Metode Pengajaran Talaqi, Takrir, dan Tasm’i terhadap Hafalan Al-Quran Hafidzpreneur Mahasiswa IAI Tazkia

  • Cici Institut Agama Islam Tazkia
  • Syamsul Hadi Institut Agama Islam Tazkia
Keywords: Hafidzpreneur, Talaqi, Takrir, Tasm’i

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai apakah terdapat perbedaan dalam pencapaian hafalan Al-Qur'an di antara mahasiswa yang menerapkan metode Talaqi, Takrir, dan Tasm'i di Hafidzpreneur IAI Tazkia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik  analisis Anova (Analisis of Variance) yang dilakukan dengan one-way anova dan uji scheffe. Teknik analisi data menggunakan uji "f" pada ketiga metode, diperoleh hasil F hitung sebesar 16,371, sementara nilai F tabel adalah 3,031.Dan nilai signifikan posttest pencapaian hafalan al-quran  <,001 yang berarti lebih kecil dari nilai 0,05 (0,001 <0,05). Dengan demikian H0 ditolak artinya Ada perbedaan terhadap pencapaian hafalan Al-Quran dengan metode pengajaran  Talaqi, Takrir dan Tasm’i . Proses pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner dan wawancara terstruktur. Penelitian ini menggunakan Variabel penelitian melibatkan variabel bebas, yaitu metode Talaqi, Takrir, dan Tasm'i dengan skala sikap model Likert. Maka dapat disimpulkan bahwa metode paling efektif berdarakan hasil Anova one-way dengan menggunakan uji scheffe adalah metode tasmi. Karena metode ini terdapat pengaruh yang memungkinkan terhadap pencapaian hafalan Al-Quran kepada mahasiswa, Sehingga terdapat perbedaan jelas dari ketiga metode tersebut.

Metrics

Metrics Loading ...

References

’Kirana, H., & ’Wibisono, I. (2023). Aplikasi Edukasi Islam Berbasis Android: Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Hukum Tajwid dengan Metode Waterfalldi TPQ Sidiq Al-Musirun. Jurnaldidaktika.Org, Vol. 12 No(4), 1–7.

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 1–17.

Azizi, A. H., Ritonga, A. A., & Dahlan, Z. (2023). Pengaruh Metode Amtsal dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak di Mts Negeri Binjai. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 1–14.

Fadli, T., Sirojudin, Supardi, & Wasehudin. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Talaqqi dan Takrir Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(11), 1–14. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i11.654

Faroh Ladayya, Dian Handayani, Devi Eka Wardani Meganingtyas, Ishmah Azzah Kameela, Adine Ihsan Kamil, & Zikri Muhammad Madani. (2023). Pelatihan Analisis One-Way Anova dalam Rangka peningkatan Kualitas Penelitian Guru di Wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu. Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.58797/teras.0202.03

Hadi, S. (2020). Evaluasi Program Matrikulasi Bagi Mahasiswa Asal Daerah 3T (Studi Evaluatif Menggunakan Model CIPP di IAI Tazkia Bogor). Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 1–12. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.622

Hana, P., Rusliyawati, R., & Damayanti, D. (2019). Pengaruh Media Richness Dan Frequently Update Terhadap Loyali Tas Civitas Akademika Perguruan Tinggi. Jurnal Tekno Kompak, 13(2), 7. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i2.328

Hartanti, A. D., Abdurrahmansyah, A., & Adil, M. (2021). Tahfiz Qur’an dengan Metode Tasmi’ dan Sambung Ayat (Strategi Pengorganisasian, Penyajian, dan Pengelolaanya di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Palembang). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(2), 1–16. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.42

Haryani, L. D., & Sholeh, M. A. (2019). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Di Sdit Ulul Al-Bab Weleri. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.47-52

Hendrawati, W., Rosidi, & Sumar. (2020). Aplikasi Metode Tasmi’ Dan Muraja’ah Dalam Program Tahfidzul Quran Pada Santriwati di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i1.1272

Ifadah, R., Rahmah, E. N., & Fatimah, F. S. N. (2021). Penerapan Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa MI. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 1–20. https://doi.org/10.37542/iq.v4i01.194

Karim Halim, A., Safitri, A., & Mahdi. (2021). Implementasi Metode Menghapal Quran Melalui Metode Takrir Di Pondok Pesantren. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i1.4728

Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5988

Nidhom, K. (2018). Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Dalam Mencetak Generasi Qur’ani (Studi Kasus Program Intensif Tahfizhul Qur’an di Institut Daarul Qur’an). Tahdzibi : Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 1–22. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.83-102

Nurhidayati, L., Asiyah, A., & Zubaidah, Z. (2021). Perbedaan Hasil Hafalan Al-Qur’an Siswa Yang Menggunakan Metode Takrir Dengan Metode Kitabah. Journal of Primary Education (JPE), 1(1), 19. https://doi.org/10.29300/jpe.v1i1.4404

Purba, A., & Maturidi. (2019). Mendidik Anak dalam Mencintai Al- Qur’ an Mendidik Anak dalam Mencintai Al- Qur’ an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 1–22.

Rosyidatul, I., Suhadi, S., & Faturrohman, M. (2021). Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.54090/alulum.114

Rudini. (2022). Penerapan Metode Takrir dalam Meningkatkan Hafalan Surah Pendek Santri di TPA Miftahul Jannah Kota Kapur. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 14(2), 1–15. https://doi.org/10.30596/11256

Saputra, D. (2021). Implementasi Metode Tasmi’ Dan Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(4), 1–23. Retrieved from https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/557

Septiadi, A., & Ramadhani, W. K. (2020). Penerapan metode anova untuk analisis rata-rata produksi donat, burger, dan croissant pada toko roti Animo Bakery. Bulletin of Applied Industrial Engineering Theory, 1(2), 1–5.

Syafitri, J. dwi, Andi, W., Rina, S., & Apriyanti Nurwinda. (2022). PENERAPAN METODE TAKRIR DALAM PENGUATAN HAFALAN JUZ ‘AMMA SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN SIDOHARJO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Unisan Jurnal, 01(04), 1–14. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/655

Published
29-02-2024
How to Cite
Cici, & Hadi, S. (2024). Metode Pengajaran Talaqi, Takrir, dan Tasm’i terhadap Hafalan Al-Quran Hafidzpreneur Mahasiswa IAI Tazkia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1165-1174. https://doi.org/10.58230/27454312.480