Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva

  • Tiar Aulia Maulid Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maulana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isrok’atun Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Keterampilan Guru, Sekolah Dasar, Artificial Intelligence, Canva, Media pembelajaran digital

Abstract

Artificial Intelligence merupakan suatu kebaruan pada bidang teknologi yang menyebabkan disrupsi pada bidang pendidikan. Disrupsi merupakan sesuatu yang dapat mengubah cara orang bekerja, berinteraksi, dan memperoleh informasi secara drastis. Dampak disrupsi pada bidang pendidikan yang paling menonjol adalah peran guru dalam pembelajaran, contohnya student center dan transformasi media pembelajaran, dimana pembelajaran sekarang berbasis teknologi, dan media pembelajaran lebih interaktif dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru kelas VI di SD Negeri Sukamaju, SD Negeri Bojongkoneng, dan SD Negeri Sukawangi dalam membuat media pembelajaran digital menggunakan fitur artificial intelligence aplikasi Canva. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran digital sangat baik. Guru dapat menggunakan alat desain grafis dengan lancar, membuat tampilan media pembelajaran digital dengan menarik, memilih konten dan menggunakan bahasa sesuai, serta guru dapat menggunakan artificial intelligence dengan sangat baik. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran digital menggunakan artificial intelligence aplikasi Canva. Diantaranya, faktor usia, akreditasi sekolah, seberapa sering sekolah mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran, seberapa sering guru mengikuti pelatihan mengenai media pembelajaran, adaptasi guru terhadap penggunaan teknologi, pemahaman guru terhadap platform dan fitur yang digunakan, kreativitas guru, pengetahuan guru terhadap konten media pembelajaran, serta adanya alat penunjang untuk membuat media pembelajaran digital. Selain itu, Sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan, Guru merasa sangat terbantu dengan adanya artificial intelligence karena dirasa lebih mudah dalam mencari sumber, inspirasi maupun bahan untuk membuat media pembelajaran digital.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdul Azis, Dwi Krisbiantoro, & Riyanto. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva pada Guru SDN Dukuhwaluh untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 173–182. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i1.853

Almahdali, H., Pane, E. P., Khaeruddin, Octafiona, E., Rukmana, A. Y., Syarifah, Nasution, A. K. P., Jannah, L. U., Darman, Suryawati, S. S., & Razilu, Z. (2023). New Technologies in teaching and learning. CV Getpress Indonesia.

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560

Anggraini, S. F. (2022, March 13). Melihat Kecerdasan Buatan yang Ada Dalam Kehidupan Sehari-hari. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/03/13/kecerdasan-buatan-kehidupan-sehari-hari

Fadhallah. (2020). Wawancara.

Firdos, I. I., Permatasari, I., & Rahmawati, M. (2023). Peranan Teknologi Dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Sekolah Dasar. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Hakim, L. (2022, December 8). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan. https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan

Herry Kiswanto, M. Th. (2022, September 12). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Masa Kini. Sevima. https://sevima.com/pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-pendidikan-masa-kini/

Hilmi, M., Hasaniyah, N., & Maulana Malik Ibrahim Malang, U. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Digital dalam Pengajaran Bahasa Arab.

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1961

Junaidi, M., Syafitri, Y., Septia, L. E., Budi Utama, W., Rizal, U., Cipta Cendikia, D., & Satu Nusa Lampung, U. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN E-PRESENTATION DENGAN APLIKASI CANVA DAN GOOGLE CLASS ROOM PADA SMK SATU NUSA 1 BANDAR LAMPUNG Institut Bakti Nusantara, 2) ITBA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat SINERGI, 5(1). www.canva.com.

Lina. (2023). Pengaruh Game Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi Terhadap Keterampilan Menulis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1799–1806. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7536

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Maulana. (2016). Statistika dalam penelitian pendidikan: konsep dasar dan kajian praktis. UPI Sumedang press.

Okra, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Yulia Novera. In Journal of Educational Studies (Vol. 4, Issue 2).

Ortega, C. R. (2023). Education in the age of artificial intelligence. https://courier.unesco.org/en/subscribe

Pujihastuti, A. (2023, September 10). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Asisten Guru dalam Peningkatan Literasi Digital di Era 4.0.

Rehani, A., & Mustofa, T. A. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. In Jurnal Kependidikan (Vol. 12, Issue 4). https://jurnaldidaktika.org

Santoso, J. (2022, April 29). 5 Cara Meningkatkan Kualitas Guru. Universitas STEKOM. https://stekom.ac.id/artikel/5-cara-meningkatkan-kualitas-guru

sendari, A. A. (2021, February 1). Mengenal Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Sebuah Tulisan Ilmiah.

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. 2(1), 774–783.

Sunarti, S., Diklat, B., & Palembang, K. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Kabupaten Muba. 15(1).

Tomoredjo, M. R. (2023, October 28). Artificial Intelligence (AI), Peluang Dan Tantangan Bagi Pemuda Indonesia (Refleksi Isi Pidato Menpora Pada Peringatan Dari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 Dari Kacamata Widyaprada) . Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah. https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/artificial-intelligence-ai-peluang-dan-tantangan-bagi-pemuda-indonesia/

Yasin, M. (2021, June 1). Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran. Komnasdik Kab-Kota Kediri. https://komnasdikkediri.or.id/artificial-intelligence-ai-untuk-mendukung-pembelajaran/

Published
03-02-2024
How to Cite
Maulid, T. A., Maulana, & Isrok’atun. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 281-294. https://doi.org/10.58230/27454312.485