Game Based Learning Berorientasi Kahoot! Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Ni Wayan Pitriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: game based learning, kahoot, motivation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berorientasi Kahoot terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V Gugus IV Banjar yang berjumlah 142 siswa. Penelitian ini tergolong jenis eksperimen semu. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah untuk kelas eksperimen yaitu siswa kelas V SDN 1 Kecamatan Banjar berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V berjumlah 26 orang yaitu dari SDN 9 Banjar sebagai kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Data dianalisis dengan Anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis permainan berorientasi Kahoot terhadap motivasi nilai signifikansi lebih kecil 0,05 (0,001< 0,05). Kesimpulannya pembelajaran berbasis permainan berorientasi Kahoot berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar bahasa Inggris siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anggita, F., & Nisa Lubis, K. (2023). Pengaruh Game Based Learning (Gbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sdn 060811 Medan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2816–2826. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.585

Aymajaya, T., Susanta, A., & Utari, T. (2023). Pengaruh GBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JMPS, 7(3), 441–449. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.441-449

Fazhur, L. S., & Khaerunnisa. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Sma Di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 41. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.39-44

Fazriyah, N., Saraswati, A., Permana, J., & Indriani, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Media Dan Sumber Pembelajaran Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 143. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.119

Gunanto, S. G. (2021). Game-Based Learning: Media Konstruktif Pembelajaran Mandiri Bagi Siswa. Rekam, 17(1), 71–76. https://doi.org/10.24821/rekam.v17i1.4951

Hari Pujayanti, F., Sumiharsono, R., & Triwahyuni, E. (2023). Pengaruh Metode Game Based Learning terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Kemampuan Sosial Emosional Anak TK. 4, 1435–1444. http://jurnaledukasia.org

Hidayat, I., Supriani, A., Setiawan, A., & Lubis, A. (2023). Implemantasi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran interaktif dengan siswa SMP negeri 1 Kunto Darussalam. Journal on Education, 6(1), 6933. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3924

Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3223

Kudri, A., & Maisharoh, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4628–4636. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1452

Monalisa, M. (2023). Pengaruh Game Based Learning Mata Pelajaran Informatika Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(01), 19–29. https://doi.org/10.53977/ps.v3i01.908

Murdika, I. P., Prastya, N. P. C., & Wiguna, I. K. W. (2023). Jurnal Ilmiah PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 56–65. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/pgsd/article/view/3688

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 102. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10281

Nofitasari, Y., Murtini, S., & Rohmah, R. R. (2023). Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa dengan Pengajaran Berbasis Game-Based Learning pada Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 13 Surabaya. TambusaiJurnal Pendidikan Tambusa, 7(2), 6381–6386. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7226

Permana, N. S. (2020). Gamed Based Learning Sebagai Salah Satu Solusi dan Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama Katolik (JPAK), 9(2), 110. https://doi.org/10.12681/edusc.3109

Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2021). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1845

Salfadilah, F., Prastowo, A., & Wibowo, Y. R. (2023). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Penilaian Kognitif Berbasis Hots Di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 40. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.9791

Siregar, P. D., & Melyani Sari Petu. (2023). Pengaruh Model Game Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Muhammdiyah 01 Medan. Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM), 4(1), 88–100. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/JoSDIM/article/view/5099

Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. (2021). Peranan Game Edukasi Kahoot! dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 51. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/29851

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 202. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206

Published
09-02-2024
How to Cite
Pitriani, N. W., Nyoman Dantes, & Sariyasa. (2024). Game Based Learning Berorientasi Kahoot! Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 643-650. https://doi.org/10.58230/27454312.472