Penggunaan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Puisi di Sekolah Menengah Atas

  • Pebriyandi Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tanjungpura
  • Sari Mardian Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, FKIP UNTAN Pontianak
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Puisi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati perkembangan hasil belajar peserta didik dalam menghadapi materi puisi dengan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi dan mengidentifikasi gaya belajar peserta didik serta melihat bagaimana strategi pembelajaran diferensial, khususnya diferensiasi produk, memengaruhi penguasaan peserta didik kelas X G SMA Negeri 7 Pontianak terhadap materi puisi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, analisis dokumen, dan penilaian terhadap karya peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menunjukkan tiga jenis gaya belajar: visual, auditori, dan kinestetik. Strategi pembelajaran diferensial yang diterapkan adalah diferensiasi produk, yang memungkinkan peserta didik untuk mengekspresikan pemahaman mereka tentang puisi melalui karya-karya yang berbeda. Implementasi pembelajaran ini berhasil mencapai penguasaan di atas nilai kelulusan minimum (KKM) sebesar 75, dengan rentang skor 75—100. Penilaian sikap peserta didik berdasarkan Profil Pelajar Pancasila juga menunjukkan skor dalam rentang yang sama. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran diferensial, khususnya diferensiasi produk, dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam mengajar materi puisi di sekolah menengah atas. Identifikasi gaya belajar peserta didik juga penting dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian, guru dapat lebih memperhatikan keberagaman peserta didik dalam proses pembelajaran, meningkatkan penguasaan mereka terhadap materi, dan memperkuat nilai-nilai sikap yang diharapkan, seperti yang tercermin dalam profil Pancasila.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ainun, N., Asri, K., Agustina, Y., Fahmi, C. N., Ismulyati, S., Azwar, E., Sufriadi, D., Azzarkasyi, M., Nurliza, E., Irnanda, S., & Mekkah, U. S. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Ampoen, 1(2).

Aprima, D. (2022). Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. 13(1), 95–101.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gramedia

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631-1637.

Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21. PT. Mifandi Mandiri Digital.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175- 182.

Magdalena, I., & Affifah, A. N. (2020). Identifikasi Gaya Belajar Peserta didik (Visual, Auditorial, Kinestetik). PENSA, 2(1), 1-8.

Marlina, I., & Aini, F. Q. (2023). Perbedaan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Kesiapan Dengan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 392–404. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.1017

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.

Maulidia, F. R., dkk. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. VI(1), 55–63.

Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah. https://jurnaldikpora.jogjaprov.go.id/ index.php/jurn a lideguru/article/view/543

Moningka, Clara. (2022). Mata Kuliah Pilihan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kemendikbudristek.

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/i ndex.php/jcsr/article/view/1150

Ningrum, M., & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85-100.

Putriana Naibaho, D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.

Rafael, S. P. (2022). Mata Kuliah Inti Filosofi Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbudristek.

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan asesmen pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wahyuni, S., Thahir, A., Karma, R., & Putriani, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Di Tingkat Smp. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 264–269. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/17967

Published
20-02-2024
How to Cite
Pebriyandi, & Sari Mardian. (2024). Penggunaan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Puisi di Sekolah Menengah Atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 909-918. https://doi.org/10.58230/27454312.532