Analisis Strategi Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar

  • Shafira Salsabila Gunadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hanifah, N Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nugraha, G Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Penguatan Karakter, Strategi

Abstract

Pembentukan karakter menjadi suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian lebih khususnya pada era globalisasi ini. Mengingat banyaknya kasus mengenai kurangnya moralitas yang terjadi khususnya pada usia dini. Berdasarkan fungsi dan tujuan, perubahan kurikulum sendiri dianggap sebagai suatu kunci dari terciptanya keberhasilan Pendidikan agar peserta didik mampu menghadapi perubahan salah satunya mengenai pendidikan karakter dengan adanya penerapan Profil Pelajar Pancasila . Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti berkeinginan untuk menganalisis bagaimana strategi penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam penguatan karakter peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain yang digunakan adalah desain studi kasus. Partisipan atau subjek pada penelitian ini ialah Guru kelas I, II, IV, dan V yang berjumlah 4 orang. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang tepatnya di SD Negeri Tegalkalong. Berdasarkan hasil penelitian ini (1) Strategi yang diterapkan ialah strategi diferensiasi. (2) Dengan adanya pembelajaran ini memberikan perubahan dalam perkembangan karakteristik peserta didik dan memunculkan karakter Profil Pelajar Pancasila (3) hambatan dalam penerapannya diantaranya dapat muncul dari peserta didik bahkan guru sekalipun. Hambatan yang muncul diantaranya kesulitan memunculkan karakter bernalar kritis pada peserta didik, kesulitan dalam menentukan alokasi waktu, kesulitan dalam melaksanakan evaluasi dan asesmen dan pembuatan modul ajar. Beberapa upaya yang dapat mengatasi kendala pada pembelajaran P5 ini seperti mengikuti pelatihan mengenai implementasi kurikulum merdeka terkhusus P5 agar lebih mengetahui dan mendapat pemahaman lebih, merancang pembelajaran yang dapat memunculkan dimensi yang dituju dengan menarik dan memotivasi peserta didik, memberikan penjelasan dan pemahaman yang lebih mudah dipahami mengenai pembelajaran P5 ini kepada peserta didik.

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ariyana, Y, dkk. (2018). Bukut Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktor Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm 12.

Diah Ningrum. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab Diah Ningrum Sekolah Menengah Islam Terpadu (SMIT) Al Marjan. Unisia, XXXVII(No. 82), 18–30.

Hendryadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium)

Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitiatif (Untuk Ilmu-Ilmu Sosial). Jakarta: Salemba Humanika

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rifa, P., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). (1).

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Rohmah, A. N. (2023). Studi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Pendidikan Dasar. BTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 70–77.

Sya’idah, N., Perdana, A. S., & Murni, I. (2022). Pentingnya Pendidikan Nilai terhadap Siswa Sekolah Dasar di Era Global. Jurnal Pendidikan Tambusa, 6(2), 11819–11824.

Wati. (2017). Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar Untuk Penguatan Jiwa Profektif Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III,. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III P-ISSN, 2598(November), 61.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek dan Strategi). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Published
01-02-2024
How to Cite
Gunadi, S. S., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Analisis Strategi Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 177-184. https://doi.org/10.58230/27454312.468