Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar

  • Maharani Dewi Masitoh Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Arief Cahyo Utomo Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Media Pembelajaran, PPKn, Macromedia Flash, Kearifan Lokal, Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menciptakan media digital sebagai perangkat pembelajaran berbantuan Macromedia Flash dan mengintegrasikan kearifan lokal Kota Kendal untuk melihat hasil belajar siswa dalam aspek berpikir kritis menggunakan analisis soal hots. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan Rearch and Development (RnD) dengan memanfaatkan 7 langkah pengembangan menurut Brog and Gall. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, literatur buku, pengumpulan jurnal, kuesioner lembar tes berupa uji pre-test, post-test, serta non tes menggunakan lembar angket validator ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV di SD Negeri Balok. Setelah penelitian dilakukan, hasilnya kemudian dianalisis dengan pendekatan data baik dari segi kualitatif maupun kuantitatif untuk menilai respon validator, skor kelayakan dan kemenarikan media. Penelitian ini menggunakan metode desain Pre Experimental Desaign berjenis One Group Pre-test dan post-test Desaign. Uji validasi data dilakukan menggunakan skor linkert, sementara data pre-test serta post-test dianalisis melalui Uji Normalitas ShapirWilk dan Uji Wilcoxon. Uji Normalitas menunjukkan nilai pre-test Sig. ≥0.05 yaitu Sig.127. sehingga data pretest terdistribusi normal. Sedangkan nilai post-test Sig. ≤0.05 yaitu Sig.003. berarti data pre-test terdistribusi tidak normal. Sehingga dilakukan Uji Wilcoxon yang menunjukkan hasil Sig.(2-tailed) yaitu .000 dimana ≤0,05, sehingga dapat disimpulkan jika H0 tidak diterima (ditolak). Berdasarkan hasil penelitian mengindikasikan bahwa media Macromedia Flash yang dikembangkan sebagai penunjang pembelajaran layak digunakan dan terjadi peningkatan pre-test serta pos-test siswa dalam pembelajaran menggunakan media digital.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arisyanto, P. et al. 2021. ‘Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Android Bagi Mahasiswa PGSD UPGRIS’, Jurnal Basicedu, 5(3), pp. 1584–1592. Available at: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/945.

Benyamin, B., Qohar, A. & Sulandra, I.M. 2021. ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), pp. 909–922. doi:10.31004/cendekia.v5i2.574.

Daniar, F. & Sari, P.M. 2022. ‘Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar’, Jurnal Paedagogy, 9(4), p. 646. doi:10.33394/jp.v9i4.5463.

Dores, O.J., Wibowo, D.C. & Susanti, S. 2022. ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika’, Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), pp. 242–254.

Giri, P. & Prasojo, L.D. 2016. ‘Pengembangan Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Indahnya Peninggalan Sejarah’, Jurnal Prima Edukasia, 4(1), pp. 79–92. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/8802/pdf.

Jainal, S. & Isana Supiah Yosephine Louise, D. 2019. ‘Macromedia Flash Based on Guided Inquiry in Critical Thinking Skills as Learning Innovarions’, International Journal on New Trends in Education and Their, (10), pp. 21–29. Available at: www.ijonte.org.

Karjono, K. 2021. ‘Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah HAM Dengan Metode Diskusi Dan Resistasi Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 4 Rejang Lebong’, Jurnal Abdi Pendidikan, 02(1), pp. 62–73. Available at: https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/view/17896.

Magdalena, I. et al. 2021. ‘Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi’, EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), pp. 312–325. Available at: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Mahardani, A.D.E., Nurmilawati, M. & Saidah, K. 2023. ‘Analisis Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Keragaman Budaya Kelas 4’, pp. 1581–1586.

Maryam, M. et al. 2020. ‘Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa’, Jurnal Pijar Mipa, 15(3), pp. 206–213. doi:10.29303/jpm.v15i3.1355.

Mudana, I.K., Suma, K. & Widiana, I.W. 2023. ‘Model Pembelajaran Think Pair Share Difasilitasi Peta Konsep Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa’, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), pp. 183–197. doi:10.23887/jipp.v7i2.61028.

Prapti Utami, R. & Rohaeti, E. 2019. ‘Students’ Concept Understanding In Chemistry Learning Using Macromedia Flash Based Inquiry Learning’, International Journal on New Trends in Education and Their, 10(3), pp. 1–12. Available at: www.ijonte.org.

Pratama, L.D., Lestari, W. & Astutik, I. 2020. ‘Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), pp. 413–423. doi:10.24127/ajpm.v9i2.2783.

Pujiati, D. & Yulianto, D. 2021. ‘Analisis Media Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Teknologi Masa Pandemi Covid-19’, Efektor, 8(1), pp. 45–52. doi:10.29407/e.v8i1.15857.

Santoso, R. & Wuryandani, W. 2020. ‘Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Pemahaman Konsep Keberagaman’, Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), p. 229. doi:10.22146/jkn.56926.

Sembring, T.Y. et al. 2022. ‘Pengembangan Media Pembelajaran Scratch Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Himpunan’, Curere, 6(2), pp. 109–119.

Serano, B. & Montessori, M. 2021. ‘Implementasi Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Kota Padang’, Journal of Civic Education, 4(1), pp. 87–91. doi:10.24036/jce.v4i1.475.

Sylvia Lara Syaflin. 2022. ‘Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Ipa Sekolah Dasar’, Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), pp. 1516–1525. doi:10.31949/jcp.v8i4.3003.

Ulfa, Y. & Sari, P.M. 2021. ‘Pengembangan Macromedia Flash Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), pp. 3131–3144. Available at: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1235.

Wardhana, K.E., Syafii, A.M. & Putra, F.P. 2021. ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Matematika’, Borneo Journal Of Science And Mathematics Education, 1.

Published
28-05-2024
How to Cite
Maharani Dewi Masitoh, & Arief Cahyo Utomo. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2535-2548. https://doi.org/10.58230/27454312.486