Efektivitas Sanksi dalam Menanggulangi Pelanggaran Tata Tertib Siswa di MTs Negeri 2 Ketapang

  • Mustakar Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
  • Erwin Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
  • Usman Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak
Keywords: Efektivitas, Pelanggaran Tata Tertib Sekolah

Abstract

Pendidikan seharusnya memperhatikan prinsip hukuman sebagai upaya agar siswa tidak lagi melakukan kesalahan. Dalam konteks penerapan tata tertib sekolah, sanksi atau hukuman memiliki peranan penting mencegah pengulangan pelanggaran peraturan aturan. Hal ini pada akhirnya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan kepribadian siswa, yang diharapkan menjadi lebih bermoral dan disiplin. Tujuan penelitian dengan pendekatan kualitatif ini untuk menggali fenomena secara holistik dan kontekstual. Melalui pengumpulan data, penelitian ini mengandalkan teori yang ada untuk memberikan penjelasan dan memperoleh pemahaman mendalam terhadap perilaku, prinsip, dan motivasi tindakan subjek penelitian. Dengan pendekatan ini, penelitian berfokus pada deskripsi yang menggambarkan fenomena bahasa, memperhatikan konteks alami, serta menggunakan berbagai metode ilmiah. Pemilihan pendekatan dan metode ini penting untuk memfokuskan sesuai tujuan yang diinginkan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ali, Lukman & Muhammadong. (2022). Manusia: Keharusan dan Kemungkinan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(10), 1-10.

Ardi, M. (2012). Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Siswa Dalam Belajar (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Nanga Tebidah Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang). EKSOS, 1(1), 61-72.

Ayu, Intan Kususma. (2017). Respon Siswa Terhadap Pemberian Hukuman Pada Siswa Yang Melanggar Disiplin di SMA Kartika IV-3 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(1), 272-285.

Depdikbud. (1998). Wawasan Wiyata Mandala. Jakarta: Depdikbud.

Fiana, Fani & Daharnis, Daharnis & Ridha, Mursyid. (2013). Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 2(3), 23-33.

Gordon, Thomas. (2020). Menjadi Orang Tua Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hendri, Yulfi & Daharnis, Daharnis & Nurfahanah, Nurfahanah. (2016). Pelanggaran Tata Tertib yang dilakukan oleh Siswa Di sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 3(2), 46-51.

Kartono, Kartini. (1992). Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.

Lockheed, Marlaine & Hanushek, Eric & Policy, HRO. (1994). Concepts of educational efficiency and effectiveness. DOI: http://lst-iiep.iiep-unesco.org/cgi-bin/wwwi32.exe/ [in=epidoc1.in]/?t2000=006905/(100).

Mardawani. (2015). Ketaatan Siswa Dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa SMA Nusantara Indah Sintang). Vox Edukasi, 6(1), 36-49.

Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang budaya dan lingkungan sekolah/madrasah.

Prawirosentono, Suyadi. (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan-Kiat membangun Organisasi Kompetitif Menjelang Perdagangan Bebas Dunia. Yogyakarta: BPFE.

Purwanto, M. N. (2014). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyaningrum, Yayuk & Rais, Rahmat & Setianingsih, Eka. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 542-548.

Suharjo, Susmita & Pribadi, Farid. (2022). Berbagai Dampak Hukuman (Punishment) dalam Pendidikan Terhadap Peserta Didik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 3(2), 161-174.

Tangkilisan, Nogi Hessel. (2004). Manajemen Publik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta. Grasindo.

UU No 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional.

Wulandari, Aprilina & Fauzi, Agus. (2021). Urgensi Pendidikan Moral dan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 6(1), 75-85.

Yusri, Nadia & Ananta, Muhammad & Handayani, Widya & Haura, Nurul. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-12.

Zidane, Youcef J-T & Olsson, Nils. (2017). Defining project efficiency, effectiveness and efficacy. International Journal of Managing Projects in Business, 10(3), 621-641.

Published
01-02-2024
How to Cite
Mustakar, Erwin, & Usman. (2024). Efektivitas Sanksi dalam Menanggulangi Pelanggaran Tata Tertib Siswa di MTs Negeri 2 Ketapang. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 167-176. https://doi.org/10.58230/27454312.504