Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis problem Based Learning Tema 5 Subtema 1 untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Wahyu Ike Purwanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau
Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Siswa Kelas V SD

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus memeroleh bahan ajar LKPD valid, hingga bisa dikatakan layak dipakai didalam proses kegiatan belajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dimana rancangan memakai pengembangan model ADDIE yang telah disederhanakan menjadi beberaoa tahap yakni analisis (analysis), desain (desing), pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data dipakai adalah lembar validasi para ahli. Teknik pengumpulan data yakni lembar validasi, observasi dan wawancara tidak terstruktur. Analisis deskriptif kualitatif adalah metode analisis data yang digunakan, dan mencoba untuk mengkarakterisasi temuan validitas yang diberikan oleh validator, Hasil analisis data diperoleh validitas pada aspek materi, bahasa, dan desain. Karakteristik PBL dari hasil validator berturut-turut sebesar 81%, 84,82%, 70% dengan kategori “layak”. Berdasarkan hasil analisis data bisa disimpulkan jika LKPD dengan basis PBL tema ekosistem yang dikembangkan dinyatakan valid serta layak dipakai didalam kegiatan pembelajaran.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aini, N, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Peserta Didik SD Kelas IV pada Materi Gaya (Penelitian Pengembangan di Kelas IV SDN Panancangan 2 Kota Serang Tahun Ajaran 2018/2019). Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 10(1), DOI: 10.21009/JPD.081.

Minawati, E. D. (2020). ( LKPD ) Berbasis CTL Materi Ekosistem Kelas VII MTs Fathul Jannah Palangka Raya Oleh : Elvi Dewi Minawati Institut Agama slam Negeri Palangka Raya Tahun 2020 M / 1441 H.

Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574

Oktafiani, T. A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. IAIN Purwokerto, 1–127. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/8727/

O, Sunny Shinta,dkk. (2022) Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA DI Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dan kebudayaan. Vol 2 No.3. universitas Negeri Jakarta.

Pamungkas, D., Mawardi., Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(2), 212-219 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17774.

Pitriyana, S., & Karnita Arafatun, S. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas VI. Cendekiawan, 4(2), 141–153.

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabelvariabel Penelitian. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alphabet.)

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alphabet.)

Yanuar, A. (2019). Seri Sains Ekosistem :Alprin.

Widya. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran PJOK di Kelas IV SDN 151 Pekanbaru Tahun 2021. Universitas Islam Riau.

Wijaya, Cyntia Dara. 2022 “Pengembangan Media Diorama Tema Ekosistem Pada Siswa Kelas V SD Negeri 011 Sorek Satu Kabupaten Pelalawan”Skripsi. Universitas Islam Riau.

Zainal, Nur Fitriani. (2022). Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu. Https://www.neliti.com/publications/447872/problem-based-learning-pada-pembelajaran-matematika-di-sekolah-dasar-madrasah-ib.

Published
29-01-2024
How to Cite
Wahyu Ike Purwanti, & Zaka Hadikusuma Ramadan. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis problem Based Learning Tema 5 Subtema 1 untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 137-144. https://doi.org/10.58230/27454312.489