Menakar Potensi Kerukunan Antar Umat Beragama melalui Studi Persepsi Terkait dengan Realitas Pluralisme Agama pada Siswa/i Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kota Palopo

  • Amrul Aysar Ahsan Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Fadila Muchtar Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Ali Imran Institut Agama Islam Negeri Palopo
Keywords: Studi Persepsi, Pluralisme Agama, Kerukunan antar Umat Beragama

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana potensi kerukunan umat beragama di Kota Palopo yang ditinjau dari persepsi pada siswa/i sekolah dasar Islam terpadu terkait dengan pluralisme agama. Studi persepsi dipandang sangat penting dalam usaha mitigasi dan antisipasi dalam usaha raihan kehidupan yang harmoni. Eksistensi siswa/i sekolah dasar Islam terpadu sebagai bagian dari umat Islam yang merupakan umat mayoritas dari segi jumlah penganut agama di Indonesia mempunyai peran yang sangat berarti. Metodologi penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dengan dibantu dengan instrumen penelitian berupa kartu proyeksi dan film pendek. Hal ini dilakukan sebagai bentuk adaptasi dengan kemampuan responden siswa/i dalam memberikan respon. Selain itu juga ada sesi telling story dimana siswa/i diminta untuk bercerita terkait dengan pengalaman aktual meraka selama bersinggungan dengan individu/ komunitas beragama lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa/i sekolah dasar Islam terpadu mempunyai kemampuan diferensiasi yang bagus. Hal ini berarti kesadaran akan adanya pluralisme agama di lingkungan mereka. Tetapi hal yang kemudian menjadi perhatian adalah adanya kesenjangan yang sangat lebar antara persepsi mereka dengan aktualisasi interaksi dengan individu/ komunitas yang berbeda agama. hal ini menimbulkan diskriminasi dan prasangka yang memerlukan konfirmasi memadai.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 103–109.

Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional (Telaah epistemologi terhadap problematika pendidikan Islam). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(1), 34–49.

Faridah, I. F. (2013). Toleransi Antarumat Beragama Masyarakat Perumahan. Komunitas, 5(1).

Fihrisi, F., Alliandra, K. P., Septiviana, F. I., Ainiyah, U. Z., Nuqia, K., Ferli, D. E., Wulansari, E. T., & Qonitatin, U. (2023). Menangani Ekstramisme Dan Membina Moderasi Beragama Di Sekolah: Praktik Terbaik Dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), 142–154.

Hermawan, A. (2020). Nilai moderasi Islam dan internalisasinya di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 31–43.

Hermawati, R., Paskarina, C., & Runiawati, N. (2017). Toleransi antar umat beragama di Kota Bandung. Umbara, 1(2).

Khairiza, Di., & Ritonga, M. H. (2023). Pola Komunikasi Forum Kerukunan Antarumat Beragama (FKUB) Dalam Menciptakan Kerukunan Antarumat Beragama di Kota Medan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(6), 3283–3295.

Kholil, A. (2019). KONFLIK DAN DEPRIVASI RELATIF (Telaah Konflik Perumahan Taman Indah dan MTs Darussalam di Yogyakarta). Jurnal Sosiologi Agama, 13(2), 151–177.

Krismiyanto, A., & Kii, R. I. (2023). Membangun Harmoni Dan Dialog Antar Agama Dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 238–244.

Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165.

Masmudin, M. (2018). Dakwah dalam Mewujudkan Interaksi dan Kerukunan Antar Umat Beragama Di Palopo Sulawesi Selatan. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(2), 355–384.

Muhdina, D. (2015). Kerukunan Umat Beragama Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 3(1).

Munadlir, A. (2016). Strategi sekolah dalam pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 114–130.

Oktania, A., Alnaya, D., Sirait, J. A., Sinurat, N. A., Siahaan, P. G., & Purba, N. R. (2023). Aktualisasi Nilai Ketuhanan yang Maha Esa dan Persatuan Indonesia dalam Masyarakat Batak Toba dengan Penganut Agama Berbeda di Jalan Yossudarso Lingkungan 2 Kelurahan Kota Bangun Kecamatan Medan Deli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24904–24911.

Putra, P., Arnadi, A., & Putri, H. (2024). PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DALAM PENGUATAN KARAKTER ERA DIGITALISASI PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA. Yayasan DPI.

Ramadhan, M. R. (2023). Eksistensi Pluralisme di Indonesia: Menyikapi Pro-Kontra Pluralisme Agama dalam Perspektif Islam. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 43–55.

Sa’diyah, R. (2009). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. PT Wahana Cordova.

Saihu, M. M., & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 131–150.

Setyarini, S. (2010). Puppet Show”: Inovasi metode pengajaran bahasa inggris dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 1–6.

Shambodo, Y. (2020). Faktor yang mempengaruhi persepsi khalayak mahasiswa pendatang UGM terhadap siaran pawartos ngayogyakarta Jogja TV. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 98–110.

Sudarsono, A. S., & Suharsono, Y. (2016). Hubungan persepsi terhadap kesehatan dengan kesadaran (mindfulness) menyetor sampah anggota klinik asuransi sampah di indonesia medika. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(1), 31–52.

Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi pendidikan multikultural dalam praktik pendidikan di Indonesia. Elementary, 3(1), 1–13.

Susanti, E., & Kholisoh, N. (2018). Konstruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersand di Jakarta). LUGAS Jurnal Komunikasi, 2(1), 1–12.

Syaoki, M. (2023). UPAYA MEMAKMURKAN MASJID DI TENGAH KEBERAGAMAN AGAMA KOTA MATARAM. Mushawwir Jurnal Manajemen Dakwah dan Filantropi Islam, 1(2), 52–64.

Tohari, H. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Toleransi Beragama. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 43–47.

Tohopi, R. (2012). Tradisi Perayaan Isra’Mi’raj dalam Budaya Islam Lokal Masyarakat Gorontalo. El Harakah: Jurnal Budaya Islam, 14(1), 135–155.

Yasin, I. (2021). Konstruksi Pluralisme Agama dalam Praktik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(1), 30–37.

Published
07-02-2024
How to Cite
Amrul Aysar Ahsan, Fadila Muchtar, & Ali Imran. (2024). Menakar Potensi Kerukunan Antar Umat Beragama melalui Studi Persepsi Terkait dengan Realitas Pluralisme Agama pada Siswa/i Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kota Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 555-568. Retrieved from https://ssed.or.id/contents/article/view/557