar dari berbagai hal negatif. Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui perbedaan kecerdasan spiritual siswa kelas X yang terjadi antara kelas pembelajaran IPA dan IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif dengan metode kuantitatif sebagai upaya untuk dapat memperoleh data yang berupa angka dan selanjutnya dianalisa secara statistik berdasarkan filsafat positivism. Populasi dalam penelitian ini yaitu 3 kelas Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berjumlah 103 siswa dan kelas Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berjumlah 104 siswa, yang selanjunya memperoleh 70 sampel penelitian melalui teknik purposif sampling yang terbagi masing-masing 35 siswa antara kelas IPA dan IPS dalam sampel penelitian. Pengambilan data dalam penelian ini menggunakan teknik penyebaran kuesioner (angket) yang disebarkan secara tertutup terhadap siswa yang berisikan berbagai pernyataan yang selanjutnya diisi oleh para siswa sebagai responden serta dokumentasi yang merupakan pencarian data terkait dengan berbagai variabel tertulis yang berupa catatan, buku dan lembar penilaian siswa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis infrensial yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kecerdasan spiritual siswa dalam kelas IPA dan IPS yang dibuktikan dengan perolehan nilai pengujian hipotesis menggunakan uji beda independent sample z-test dengan total nilai Asymp sig (tailed) sejumlah 0,047 dan lebih kecil dari nilai taraf signifikasi yang berjumlah 0,05 sehingga perihal tersebut dapat diasumsikan jika kecerdasan spiritual siswa pada kelas IPA dan IPS berbeda secara signifikan

Metrics

Metrics Loading ...

References

Fajri, B., & Biantoro, O. F. (2023). Nilai-nilai Sholawat Wahidiyah dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual dan Akhlakul Karimah. Irfani Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 72–92. https://doi.org/https://doi.org/10.38073/jpidalwa.v13i1.1098

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 22. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, F. M. (2019). Kebijakan Pendidikan Keagamaan Islam Di Indonesia. Deepublish.

Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045 (Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21) (R. M. Ramdhan (ed.)). Nusaputra Press.

Ichsan, A. S., Sembiring, I. D., & Luthfiah, N. (2020). Pendidikan Islam Menghadapi Tradisi, Transisi, dan Modernisasi. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 107–123. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.11

Imtihan, N., Zuchdi, D., & Istiyono, E. (2017). Analisis problematika penilaian afektif peserta didik madrasah aliyah. Schemata, 6, 63–80. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/schemata.v6i1.836

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Kirana, Y. (2020). Psikologi dan Etika Profesi dalam Nilai-nilai Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Hukum Dan Keadilan, 7, 130–149. https://doi.org/https://doi.org/10.59635/jihk.v7i1.53

Lestari, L., & Rahmi, E. (2020). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Hubungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Basung Tahun Ajaran 2018 / 2019. EcoGen, 3(1), 185–199. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8537

Lubis, R. R. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak (Studi Pemikiran Nasih ’Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad). Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, I(1), 4–5. https://doi.org/https://doi.org/10.30821/alfatih.v1i1.1

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Rifai, A. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 1(2), 257–291. https://doi.org/10.36670/alamin.v1i2.12

Saputra, T., & Serdianus. (2022). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menjawab Tantangan Perkembangan Teknologi Di Era Posthuman. Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika, 4(1), 44–61. https://doi.org/10.38052/gamaliel.v4i1.91

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Metods). Alfabeta.

Zulkarnain, L., Hafidhuddin, D., & Handrianto, B. (2023). Pendidikan Akhlak di Perguruan Tinggi Islam Sebagai Bekal di Dunia Kerja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12, 241–256. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2874

Published
29-02-2024
How to Cite
Fikri Amil Muttaqin, Sofyan Tsauri, & Mustajab. (2024). Studi Komparasi Kecerdasan Spiritual Siswa Ditinjau dari Perbedaan Kelas IPA dan IPS. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1247-1256. https://doi.org/10.58230/27454312.562