Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar

  • Eka Anisa Aprina UIN Kiai Haji Achmad Siddiq
  • Erma Fatmawati UIN Kiai Haji Achmad Siddiq
  • Andi Suhardi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq
Keywords: problem based learning, keterampilan berpikir kritis, IPA

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah (PBL) merupakan alternatif yang dapat dikembangkan dan diterapkan untuk menggeser peran siswa sebagai pusat pembelajaran. Penerapan model PBL melibatkan siswa dalam tantangan untuk belajar bagaimana cara belajar dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPA dengan menerapkan model PBL. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literatur. Studi literatur adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data atau sumber informasi terkait dengan suatu topik, yang dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, internet, dan pustaka lainnya. Pengumpulan data dilakukan melalui non-tes, yakni dengan menelusuri jurnal elektronik menggunakan Google Scholar. Dalam pelaksanaannya, peneliti menganalisis data dengan langkah-langkah seperti pemilihan, perbandingan, penggabungan, dan penyaringan berbagai definisi hingga menemukan data yang relevan dengan rumusan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan penerapan model Problem Based Learning di sekolah dasar dapat diatasi dengan lebih memahami dan memaksimalkan langkah-langkah yang digunakan dalam penggunaan model Problem Based Learning. Oleh sebab itu, dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pengajaran di kelas, akan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa, terutama bagi siswa kelas IV.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Apiati, V. dan Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.9, No.1. 167 – 178.

Arends, R. I. (2013). Belajar untuk Mengajar (Learning to Teach). Terjemahan oleh Made Frida Yulia. 2013. Jakarta: Salemba Humanika.

Barrett, T. (2005). Hanbook of Enquiry & Problem Based Learning. Galway: CELT. (Online), (http://www.nuigalway.ie/celt/pblbook), diakses 26 Juni 2015.

Candra, Wahyu Dwi S. dan Nani Mediatati. (2021). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(3). 1322.

Duch, (1995). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ennis, Robert H. (1985). Goals for a Critical Thinking Curriculum; In Al Costa (ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking, (Alexandria: ASCD), 63.

Fahmi, F., Abdullah, A., & Irhasyuarna, Y. (2021). Empowering peat lands as a resource of learning natural science to strengthening environment care. The 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020), 426-429. Doi: 10.2991/assehr.k.210222.072.

Hasibullah, & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makasar: Akasa Timur.

Hatauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Alat Peraga Pada Mata Pembelajaran IPA Kelas IV DN omor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Jurnal), 8(2).

Hotimah, Husnul. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, Vol.7 No.3. 6.

Khoir, A. (2008). Kesulitan belajar sains: Studi Pada Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Sains Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Jatimulya Kabupaten Bekas.[versi elektronik]. Turats, 4, 1-21.

Lau, J.Y.F. (2011). An Introduction to Critical Thinking and Creativity. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. 2.

Novelni, Delsi dan Elfia Sukma. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1). 3886

Pendidikan, J., & Konseling, D., (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV MI Al-Falah Vol. 2, Issue 2.

Permendiknas Nomor 22 tahun 2006.

Reddington, D. (2012). Developing Critical Thinking Skills in the ABE Classroom. Bureau of Adult Education Mini-Grant

Rusman, (2011). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada. 232-233.

Saputri.E & Laili R. (2024). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol. 13, No. 1. 15-21.

Sudiasih, N. N., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Melalui Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 25–36.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). ELEMENTARY, 4(1), 46.

Surya, Hendra. (2011). Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Elek Media Komputindo. 129.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara, 2012.136.

Published
23-02-2024
How to Cite
Eka Anisa Aprina, Erma Fatmawati, & Andi Suhardi. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981-990. https://doi.org/10.58230/27454312.496