Analisis Perkembangan Kurikulum Biologi dari kurikulum 1984 Sampai dengan Kurikulum Merdeka
Abstract
Perkembangan kurikulum di Indonesia dari masa ke masa mengalami perubahan begitu cepat. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui bagaimana perkembangan kurikulum Biologi di Indonesia dari kurikulum 1984 sampai dengan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengantisipasi dan mereduksi segala dampak yang ada serta dapat memanfaatkan sumberdaya secara berkelanjutan diperlukan kemampuan untuk mengikuti dan terlibat dalam perkembangan keilmuan maupun aplikasi di bidang Biologi yang diharapkan dapat dilaksanakan dalam proses pendidikan saat ini maupun di masa mendatang. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research. Adapun hasil penelitian memaparkan bahwa sejarah kurikulum pendidikan di Indonesia mencakup periode mulai dari pra kemerdekaan hingga Kurikulum Merdeka Belajar 2020. Dalam perkembangannya, kurikulum pendidikan, terutama mata pelajaran Biologi, mengalami perubahan signifikan dari Kurikulum 1984 hingga Kurikulum Merdeka Belajar 2020. Perubahan ini mencakup peningkatan tuntutan pada guru, penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi, kewenangan sekolah, hingga penekanan pada kemajuan teknologi dalam media pembelajaran pada Kurikulum 2013. Pada Kurikulum Merdeka Belajar 2020, konsep utamanya adalah merdeka dalam berpikir, dengan beban belajar yang lebih sedikit pada pembelajaran Biologi.
Metrics
References
Alhamuddin, A. 2014. "Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum". Nur El- Islam 1(2), 48-58.
Asri, M. 2017. "Dinamika Kurikulum Di Indonesia." Modelling: Jurnal Program Studi PGMI 4(2): 192–202.
Fajar, Witasari, N., Rini, H. S., Wibowo, L. H., Saidah, R., Asyam, M., Rajagukguk, G. L., & Warningsih, E. K. 2022. "Penguatan Kesiapan Sekolah dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMAN 8 Semarang." Jurnal Puruhita 4(1), 29–34.
Herlanti, Yanti. 2016. “Analisis Domain Pengetahuan Dan Kognitif Pada Kurikulum Indonesia Tahun 1984-2013 Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas Analysis of Knowledge and Cognitive Domain on Indonesia Secondary School Curriculum Year 1984-2013.” JIn Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning 12(1): 304–8.
Hudaidah, and Adelia Putri Ananda. 2021. "Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa Ke Masa." Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah 3(2): 102–8.
Imron, M. 2018. "Pengembangan Kurikulum 1994." INTAJUNA: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Produk Bidang Pendidikan Bahasa Arab 2(1), 18-24.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. 2022. "Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0." Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2), 3011–3024.
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. 2020. "Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar." Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020 10–15.
Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. 2022. "Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo." Jurnal Kependidikan Islam 12(1), 60–71.
Kosassy, S. O. 2017. "Analisis Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013." Pelita Bangsa Pelestari Pancasila 12(1), 78-89.
Machali, I. 2014. "Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045." Jurnal Pendidikan Islam 3(1), 71-94.
Makaborang, Yohana. 2019. "Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri."
Manurung, L. 2019. "Sejarah Kurikulum di Indonesia." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 5(2), 88-95.
Mawaddah, I. 2019. "Trend Kurikulum Dalam Pendidikan Sekolah Di Indonesia." JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 3(3).
Prapanca, Ivan. 2021. "Review Kurikulum Pendidikan Cara Belajar Siswa Aktif ( CBSA ) Tahun 1984 Dalam Pendidikan Indonesia." 3(1): 17–26.
Purba, S. M. T. 2022. "Implementation of the Independent Learning Curriculum to Realize One Child One Curriculum." Intelektium, 3(1) 106–117.
Raharjo, Raharjo. 2020. "Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai Dengan Merdeka Belajar 2020." PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan 15(1): 63.
Saffina, A. D., Muzaki, F. F., & Simatupang, M. Z. 2020. "Perubahan Kurikulum di Awal Era Reformasi (2004-2006) dan Dampaknya terhadap Pendidikan Nasional." Sindang: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah 2(1), 52-62.
Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Indriyani, R., & Lestari, I. D. 2022. "Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka." Jurnal Pendidikan MIPA 12(2), 185–191.
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. 2022. "Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 6(5), 8248–8258.
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. 2022. "Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru." Jurnal Basicedu 6(4), 5936–5945.
Usman, Lestari, I. D., Rahmah, R. A., Handayani, P., Yuliasari, A., Lukmansyah, U., Aliyah, H. S., Hartati, T., & Widiya, Y. 2022. "Proses Pembelajaran Biologi Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMAN 7 Tangerang." Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains 3(2), 56–60.
Wahyuni, F. 2015. "Kurikulum dari Masa ke Masa." Jurnal, Al-Adabiya 10(2).
Wirianto, D. 2014. "Perspektif historis transformasi kurikulum di Indonesia." Islamic Studies Journal 2(1).
Copyright (c) 2024 Eva Ervia, Risma Delima Harahap, Ika Chastanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.