Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Target Hafalan Al Quran Pada Program Tahfidz di Perguruan Tinggi Islam

  • Rahmad Institut Agama Islam Tazkia Bogor
  • Syamsul Hadi Institut Agama Islam Tazkia Bogor
Keywords: Target Hafalan, Prestsai Akademik, Program Tahfidz

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap target hafalan mahasiswa/i dikampus IAI Tazkia Bogor program tahfidz dan prestasi  akademik sebagai variable intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan analisis jalur (Path Analysis). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan populasi penelitian yaitu mahasiswa/i kampus B’a matrikulasi program hafidz preneur IAI Tazkia Bogor sebanyak 283 mahasiswa/I dengan sampel penelitian mahasiswa/i yang belum tercapai hafalan 30 juz sebelum masuk kampus Tazkia sebanyak 73 Mahasiswa/i yang dipilih menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui pengisian data kuisoner yang berupa skala model Likert dengan menyebarkan kuisoner berupa google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi target hafalan berupa game online, sosmed, organisasi, dan akademik terhadap target hafalan, Secara langsung, game online tidak memiliki pengaruh signifikan dan arahnya negatif terhadap prestasi akademik, game online tidak berpengaruh signifikan secara langsung dan arahnya negatif  terhadap target hafalan. sosmed memiliki pengaruh signifikan secara langsung dan berdampak positif terhadap prestasi akademik. sosmed tidak berpengaruh signifikan secara langsung dan arahnya positif terhadap target hafalan. Organisasi tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap prestasi akademik maupun terhadap pencapaian target hafalan dan arahnya positif. akademik tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung dan berdampak negatif terhadap pencapaian target hafalan. Secara tidak langsung, melalui faktor akademik, baik game online, sosmed, maupun organisasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pencapaian target hafalan. Pengaruh game online, sosmed, organisasi, dan akademik berpengaruh secara simultan terhadap target hafalan mahasiswa/I kampus B’a matrikulasi IAI Tazkia.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdullah, P. M. (2015). Living in the world that is fit for habitation : CCI’s ecumenical and religious relationships. In Aswaja Pressindo.

Aini, I. Q. (2020). Persepsi Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir terhadap Penggunaan Media Sosial dalam Menghafal Alquran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Sustainability (Switzerland), 14(2), 1–4.

Alrusdi, P. S. F. (2023). Pengaruh Organisasi BKKBM Dalam Mencapai Target Hafalan Al-Qur’an Di Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. 31–41.

Aul, N. A. I. (2022). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Antisipatif Bencana: Studi Penguatan Materi Terintegrasi Ayat Al-Qur’an. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 49–56. https://doi.org/10.58230/27454312.127

Bisri, H., & Abdillah, M. B. (2018). Pengelolaan Model Pembinaan Tahfiz Alquran. Tadbir Muwahhid, 2(1), 60. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1157

Bisri, H. (2016). Pengelolaan Tahfidzul Quran Model Ponpes LKiD. Ta’dibi, 5(1), 67–77.

Bukoting, C. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Al-Qur’an Hadis Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu). 8.5.2017, 1–12. www.aging-us.com

Dananier, N. (2022). Pendidikan Multikul Pendidikan Multikultural Di Perguruan Tinggi Islam Berbasis Boarding School Boarding School Institut Agama Islam Tazkia. Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 16(2), 169–184. https://doi.org/10.56997/almabsut.v16i2.686

Doyok, R. (2021). Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Tahfiz Selama Daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 73. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.429

Eriska Siburian1, Jontra Jusat Pangaribuan2, Antonius Remigius Abi3, P. J. S. (2022). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 5 September 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap The Effectiveness Of Jigsaw As A Cooperative Learning Model On. 6(September), 1385–1393.

Fadilah, N., & Takwin, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Subtema Sumber Energi Berbasis Ayat-ayat Al- Qur ’ an pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pendahuluan. 12(1), 57–70.

Hadarna, (2020). Pendidikan Anak Dalam Perspektif Islam. 9(1), 169–184. https://doi.org/10.56997/almabsut.v16i2.686

Hadi, S. (2020). Evaluasi Program Matrikulasi Bagi Mahasiswa Asal Daerah 3T (Studi Evaluatif Menggunakan Model CIPP di IAI Tazkia Bogor). Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 64–71. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.622

Huda, K. (2021). Strategi Pencapaian Prestasi Akademik Dan Tahfidz Al Quran ( Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 15 Brondong , Lamongan ). 5(2), 174–186.

Julianti, M. (2023). Pengaruh Psychological Distress dan Social Media Fatigue terhadap Learning Burnout pencapaian target hafalan pada santri PPTQ Assaadah Malang. 1–13.

Kurnia, H. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Universitascokroaminoto Yogyakarta. Academy of Education Journal, 5(2), 91–103. https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.120

Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an Yusron Masduki Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang. 18(1), 430–439.

Muhammad Nasir, Erlina Oktaviani, Sulistiani Sulistiani, & Nur’ain Nur’ain. (2022). Pengaruh Keaktifan Organisasi Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Mahasiswa Stiq Amuntai. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(3), 1–9. https://doi.org/10.35931/alfurqan.v1i3.1

Mulyanti, E. (2020). Efektivitas Hafalan Al-Qur’an Juz 30 di Muhammadiyah Desa Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pergumi, 1 Nomor 1, 1.

Mutaqin, D., Indra, H., & Lisnawati, S. (2021). Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al – Qur’an Untuk Ketercapaian Target Hafalan di SMPTQ Abi Ummi. Rayah Al-Islam, 5(02), 494–505. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.479

Mutaqin, D., Indra, H., & Lisnawati, S. (2022). Manajemen pembelajaran tahfizh Alquran untuk ketercapaian target hafalan di SMPQ Al-Ihsan. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 187. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.7623

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Manggauk, N. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Tema Sehat Itu Penting Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Quran Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tana Toraja. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 95–108. https://doi.org/10.58230/27454312.144

Pasaribu, R. (2019). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Kedisiplinan Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Siswa Sd Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 173–187. https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.66

Pertiwi, A. (2018). Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan Tilawah Al-Qur’an Bagi Calon Peserta Didik Musabaqoh Tilawatil Qur`an. Tadbir Muwahhid, 2(1), 25. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1083

Ramadhani, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Dalam Membaca Al-Quran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Peserta Didik. Tadbir Muwahhid, 2(1), 1. https://doi.org/10.30997/jtm.v2i1.1082

Ramadhani, W., & Aprison, W. (2022). Urgensi Pembelajaran Tahfidz Al- Qur ’ an d i Era 4 . 0. Pendidikan Tambusai, 6, 13167. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4538/3827

Rezeki, M. P., & Zulfatmi. (2021). Kontribusi OrangTua dalam Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Hafalan Al-Quran Anak di TPA Al Mukhayyarah Darussalam. Takammul, 10(2), 45–60.

Riduan, M., Maufur, M., & Abdurakhman, O. (2016). Manajemen Program Tahfizhl Alquran Pada Pondok Pesantren Modern Program Management Memorizing the Quran At Islamic Boarding School. Ta’dibi ISSN 2442-4994, 5(1), 1–22.

Rustiana, D., Anas, M., Pesantren, I., Abdul, K., Pacet, C., Pesantren, I., Abdul, K., & Pacet, C. (2022). Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur ’ an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al- Qur ’ an Siswa. 1(1), 12–24.

Santika, G. D. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Siswa Dalam Baca Tulis Al-Qur’an Di Desa Montok Larangan Pamekasan. 1–13.

Sholikhah, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fe Unesa Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2), 76–80. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/24509.

Siti, R., & Saleh, M. (2018). Manajemen Kurikulum Program Tahfidz Al-Quran di Pondik pesanteran Salafiyah Al-Azhar Mojosari Situbondo. JPII Volume 3, 107–121.

Suryaningsih, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i1.100

Tri Rizqi Ariantoro. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1(May), 31–48.

Wahyuni, A., & Syahid, A. (2019). Tren Program Tahfidz Al-Qur ’ an sebagai Metode Pendidikan Anak. Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak, 5(1), 87–96.

Wijaya. (2019). Upaya Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Hafalan Alquran Siswa Kelas Xi Sma Al Minhaj Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 135–149.

Yasto, P. H., & Fatimah, M. (2023). Implementasi Metode Hafansa dalam Menghafal Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara. Didaktika: Jurnal Kependidikan,12(4),819–832. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/288

Published
29-02-2024
How to Cite
Rahmad, & Syamsul Hadi. (2024). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Target Hafalan Al Quran Pada Program Tahfidz di Perguruan Tinggi Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1115-1132. https://doi.org/10.58230/27454312.483