Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Aload dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa MIS Darul Yunus
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Reading Aload terhadap kemampuan menghafal Al Qur’an, pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan menghafal Al Qur’an siswa serta interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil kemampuan menghafal Al Qur’an siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II Mis Daarul Yunus yang terdiri dari dua kelas dengan sampel khusus Reading Aload adalah kelas II-A (22 siswa) sedangkan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori adalah 22 siswa. Teknik cluster random sampling dipengaruhi oleh analisis varians (anava) pada tingkat signifikan (α = 0,05) yang diikuti dengan Scheffe. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran reading Aload lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Berdasarkan data analisis dapat disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik auditorial dan kinestetik adalah strategi pembelajaran Reading Aload, sedangkan siswa dengan gaya belajar visual adalah strategi pembelajaran ekspositori. Implikasinya adalah bahwa guru harus dilatih tetntang bagaimana memahami gaya belajar siswa. Dengan demikian disarankan bahwa dalam perencanaan proses pembelajaran karakteristik siswa harus diperhatikan
Metrics
References
Akmalia, R. (2021). Intensitas Motivasi Berprestasi Melalui Pembelajaran Daring. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 1–11. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12174
Akmalia, R., Nst, W. N., & Siahaan, A. (2023). Influence of Self-Efficacy, Organizational Culture, and Job Satisfaction on The Performance of Madrasah Aliyah Teachers. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(3), 437–453. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v8i3.4091
Harahap, O. (2023). Strategi Reading Aloud sebagai solusi meningkatkan keterampilan menghafal Dalil naqli pada Mata Pelajaran Fikih. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 2(1), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.27
Heriwibowo, B. (2014). Teknik Quantum Rasulullah Fun dan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta Selatan: Mizan Publika.
Hidayati, S., Rahmi, W., & Yasri, A. (2022). Pola Perilaku Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa di SMAN 8 MEDAN. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2), 104–108. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/28
Iman, M. F. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2).
Jumali, M., Muhtadi, & Jauhari, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Melalui Pendekatan Living Qur’an ( Studi Multisitus di Pondok Pesantren Madrasah Al Qur’an Tebuireng dan Pondok Pesantren Nurul Qur’an Bendungrejo Jogoroto Jombang). Arsy : Jurnal Studi Islam, 2(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.32492/arsy.v2i2.271
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mizal, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Penyebutan Makharij Al-Huruf dan Menghafal Al-Qur’an dengan Menggunakan Strategi Reading Aloud pada Kelas III MIN Aceh Selatan. Penelitian Litapdimas 2020.
Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 206–222.
Mufid, M. A. (2016). Penerapan Metode Reading Aloud dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Pelajaran BTQ Kelas X di SMA Ma’arif NU Pandaan. Mafhum, 1(2), 199–218.
Mutiaramses, Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050
Nadawiyyah, H., & Anggraeni, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis aplikasi Android. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.32661
Nata, A. (2016). Pedidikan Perspektif Al-Qur’an. Ed.1. Jakarta: Prenamedia Grup.
Puspita, D. A. (2021). MENATA PENDIDIKAN ISLAM DI SMP NEGERI 1 KOTAPINANG. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 1(1). Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/72
Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Silberman, M. L. (2016). Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Cet.11. Bandung: Nuansa Cendikia.
Taqwim, U. (2011). 7,5 Jam Bisa Membaca Al-Qur’an Metode Tsaqifa Panduan Praktis Membaca Al-Qur’an Secara Mandiri Revolusi Pembelajaran Baca Tulis AlQur’an. Solo: Nur Cahaya Ilmu.
Zaini, H. (2015). Kompetensi Guru PAI (Pendidikan Agama Islam). Palembang: Nor Fikri Ofsef.
Copyright (c) 2024 Abdul Rasyid Rosandi Lubis, Rusydi Ananda, Zaini Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.