Penggunaan Metode Lattice untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Perkalian Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan operasi hitung perkalian dengan menerapkan metode lattice pada pembelajaran matematika materi perkalian pada siswa kelas III SD. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen, dengan desain Non-Equivalent Control Group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III se-kecamatan Cihaurbeuti dengan jumlah keseluruhan sebanyak 29 sekolah. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampelnya yaitu Non-probability Sampling Design dengan metode purposive sampling, sehingga terpilih SDN Padamulya 1 sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode lattice dan SDN Padamulya 2 sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional perkalian bersusun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu terdapat peningkatan keterampilan operasi hitung antara pretest dan posttest di kelas eksperimen, dimana terlihat perbedaan hasil rata-rata pretest dan posttest di kelas eksperimen yaitu pretest sebesar 70,64 dan posttest sebesar 85,21. Kemudian dalam uji hipotesis dilakukan dengan uji Mann Whitney, dikarenakan data pretest dan posttest berdistribusi tidak normal. Berdasarkan output “Test Statistics” pada uji Mann Whitney diketahui bahwa nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “hipotesis diterima” artinya terdapat peningkatan keterampilan operasi hitung di kelas eksperimen. Kemudian dilakukan penghitungan N-Gain untuk mengetahui peningkatannya. Berdasarkan perhitungan uji N-gain, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen sebesar 54,60% dan untuk kelas kontrol sebesar 30,83%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode lattice efektif dalam meningkatkan keterampilan operasi hitung perkalian.
Metrics
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (n.d.). (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2442–9511. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http
Afifah, H. N., Fitrianawati, M., & Dahlan, U. A. (2020). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar.
Ayu, R., & Musa, L. A. D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Lattice Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 30–39. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.30-39
Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85
Fauzi, Y. N., Irawati, R., & Aeni, A. N. (2022). Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2749
Hapriani. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Lattice terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi. Jurusan PGMI. UIN Mataram.
Hasanah, S. R., Sari, A. D. I. (2022). Peningkatan Keterampilan Berhitung Perkalian melalui Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 182 Gresik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 8(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.368
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., Alamsyah, T. P., & Tandililing, E. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 25(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
Indah, P. J., Saputro, B. A., & Sundari, R. S. (2020). Analysis of Difficulty Learning Operations to Calculate Multiplication and Division during the Pandemic (Covid-19) in Elementary Schools Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pada Masa Pandemi (Covid-19) di Sekolah Dasar DIDAKTIKA Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 3(2), 129–138.
Isrok’atun. (2023). Tuntutan Pembelajaran Matematika SD di Abad 21. Bandung: Refika Aditama.
Khulaifatur, N., Solikin, R., Ayu, D., Cipta, S., Anugraini, A. P., Matematika, P., Budi, I., & Malang, U. (2019). Penggunaan Metode Lattice Dalam Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian. In Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika (Vol. 2, Issue 1).
Oka Tamaraningtyas. (2018). Penerapan Model pembelajaran Team Asissted Individualization Berbantuan media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian Bilangan Cacah (Penelitian Tindakan kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri Karangasem II Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi. Jurusan PGSD. Universitas Sebelas Maret.
Rifki Febrian. (2023). Pengaruh Media Lego Blocks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perkalian di Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan PGSD. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rizky Rahayu, S., Hari Supriyanto, D., Susanto, S., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Modern Ngawi, S. (n.d.). (2022). Pengaruh Teknik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Siswa Kelas Iv Sdn Jogorogo 1 Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi.
Sahara Munte, R., Syahran Jailani, M., Siregar, I., & Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.). (2023). Jenis Penelitian Eksperimen dan Noneksperimen (Design Klausal Komparatif dan Design Korelasional).
Solikin, N. K. R., Cipta, D. A. S., & Anugraini, A. P (2019). Penggunaan Metode Lattice dalam Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 51-57.
Suyanti, D., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. S. (n.d.). (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Lattice Dalam Menyelesaikan Operasi Perkalian Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Kelas Iii Sdn Sukasari.
Wardiyana Fatmala, F. (n.d.). (2019). JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index
Wibowo, A. W., Suryaningrum, G. D., Ristianti, N. A., Agustin, P., & Prasetyaningtyas, P. (n.d.). (2020). Meta-analisis Pengaruh Metode Gasing Pada Pembelajaran Matematika SD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Zahrotunnisa., Genio, T. (2017). Analisis Keterampilan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini pada Aktivitas yang Menggunakan Media Kartu Angka Bergambar. Skripsi. Jurusan PGSD. Universitas Pendidikan Indonesia.
Copyright (c) 2024 Novita Alamsyah, Isrok’atun, Riana Irawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.