Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan desain penelitian lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Adapun hasil yang di dapatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 masih dirasa perlu para guru diberi bekal dalam memahami dan mengimplementasikan Kurikulum 2013, terutama pada aspek penilaian proses dan hasil belajar. Tahap perencanaan, dimana guru masih menyusun berdasarkan hasil KKG Guru Kelas sehingga belum mengadopsi visi dan misi tiap sekolah. Tahap pelaksanaan, dimana guru telah melaksanakan sesuai yang tercantum dalam RPP, namun terkadang guru belum mengembangkan pembelajaran sesuai dengan metode bervariasi. Tahap evaluasi, dimana guru masih terfokus hanya pada penilaian akhir, bagi guru untuk penilaian proses masih dirasa sulit karena yang dinilai tiap individu sehingga guru masih mengalami kesulitan untuk menilai secara objektif.
Metrics
References
Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian kuantitatif & Kualitatif. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasakan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hisbullah. Nurhayati, Selvi. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar, Makassar: Aksara Timur.
M. Djunaedi Ghony & Fauzan Almanshur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Myrnawati, C.H. 2012. Metodologi Penelitian Untuk Pemula. Jakarta: FIP Press.
Nasution, S. 1999. Kurikulum dan Pengajaran. Malang: Bumi Aksara.
Nurhudayani, Sitti. 2014. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia di SD Inpres 5/81 Tibojong Kabupaten Bone. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Permendikbud RI Nomor 103 Tahun 2014 tentang: Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud RI Nomor 104 Tahun 2014 tentang: Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Program pascasarjana UNM. 2012. Pedoman Penulisan Tesis Dan Desertasi Program Pascasarjana UNM Makassar: Badan Penerbit UNM.
Rosnang. 2009. Analisis Manajemen Pembelajaran KTSP pada SMP Negeri di Kabupaten Soppeng. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Rudi Amir. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.
Rukmawaty. 2009. Manajemen Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SMP Negeri 1 Bulukumba di Kabupaten Bulukumba. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Siswanto. HB. 2006. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2007. Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitati, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafaruddin dan Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantium Teaching.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.