Penggunaan Metode Lattice untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Perkalian Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar

  • Novita Alamsyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isrok’atun Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riana Irawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Keterampilan Operasi Hitung, Metode Lattice, Perkalian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan operasi hitung perkalian dengan menerapkan metode lattice pada pembelajaran matematika materi perkalian pada siswa kelas III SD. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen, dengan desain Non-Equivalent Control Group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III se-kecamatan Cihaurbeuti dengan jumlah keseluruhan sebanyak 29  sekolah. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampelnya yaitu Non-probability Sampling Design dengan metode purposive sampling, sehingga terpilih SDN Padamulya 1 sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode lattice dan SDN Padamulya 2 sebanyak 24 siswa  sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional perkalian bersusun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu terdapat peningkatan keterampilan operasi hitung antara pretest dan posttest di kelas eksperimen, dimana terlihat perbedaan hasil rata-rata pretest dan posttest di kelas eksperimen yaitu pretest sebesar 70,64 dan posttest sebesar 85,21. Kemudian dalam uji hipotesis dilakukan dengan uji Mann Whitney, dikarenakan data pretest dan posttest berdistribusi tidak normal. Berdasarkan output “Test Statistics” pada uji Mann Whitney diketahui bahwa nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “hipotesis diterima” artinya terdapat peningkatan keterampilan operasi hitung di kelas eksperimen. Kemudian dilakukan penghitungan N-Gain untuk mengetahui peningkatannya. Berdasarkan perhitungan uji N-gain, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen sebesar 54,60% dan untuk kelas kontrol sebesar 30,83%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode lattice efektif dalam meningkatkan keterampilan operasi hitung perkalian. 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (n.d.). (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2442–9511. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http

Afifah, H. N., Fitrianawati, M., & Dahlan, U. A. (2020). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar.

Ayu, R., & Musa, L. A. D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Lattice Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 30–39. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.30-39

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Fauzi, Y. N., Irawati, R., & Aeni, A. N. (2022). Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2749

Hapriani. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Lattice terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi. Jurusan PGMI. UIN Mataram.

Hasanah, S. R., Sari, A. D. I. (2022). Peningkatan Keterampilan Berhitung Perkalian melalui Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 182 Gresik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 8(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.368

Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., Alamsyah, T. P., & Tandililing, E. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 25(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103

Indah, P. J., Saputro, B. A., & Sundari, R. S. (2020). Analysis of Difficulty Learning Operations to Calculate Multiplication and Division during the Pandemic (Covid-19) in Elementary Schools Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Pada Masa Pandemi (Covid-19) di Sekolah Dasar DIDAKTIKA Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 3(2), 129–138.

Isrok’atun. (2023). Tuntutan Pembelajaran Matematika SD di Abad 21. Bandung: Refika Aditama.

Khulaifatur, N., Solikin, R., Ayu, D., Cipta, S., Anugraini, A. P., Matematika, P., Budi, I., & Malang, U. (2019). Penggunaan Metode Lattice Dalam Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian. In Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika (Vol. 2, Issue 1).

Oka Tamaraningtyas. (2018). Penerapan Model pembelajaran Team Asissted Individualization Berbantuan media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian Bilangan Cacah (Penelitian Tindakan kelas pada Siswa Kelas II SD Negeri Karangasem II Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi. Jurusan PGSD. Universitas Sebelas Maret.

Rifki Febrian. (2023). Pengaruh Media Lego Blocks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perkalian di Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan PGSD. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rizky Rahayu, S., Hari Supriyanto, D., Susanto, S., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Modern Ngawi, S. (n.d.). (2022). Pengaruh Teknik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Siswa Kelas Iv Sdn Jogorogo 1 Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi.

Sahara Munte, R., Syahran Jailani, M., Siregar, I., & Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.). (2023). Jenis Penelitian Eksperimen dan Noneksperimen (Design Klausal Komparatif dan Design Korelasional).

Solikin, N. K. R., Cipta, D. A. S., & Anugraini, A. P (2019). Penggunaan Metode Lattice dalam Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 51-57.

Suyanti, D., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. S. (n.d.). (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Lattice Dalam Menyelesaikan Operasi Perkalian Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Kelas Iii Sdn Sukasari.

Wardiyana Fatmala, F. (n.d.). (2019). JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index

Wibowo, A. W., Suryaningrum, G. D., Ristianti, N. A., Agustin, P., & Prasetyaningtyas, P. (n.d.). (2020). Meta-analisis Pengaruh Metode Gasing Pada Pembelajaran Matematika SD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Zahrotunnisa., Genio, T. (2017). Analisis Keterampilan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini pada Aktivitas yang Menggunakan Media Kartu Angka Bergambar. Skripsi. Jurusan PGSD. Universitas Pendidikan Indonesia.

Published
27-01-2024
How to Cite
Alamsyah, N., Isrok’atun, & Riana Irawati. (2024). Penggunaan Metode Lattice untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Perkalian Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 97-114. https://doi.org/10.58230/27454312.462