Analisis Penguatan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa PGSD FIP UNESA melalui Aktivitas Menulis Jurnal Syukur

  • Maryam Isnaini Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Mochammad Nursalim Universitas Negeri Surabaya
  • Diana Rahmasari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kecerdasan Spiritual, Pendidikan Karakter, Mahasiswa PGSD

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil analisis implementasi Pendidikan karakter penguatan kecerdasan spiritual di PGSD FIP UNESA dengan menerapkan salah satu metode yang disebut Jurnal Syukur: Aku Orang Paling Beruntung di Dunia. Penelitian ini bertujuan memaparkan kecerdasan spiritual mahasiswa yang dapat dikuatkan melalui menulis jurnal syukur. Metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi jurnal syukur dan tulisan refleksi mahasiswa serta teknik mengkaji beberapa literatur terkait. Analisis data dengan identifikasi dan kategorisasi data tulisan refleksi mahasiswa sesuai 10 indikator kecerdasan spiritual yang ditetapkan, penyajian data, dan penarikan simpulan. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas 2020D jurusan S-1 PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. Hasil analisis terhadap 31 tulisan refleksi mahasiswa atas implementasi menulis jurnal syukur menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual mahasiswa dapat dikuatkan melalui aktivitas ini. Dari 10 indikator kecerdasan spiritual yang ditetapkan, sebanyak 8 indikator yang dapat dikuatkan, yaitu indikator kemampuan: kesadaran diri, mengambil pelajaran berharga, melihat keterkaitan antara berbagai hal,  merasakan motivasi diri untuk berubah, untuk selalu merasakan kehadiran Sang Pencipta, memiliki prinsip hidup, kemampuan untuk berjiwa besar/sportif, dan untuk bersikap fleksibel dan mudah menyesuaikan diri. Dapat disimpulkan bahwa menulis jurnal syukur: Aku Orang Paling Beruntung di Dunia dapat menguatkan kecerdasan spiritual mahasiswa S-1 PGSD Universitas Negeri Surabaya.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ashshidieqy, H. (2018). Hubungan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 7(2), 68-75.

Christanti, Y. D., & Anwar, R. N. (2019). Relationship Of Academic Procrastination With Intelligence Of Milenial Spiritual Generation. Jurnal Pedagogik, 6(1), 31-65.

Fathimah, S. (2022). Pembelajaran Sosiologi Pendidikan dengan Menggunakan Metode Treatment Training Sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado. Jurnal Ilmiah Mandala Pendidikan , 8 (1).

Larsen, J.T & McKibban. A. R. (2008). Is happiness having what you want, wanting what you have, or both?. Psychological Science. 19 (4), 371-377.

Mochammad, Iskarim. 2016. “Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa).” Edukasia Islamika 1 (1): 1–20. http://e- journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/766.

Nida, F. L. K. (2013). “Peran Kecerdasan Spiritual dalam Pencapaian Kebermaknaan Hidup” KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1).

Pasiak, T. (2010). Pendidikan karakter sebagai pendidikan otak. Jurnal AKRAB, 1(3), 7-15.

Rachmi, Filia. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Semarang. Jurnal Pendidikan Akuntansi.

Ratnasari, I., & Sulistiana, D. (2020). Teknik Menulis Jurnal untuk Meningkatkan Rasa Syukur (Gratitude) pada Remaja. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 4(01), 34-40.

Rengga, M. P., & Stephani, M. (2021). Pengaruh Menulis Ungkapan Syukur dalam Buku Syukur Beta terhadap Tingkat Depresi Pasien Diabetes Melitus Tipe-2. Indonesian Journal of Clinical Pharmacy, 10(4), 311- 320.

Rizqi, K. (2020). Metode Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Pustaka Senja).

Rohmah, R. M. R., Azizah, R., Mardiansyah, R. N., & Yusuf, A. (2023). Efektivitas Teori Belajar Gestalt Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), 608-615.

Rusnali, A. N. A. (2020). Media sosial dan dekadensi moral generasi muda. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 29-37.

Sheldon, K.M. & Lyumbomirsky, S (2006). How to increase and sustain positive emotion: The ef-fects of expressing gratitude and visualizing best possible selves. Journal of Positive Psychology. 1, 73 – 82.

Takdir, M. (2017). Kekuatan terapi syukur dalam membentuk pribadi yang altruis: Perspektif psikologi qur’ani dan psikologi positif. Jurnal studia insania, 5(2), 175-198.

Takdir, M. (2018). Psikologi Syukur. Jakarta: PT Elex Media Komptindo Kompas-Gramedia.

Tsani, M. J. (2019). Peran keluarga melindungi generasi milenial dari LGBT (lesbian, gay, biseksual, transgender) di lingkungan karyawan ITC Roxy Mas Jakarta (Doctoral dissertation, UNUSIA).

Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Utami, L. H. (2015). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa di SD Islam Tompokersan Lumajang.

Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 63-78.

Watskins, P.C., Woodward, K., Stone, T. & Kolts, R.L (2003). Gratitude and happiness: Development of a measure of gratitude and relationship with subjective well-being. Social Behavior and Per-sonality Journal, 31, 431 -452.

Yantiek, E. (2014). Kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual dan perilaku prososial remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 22-31.

Yarsama, I. K. (2022). Urgensi Merdeka Belajar–Kampus Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada Abad Ke-21.

Yunita, Y. (2018). Pelatihan Bersyukur untuk Menurunkan Stres Akademik pada Mahasiswa. Seminar Nasional Psikologi UMS 2018.

Zakiah, F. (2013). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi.

Zohar, D. and Marshall, I. 2007. SQ - Kecerdasan Spiritual. Mizan Pustaka.

Zohar, D., dan Marshall, I. 2007. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan.

Published
23-02-2024
How to Cite
Isnaini Damayanti, M., Nursalim, M., & Rahmasari, D. (2024). Analisis Penguatan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa PGSD FIP UNESA melalui Aktivitas Menulis Jurnal Syukur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 963-980. https://doi.org/10.58230/27454312.497