Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Respirasi Manusia Siswa Kelas XI SMA/MA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem respirasi manusia dengan menguji kevalidan, kepraktis, dan keefektifan LKPD sehingga memberikan pengalaman belajar yang lebih aktif dan mendalam bagi peserta didik. Pendekatan inkuiri terbimbing dalam LKPD ini dirancang untuk mendorong siswa aktif mencari, mengamati, dan menyusun informasi secara mandiri. Melalui serangkaian kegiatan yang terstruktur yang dilakukan, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan analisis dan sintesis, serta memperoleh pemahaman yang kokoh tentang fungsi serta mekanisme sistem respirasi manusia. Penelitian ini dilakukan disekolah SMAS Nurul Islam Indonesia Medan. Adapun metode penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model (define,design,develop,,dessiminate). untuk instrumen penelitian menggunakan instrumen lembar wawancara sebagai data awal atau sebagai dasar pengembangan yang akan dilakukan. Kemudian data dilakukan analisis melalui lembar validitas oleh ahli media dan materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat praktis dengan presentase 87⁰/⁰ (ahli media), 89⁰/⁰ (ahli materi), dan 100⁰/⁰ (respon guru biologi), serta 100⁰/⁰ (respon peserta didik). LKPD dikatakan efektif berdasarkan nilai n-gain dengan skor 1,32 kategori tinggi. Berdasarkan paparan di atas maka LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan layak,praktis,dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran didalam kelas pada pembelajaran biologi materi sistem respirasi manusia.
Metrics
References
Elpandi, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Skripsi Universitas Negeri Makassar, 34-35.
Estitika., H. &. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada materi fungi kelas X SMA. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi,. BIODIK: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 60-71.
Hayong, M. &. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI SMA. BIODIK: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 38-49.
Kosassy, S. O. (2019). Mengulas model-model pengembangan pembelajaran dan perangkat pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestarian Pancasila., 38-49.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudarisman, S. (2013). Implementasi pendekatan konstekstual dengan variasi metode berbasis masalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi. JPII: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 23-30.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajaan, S. (. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Childern. Washinton Dc: A Sourcebook.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yunipiyanto, M. R.-1. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran ekonomi. Jurnal Studi Sosial, 1-15.
Copyright (c) 2024 Sarah Hulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.