Pengembangan Media Flipchart Berbasis Komik Pada Materi Sila-sila Pancasila Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar

  • Ayu Inggrit Priamada Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Arief Cahyo Utomo Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Media, Flipchart komik, Motivasi, Sila-sila Pancasila

Abstract

Motivasi merupakan dorongan dari diri seseorang yang dapat meningkatkan keinginan dan kemauan untuk melakukan sesuatu. Motivasi berpengaruh dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Peningkatan motivasi belajar dapat terjadi dengan adanya media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media flipchart berbasis komik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi sila-sila Pancasila. Model dalam penelitian ini adalah 3-D (Define, Design, Develop. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kemudian dilakukan uji coba kepada peserta didik kelas II SDM PK Baturan. Hasil validasi ahli media mendapatkan nilai rata-rata 91,33% dan ahli materi memperoleh nilai rata-rata 93,75%. Hasil respon peserta didik mendapatkan kategori sangat layak dengan skor rata-rata 90,9% dan respon guru mendapatkan skor 91%. Hasil angket motivasi belajar mendapatkan skor 73% yang sebelumnya mendatkan skor 66%. Hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa media flipchart berbasis komik pada materi sila-sila Pancasila dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas II di SDM PK Baturan.

Keywords: Media, Flipchart komik, Motivasi, Sila-sila Pancasila

Metrics

Metrics Loading ...

References

Astashina, M. S. (2019). The Language Course is not Just a Book. It is a Complex Set of Educational Components. Language and Text, 6(4), 64–69. https://doi.org/10.17759/langt.2019060409

Aziz, A., Sari, N. R., Sibilana, A. R., Muniri, & Surahmat. (2020). Improving student achievement using flipchart based cooperative learning in tulungagung. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4628–4633. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081031

Balante, J., Candelaria, D., Perez, D., & Koo, F. (2023). Nursing students’ experiences of using flipcharts as a learning tool during the COVID-19 pandemic. Nurse Education Today, 120(November 2022), 105650. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2022.105650

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Darmawan, C. A., Khaq, M., & Ngazizah, N. (2021). Pengembangan Media Flipchart Berbasis Komik pada Pembelajaran PKN Materi Indahnya Keragaman Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 36–44. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/954/716

Etikamurni, D. P., Istyowati, A., & Ayu, H. D. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning-Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Sains & Teknologi Rainstek, 5(2), 180–189.

Hartini, T. S., & Warmi, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1c), 640–646.

Indriani, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar PKN Murid SD Negeri 18 Leppangeng Kabupaten Pangkep. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Jamil, N. A., Chau, S. H., Abdul Razak, N. I., Shamsul Kamar, I. I., Mohd-Said, S., Rani, H., & Sameeha, M. J. (2021). Development and evaluation of an integrated diabetes-periodontitis nutrition and health education module. BMC Medical Education, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12909-021-02721-9

Marlina, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Aplikasi Flip Builder Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Penerapan Pancasila Dalam Konteks Berbangsa Terhadap Memotivasi Belajar Siswa. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 6(1), 18–30. https://doi.org/10.47080/propatria.v6i1.2513

Marliza, L., Boerhan, A., & Wati, S. (2022). Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Serta Hasil Belajar Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 27–38. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.104

Martatiyana, Diana Rossa; Novita , Lina; Purnamasari, R. (2022). Muallimuna : jurnal madrasah ibtidaiyah. 1, 99–112.

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99.

PATHONİ, H., ALRİZAL, A., & FEBRİYANTİ, S. (2020). The folklore-based comic to increase Students’ motivation in physics learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4), 1471–1482. https://doi.org/10.17478/jegys.770665

Pratama, F. F., & Rahmat. (2018). Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 170–179.

Rifai, F., Sari, S. P., Nasution, D. K., & Nasution, I. S. (2023). Penggunaan Media Flip Chart Pada Minat Belajar Siswa Kelas II Sangar Bimbingan Gombok Utara. Syamsuyurnita INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 1683–1691.

Salsabila, A., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.56393/pelita.v3i2.1716

Sari, P. P., Pangestika, R. R., & Khaq, M. (2023). Pengembangan media komik bermuatan kearifan lokal dan karakter pada kelas IV subtema 3 bangga terhadap daerah tempat tinggalku di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 136–145.

Solihah, S. A. S., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5186–5195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3156

Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Smartphone Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wijayanti, R. N., & Isnawati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Interaktif pada Materi Sistem Saraf Manusia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(2), 298–310.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062

Published
09-05-2024
How to Cite
Ayu Inggrit Priamada, & Arief Cahyo Utomo. (2024). Pengembangan Media Flipchart Berbasis Komik Pada Materi Sila-sila Pancasila Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2007-2016. https://doi.org/10.58230/27454312.550