Peran Bimbingan Konseling Pada Sekolah Ramah Anak dalam Memberikan Dukungan Emosional di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran bimbingan dan konseling dalam mendukung kesejahteraan emosional siswa di SMA Harapan Mandiri Medan, yang menerapkan kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam dengan guru bimbingan konseling dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan konseling efektif dalam membantu siswa mengelola emosi, khususnya kecemasan menjelang ujian, memberikan dukungan dalam situasi krisis, mengembangkan keterampilan sosial, dan menyediakan ruang ekspresi. Sebanyak 85% siswa melaporkan penurunan kecemasan, 90% merasa didukung dalam situasi krisis, dan 75% mengalami peningkatan keterampilan komunikasi. Interpretasi hasil ini menegaskan pentingnya peran bimbingan konseling dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kesejahteraan emosional siswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan konselor dan pengembangan program konseling yang terstruktur untuk memperkuat efektivitas bimbingan konseling di sekolah.
Metrics
References
Abadi, C. (2021). Peran Guru Bk Dalam Perencanaan Arah Karir Siswa (Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang). Muhafadzah, 1(1), 27–50. Https://Doi.Org/10.53888/Muhafadzah.V1i1.338
Afrina Afrina, & Linda Yarni. (2023). Peran Guru Bk Dalam Membina Karakter Siswa Setelah Pandemi Covid 19 Di Mtsn 1 Pasaman. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 43–55. Https://Doi.Org/10.59031/Jkppk.V1i1.60
Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di Sma Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 53–62. Https://Doi.Org/10.57094/Jubikon.V2i1.376
Diaty, R., Arisa, A., Ari Lestari, N. C., & Ngalimun, N. (2022). Implementasi Aspek Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(2), 38–46. Https://Doi.Org/10.37304/Pandohop.V2i2.5244
Fakriah, N. (2019). Pendekatan Arsitektur Perilaku Dalam Pengembangan Konsep Model Sekolah Ramah Anak. Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies, 5(2), 1. Https://Doi.Org/10.22373/Equality.V5i2.5585
Fauziati, E., Suharyanto, S., Nurcholis, I., & Santriane, A. (2021). Pelatihan Dan Modelling Implementasi Sekolah Ramah Anak Bagi Guru- Guru Sekolah Menengah Atas. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 1017. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V5i1.6760
Gultom, R., & Muis, T. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma Hang Tuah 4 Surabaya Tahun Ajaran 2020/2021. Helper : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 38(2), 79–87. Https://Doi.Org/10.36456/Helper.Vol38.No2.A3943
Handayani, R., Hartuti, P., & Sulian, I. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Siswa Yang Mengalami Stres Dalam Belajar Di Smp Negeri 1 Bengkulu Tengah. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 38–47. Https://Doi.Org/10.33369/Consilia.2.1.50-58
Handayani, Y., Maryanto, & Miyono, N. (2023). Implementasi Sekolah Ramah Anak Program Anti Bullying Di Sma Negeri 1 Kendal. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9(2), 4151–4165. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V9i2.1087
Inniyah, S., & Mulawarman, W. G. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Program Sekolah Ramah Anak Pada Smp Negeri 2 Tenggarong Dengan Model Evaluasi Cipp. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (Jimpian), 1(2), 39–54. Https://Doi.Org/10.30872/Jimpian.V1i2.852
Irmayanti, R., & Yuliani, W. (2020). Peran Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Inklusif. Jpk (Jurnal Pendidikan Khusus), 16(2), 87–93. Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V16i2.37011
Keo, G. D. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Guru Terhadap Resiliensi Akademik Siswa Smp. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7840–7850. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i6.4241
Maulida, H., & Prawira, R. Y. W. (2020). Perilaku Komunikasi Di Sekolah Ramah Anak Kota Magelang. Sosio Informa, 6(3). Https://Doi.Org/10.33007/Inf.V6i3.2371
Mawaddah, H., & Zaida, N. A. (2021). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam Pembentukkan Karakter Positif Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Ra Labschool Iiq Jakarta. Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an, 2(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.37985/Hq.V2i1.15
Nugroho, A. D., & Fathoni, A. (2022). Hambatan Guru Berlatar Pendidikan Non Bimbingan Konseling Sebagai Pelaksana Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5839–5846. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3136
Pangestu, D. B., Umari, T., & Yakub, E. (2022). Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Dasar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1622. Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V6i5.8978
Putri, A., & Akmal, A. (2019). Sekolah Ramah Anak: Tantangan Dan Implikasinya Terhadap Pemenuhan Hak Anak. Journal Of Civic Education, 2(4), 228–235. Https://Doi.Org/10.24036/Jce.V2i4.190
Saputra, K., & Irman, I. (2023). Peran Guru Bk/Konselor Dalam Pembentukan Agen Anti Bullying Di Sekolah. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 1869. Https://Doi.Org/10.33394/Realita.V8i1.6939
Setiowati, A., & Astuti Dwiningrum, S. I. (2020). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-Sd-An, 7(2). Https://Doi.Org/10.31316/Esjurnal.V7i2.750
Suryanto, H., & Youhanita, E. (2022). Pendidikan Yang Humanis Dengan Sistem Sekolah Ramah Anak. Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 241–247. Https://Doi.Org/10.55824/Jpm.V1i4.131
Copyright (c) 2024 Fritz Hotman Syahmahita Damanik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.