Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Respirasi Manusia Siswa Kelas XI SMA/MA

  • Sarah Hulu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Nirwana Anas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Keywords: Pengembagan LKPD, Inkuiri Terbimbing, Sistem Respirasi Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem respirasi manusia dengan menguji kevalidan, kepraktis, dan keefektifan LKPD sehingga memberikan pengalaman belajar yang lebih aktif dan mendalam bagi peserta didik. Pendekatan inkuiri terbimbing dalam LKPD ini dirancang untuk mendorong siswa aktif mencari, mengamati, dan menyusun informasi secara mandiri. Melalui serangkaian kegiatan yang terstruktur yang dilakukan, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan analisis dan sintesis, serta memperoleh pemahaman yang kokoh tentang fungsi serta mekanisme sistem respirasi manusia. Penelitian ini dilakukan disekolah SMAS Nurul Islam Indonesia Medan. Adapun metode penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model  (define,design,develop,,dessiminate).  untuk instrumen penelitian menggunakan instrumen lembar wawancara sebagai data awal atau sebagai dasar pengembangan yang akan dilakukan. Kemudian data dilakukan analisis melalui lembar validitas oleh ahli media dan materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat praktis dengan presentase 87⁰/⁰ (ahli media), 89⁰/⁰ (ahli materi), dan 100⁰/⁰ (respon guru biologi), serta 100⁰/⁰ (respon peserta didik). LKPD dikatakan efektif berdasarkan nilai n-gain dengan skor 1,32 kategori tinggi. Berdasarkan paparan di atas maka LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan layak,praktis,dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran didalam kelas pada pembelajaran biologi materi sistem respirasi manusia.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Elpandi, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Skripsi Universitas Negeri Makassar, 34-35.

Estitika., H. &. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada materi fungi kelas X SMA. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi,. BIODIK: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 60-71.

Hayong, M. &. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI SMA. BIODIK: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 38-49.

Kosassy, S. O. (2019). Mengulas model-model pengembangan pembelajaran dan perangkat pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestarian Pancasila., 38-49.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudarisman, S. (2013). Implementasi pendekatan konstekstual dengan variasi metode berbasis masalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi. JPII: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 23-30.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajaan, S. (. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Childern. Washinton Dc: A Sourcebook.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yunipiyanto, M. R.-1. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran ekonomi. Jurnal Studi Sosial, 1-15.

Published
02-02-2024
How to Cite
Sarah Hulu, & Nirwana Anas. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Respirasi Manusia Siswa Kelas XI SMA/MA. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 231-250. https://doi.org/10.58230/27454312.499