Analisis Perkembangan Kurikulum Biologi dari kurikulum 1984 Sampai dengan Kurikulum Merdeka

  • Eva Ervia Pendidikan Biologi, Universitas Labuhanbatu, Sumatera Utara
  • Risma Delima Harahap Pendidikan Biologi, Universitas Labuhanbatu, Sumatera Utara
  • Ika Chastanti Pendidikan Biologi, Universitas Labuhanbatu, Sumatera Utara
Keywords: Kurikulum Biologi, Pembelajaran Biologi, Perkembangan Kurikulum

Abstract

Perkembangan kurikulum di Indonesia dari masa ke masa mengalami perubahan begitu cepat. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui bagaimana perkembangan kurikulum Biologi di Indonesia dari kurikulum 1984 sampai dengan kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengantisipasi dan mereduksi segala dampak yang ada serta dapat memanfaatkan sumberdaya secara berkelanjutan diperlukan kemampuan untuk mengikuti dan terlibat dalam perkembangan keilmuan maupun aplikasi di bidang Biologi yang diharapkan dapat dilaksanakan dalam proses pendidikan saat ini maupun di masa mendatang. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research. Adapun hasil penelitian memaparkan bahwa sejarah kurikulum pendidikan di Indonesia mencakup periode mulai dari pra kemerdekaan hingga Kurikulum Merdeka Belajar 2020. Dalam perkembangannya, kurikulum pendidikan, terutama mata pelajaran Biologi, mengalami perubahan signifikan dari Kurikulum 1984 hingga Kurikulum Merdeka Belajar 2020. Perubahan ini mencakup peningkatan tuntutan pada guru, penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi, kewenangan sekolah, hingga penekanan pada kemajuan teknologi dalam media pembelajaran pada Kurikulum 2013. Pada Kurikulum Merdeka Belajar 2020, konsep utamanya adalah merdeka dalam berpikir, dengan beban belajar yang lebih sedikit pada pembelajaran Biologi.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alhamuddin, A. 2014. "Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum". Nur El- Islam 1(2), 48-58.

Asri, M. 2017. "Dinamika Kurikulum Di Indonesia." Modelling: Jurnal Program Studi PGMI 4(2): 192–202.

Fajar, Witasari, N., Rini, H. S., Wibowo, L. H., Saidah, R., Asyam, M., Rajagukguk, G. L., & Warningsih, E. K. 2022. "Penguatan Kesiapan Sekolah dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMAN 8 Semarang." Jurnal Puruhita 4(1), 29–34.

Herlanti, Yanti. 2016. “Analisis Domain Pengetahuan Dan Kognitif Pada Kurikulum Indonesia Tahun 1984-2013 Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas Analysis of Knowledge and Cognitive Domain on Indonesia Secondary School Curriculum Year 1984-2013.” JIn Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning 12(1): 304–8.

Hudaidah, and Adelia Putri Ananda. 2021. "Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa Ke Masa." Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah 3(2): 102–8.

Imron, M. 2018. "Pengembangan Kurikulum 1994." INTAJUNA: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Produk Bidang Pendidikan Bahasa Arab 2(1), 18-24.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. 2022. "Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0." Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2), 3011–3024.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. 2020. "Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar." Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020 10–15.

Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. 2022. "Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo." Jurnal Kependidikan Islam 12(1), 60–71.

Kosassy, S. O. 2017. "Analisis Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013." Pelita Bangsa Pelestari Pancasila 12(1), 78-89.

Machali, I. 2014. "Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045." Jurnal Pendidikan Islam 3(1), 71-94.

Makaborang, Yohana. 2019. "Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri."

Manurung, L. 2019. "Sejarah Kurikulum di Indonesia." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 5(2), 88-95.

Mawaddah, I. 2019. "Trend Kurikulum Dalam Pendidikan Sekolah Di Indonesia." JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 3(3).

Prapanca, Ivan. 2021. "Review Kurikulum Pendidikan Cara Belajar Siswa Aktif ( CBSA ) Tahun 1984 Dalam Pendidikan Indonesia." 3(1): 17–26.

Purba, S. M. T. 2022. "Implementation of the Independent Learning Curriculum to Realize One Child One Curriculum." Intelektium, 3(1) 106–117.

Raharjo, Raharjo. 2020. "Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai Dengan Merdeka Belajar 2020." PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan 15(1): 63.

Saffina, A. D., Muzaki, F. F., & Simatupang, M. Z. 2020. "Perubahan Kurikulum di Awal Era Reformasi (2004-2006) dan Dampaknya terhadap Pendidikan Nasional." Sindang: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah 2(1), 52-62.

Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Indriyani, R., & Lestari, I. D. 2022. "Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka." Jurnal Pendidikan MIPA 12(2), 185–191.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. 2022. "Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 6(5), 8248–8258.

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. 2022. "Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru." Jurnal Basicedu 6(4), 5936–5945.

Usman, Lestari, I. D., Rahmah, R. A., Handayani, P., Yuliasari, A., Lukmansyah, U., Aliyah, H. S., Hartati, T., & Widiya, Y. 2022. "Proses Pembelajaran Biologi Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMAN 7 Tangerang." Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains 3(2), 56–60.

Wahyuni, F. 2015. "Kurikulum dari Masa ke Masa." Jurnal, Al-Adabiya 10(2).

Wirianto, D. 2014. "Perspektif historis transformasi kurikulum di Indonesia." Islamic Studies Journal 2(1).

Published
20-02-2024
How to Cite
Eva Ervia, Risma Delima Harahap, & Ika Chastanti. (2024). Analisis Perkembangan Kurikulum Biologi dari kurikulum 1984 Sampai dengan Kurikulum Merdeka. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 927-936. https://doi.org/10.58230/27454312.491