Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva
Abstract
Artificial Intelligence merupakan suatu kebaruan pada bidang teknologi yang menyebabkan disrupsi pada bidang pendidikan. Disrupsi merupakan sesuatu yang dapat mengubah cara orang bekerja, berinteraksi, dan memperoleh informasi secara drastis. Dampak disrupsi pada bidang pendidikan yang paling menonjol adalah peran guru dalam pembelajaran, contohnya student center dan transformasi media pembelajaran, dimana pembelajaran sekarang berbasis teknologi, dan media pembelajaran lebih interaktif dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru kelas VI di SD Negeri Sukamaju, SD Negeri Bojongkoneng, dan SD Negeri Sukawangi dalam membuat media pembelajaran digital menggunakan fitur artificial intelligence aplikasi Canva. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran digital sangat baik. Guru dapat menggunakan alat desain grafis dengan lancar, membuat tampilan media pembelajaran digital dengan menarik, memilih konten dan menggunakan bahasa sesuai, serta guru dapat menggunakan artificial intelligence dengan sangat baik. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran digital menggunakan artificial intelligence aplikasi Canva. Diantaranya, faktor usia, akreditasi sekolah, seberapa sering sekolah mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran, seberapa sering guru mengikuti pelatihan mengenai media pembelajaran, adaptasi guru terhadap penggunaan teknologi, pemahaman guru terhadap platform dan fitur yang digunakan, kreativitas guru, pengetahuan guru terhadap konten media pembelajaran, serta adanya alat penunjang untuk membuat media pembelajaran digital. Selain itu, Sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan, Guru merasa sangat terbantu dengan adanya artificial intelligence karena dirasa lebih mudah dalam mencari sumber, inspirasi maupun bahan untuk membuat media pembelajaran digital.
Metrics
References
Abdul Azis, Dwi Krisbiantoro, & Riyanto. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva pada Guru SDN Dukuhwaluh untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 173–182. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i1.853
Almahdali, H., Pane, E. P., Khaeruddin, Octafiona, E., Rukmana, A. Y., Syarifah, Nasution, A. K. P., Jannah, L. U., Darman, Suryawati, S. S., & Razilu, Z. (2023). New Technologies in teaching and learning. CV Getpress Indonesia.
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Anggraini, S. F. (2022, March 13). Melihat Kecerdasan Buatan yang Ada Dalam Kehidupan Sehari-hari. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/03/13/kecerdasan-buatan-kehidupan-sehari-hari
Fadhallah. (2020). Wawancara.
Firdos, I. I., Permatasari, I., & Rahmawati, M. (2023). Peranan Teknologi Dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Sekolah Dasar. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Hakim, L. (2022, December 8). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan. https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan
Herry Kiswanto, M. Th. (2022, September 12). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Masa Kini. Sevima. https://sevima.com/pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-pendidikan-masa-kini/
Hilmi, M., Hasaniyah, N., & Maulana Malik Ibrahim Malang, U. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Digital dalam Pengajaran Bahasa Arab.
Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1961
Junaidi, M., Syafitri, Y., Septia, L. E., Budi Utama, W., Rizal, U., Cipta Cendikia, D., & Satu Nusa Lampung, U. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN E-PRESENTATION DENGAN APLIKASI CANVA DAN GOOGLE CLASS ROOM PADA SMK SATU NUSA 1 BANDAR LAMPUNG Institut Bakti Nusantara, 2) ITBA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat SINERGI, 5(1). www.canva.com.
Lina. (2023). Pengaruh Game Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi Terhadap Keterampilan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1799–1806. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7536
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Maulana. (2016). Statistika dalam penelitian pendidikan: konsep dasar dan kajian praktis. UPI Sumedang press.
Okra, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Yulia Novera. In Journal of Educational Studies (Vol. 4, Issue 2).
Ortega, C. R. (2023). Education in the age of artificial intelligence. https://courier.unesco.org/en/subscribe
Pujihastuti, A. (2023, September 10). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Asisten Guru dalam Peningkatan Literasi Digital di Era 4.0.
Rehani, A., & Mustofa, T. A. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. In Jurnal Kependidikan (Vol. 12, Issue 4). https://jurnaldidaktika.org
Santoso, J. (2022, April 29). 5 Cara Meningkatkan Kualitas Guru. Universitas STEKOM. https://stekom.ac.id/artikel/5-cara-meningkatkan-kualitas-guru
sendari, A. A. (2021, February 1). Mengenal Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Sebuah Tulisan Ilmiah.
Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. 2(1), 774–783.
Sunarti, S., Diklat, B., & Palembang, K. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Kabupaten Muba. 15(1).
Tomoredjo, M. R. (2023, October 28). Artificial Intelligence (AI), Peluang Dan Tantangan Bagi Pemuda Indonesia (Refleksi Isi Pidato Menpora Pada Peringatan Dari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 Dari Kacamata Widyaprada) . Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah. https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/artificial-intelligence-ai-peluang-dan-tantangan-bagi-pemuda-indonesia/
Yasin, M. (2021, June 1). Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran. Komnasdik Kab-Kota Kediri. https://komnasdikkediri.or.id/artificial-intelligence-ai-untuk-mendukung-pembelajaran/
Copyright (c) 2024 Tiar Aulia Maulid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.