Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDK Wolomeli

  • Yohana Aurelia Nay STKIP CITRA BAKTI
  • Maria Patrisia Wau STKIP CITRA BAKTI
  • Yohanes Vianey Sayangan STKIP Citra Bakti
  • Maria Desidaria Noge STKIP CITRA BAKTI
Keywords: Literasi, Minat Baca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan program yang dilaksanakan untuk mendukung gerakan literasi sekolah, sehingga minat baca peserta didik di SDK Wolomeli, Kabupaten Ngada dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi (gabungan) yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa cara dan strategi yang dilakukan dalam gerakan literasi sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Adapun cara yang dilakukan yaitu menerapkan program pendukung gerakan literasi melalui kegiatan reading corner, pembiasaan membaca selama 15 menit dan reading camp. Kegiatan ini penting untuk dilakukan secara berulang sebagai wujud dari gerakan literasi sekolah sehingga minat baca peserta didik menjadi lebih baik. Dengan adanya beberapa kegiatan yang dilakukan, dapat meningkatkan minat baca peserta didik kelas IV di SDK Wolomeli.

Metrics

Metrics Loading ...

References

A Meo, MP Wau, YU Lawe (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan 1 (2), 277-287

Ane, P. 2015. Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015.

Azis. (2018). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.

Faizah, D. U., Sufyandi, S., Anggriani, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D.R. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Kemendikbud. (2015). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kundharu Saddhono, Y Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyajarta: Graha Ilmu.

Kurniawan, A. T., Sani, F. R. V., & Jamaludin, U. (2023). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Educational Journal of Bhayangkara, 3(1), 53-64.

Lestary, N. A. I., & Hamdu, G. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 687- 696.

OECD. (2019). PISA 2018 insights and interpretations. OECD Publishing.

Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1390-1400.

Ria, F. X., Awe, E. Y., & Laksana, D. N. L. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Literasi dengan Suplemen Buku Cerita Bergambar: Studi Tindakan Kelas pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 570-577.

Ramandanu, F. 2019. Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 24 (1), hal 15.

Sugiyono.2015.Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: CV Alfabeta.

Syafa’atul, K.,Lailatul, M.,Ni’matu, S., & Aan, F.A. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101-112.

Tokan, R. I. (2016). Manajemen Penelitian Guru Untuk Pendidikan Bermutu: Panduan Penulisan Skripsi (Doctoral dissertation, Tesis, Disertasi, Karya Ilmiah Guru-Dosen dan Kebijakan Pendidikan).

Wiratsiwi, W.(2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238.

Yusuf, F. B., & Wibowo, S. E. (2023). Literature Review: Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Penguatan Karakter. Refleksi: Jurnal Riset dan Pendidikan, 1(2), 62-70.

Published
03-02-2024
How to Cite
Yohana Aurelia Nay, Wau, M. P., Sayangan, Y. V., & Noge, M. D. (2024). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDK Wolomeli. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 273-280. https://doi.org/10.58230/27454312.461